Cara Menyalakan Mobil Matic, Panduan Lengkap

Cara Menyalakan Mobil Matic

Anda baru memiliki mobil matic atau baru ingin membeli mobil matic? Kali ini kami akan membahas bagaimana cara menyalakan mobil matic.

Inilah panduan yang bisa anda terapkan jika kalian ingin menyalakan mobil matic, simak ulasannya.

Langkah Cara Menyalakan Mobil Matic

  1. Periksa Kondisi Mobil

Sebelum menyalakan mobil, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu.

Cek keadaan mobil pastikan rem tangan telah ditarik. Periksa juga apakah transmisi berada dalam posisi netral atau “N” (Neutral).

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Transmisi Mobil Matic Rusak

  1.  Masukkan Kunci Kontak dan Injak Rem

Masukkan kunci kontak ke dalam lubang kunci yang terdapat di setir mobil.

Pastikan kunci kontak dipasang dengan benar dan dalam posisi “Off”.

Setelah memasukkan kunci kontak, injak kaki Anda pada pedal rem dan tekan dengan lembut.

Ini penting untuk memastikan mobil tidak bergerak saat mesin dinyalakan.

  1. Nyalakan Mesin dan Lepaskan Rem

Putar kunci kontak ke arah searah jarum jam ke posisi “On”. Setelah itu, putar lagi kunci kontak ke arah searah jarum jam ke posisi “Start” atau “Start Engine”.

Jika mobil matic Anda dilengkapi dengan fitur “Push Start”, cukup tekan tombol “Engine Start/Stop” untuk menghidupkan mesin.

Setelah mesin menyala, lepaskan kaki Anda dari pedal rem. Pastikan mobil berada dalam posisi netral dan diamkan mesin beberapa saat untuk memberikan waktu pada oli transmisi untuk mengalir dengan baik.

  1. Pindahkan Transmisi ke Posisi Drive (D)

Setelah mesin menyala dan stabil, pindahkan tuas transmisi dari posisi netral ke posisi “Drive” atau “D”. Ini adalah posisi untuk mengemudi mobil matic secara normal. Jika Anda ingin melakukan perjalanan mundur, pindahkan tuas ke posisi “Reverse” atau “R”.

  1. Pergunakan Rem saat Pindah Gigi

Saat Anda ingin pindah gigi dari posisi “P” (Park) ke posisi “D” (Drive) atau “R” (Reverse), pastikan untuk menginjak pedal rem terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari gerakan tiba-tiba mobil saat Anda pindah gigi.

  1. Perhatikan Indikator pada Dashboard

Perhatikan indikator pada dashboard mobil Anda. Pada mobil matic, biasanya ada indikator yang menunjukkan posisi transmisi (P, R, N, D) dan indikator lain yang menunjukkan status mesin (On/Off).

Setelah semua persiapan selesai, Anda siap untuk mulai perjalanan dengan mobil matic Anda. Selalu perhatikan lalu lintas di sekitar Anda dan gunakan pedal gas, rem, dan kopling (jika ada) dengan lembut untuk menghindari gerakan mobil yang kasar.

Saat ini kalian sudah mengetahui cara menyalakan mobil matic, anda mengalami gejala kerusakan pada mobil matic?

Seperti mobil delay atau mobil jedug dan permasalahan lainnya? Kami akan merekomendasikan bengkel mobil matic terbaik.

Anda bisa langsung datang ke Domo Transmisi, dengan memiliki teknisi yang berpengalaman perbaika pada mobil matic anda bisa dilakukan dengan tepat.

Untuk anda yang berada di sekitar Jakarta, Bisa langsung datang ke Domo Transmisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Tidak ingin antre? Silahkan reservasi melalui WhatsApp pada nomor 0882.1244.0591, Ayo hubungi Domo Transmisi sekarang juga! Karena jika beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau penawaran menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat menyalakan mobil matic dengan benar dan mengendarainya dengan nyaman serta aman.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.