Beberapa Ciri Solenoid Transmisi Matik Toyota Kijang Innova Rusak

Beberapa Ciri Solenoid Transmisi Matik Toyota Kijang Innova Rusak

Ada beberapa ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova rusak. Ciri dari kerusakan yang terjadi ini tentunya juga harus diketahui oleh setiap pemilik mobil. Hal ini karena, apabila kerusakan yang terjadi tidak ditangani dengan tepat. Ini akan bisa menimbulkan sebuah masalah yang serius pada mobil, bahkan bisa menyebabkan kerusakan lain yang lebih parah.

Ciri Solenoid Transmisi Matik Toyota Kijang Innova Rusak

Ciri Solenoid Transmisi Matik Toyota Kijang Innova Rusak

Oleh karena hal itulah, mengetahui apa saja ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova rusak cukup penting. Sehingga, Anda akan bisa segera melakukan perbaikan yang tepat agar kerusakan tidak semakin parah. Lalu, apa saja ciri dari kerusakan ini? untuk lebih jelas berikut adalah ciri yang perlu Anda ketahui.

Ciri Solenoid Transmisi Matik Toyota Kijang Innova Rusak Muncul Suara yang Aneh

Ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova rusak selanjutnya adalah munculnya sebuah suara yang tidak biasa. Suara aneh yang muncul ini mungkin juga pernah Anda dengar sebelumnya. Tetapi, Anda mungkin tidak menyadarinya atau bahkan mengabaikan suara ini. Apabila benar, maka sebaiknya Anda segera melakukan pengecekan terhadap solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda.

Mungkin saja suara yang keluar ini adalah ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda rusak. Cara melakukan pengecekan ini bisa dilakukan pada saat Anda melakukan perpindahan gigi transmisi. Apabila Anda memindahkan tuas gigi dari N ke bagian D. Atau mungkin dari bagian P ke bagian R, lalu kemudian Anda mendengar seperti suara krek.

Hal ini artinya solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda mengalami kerusakan. Selain dengan suara krek, bisa juga suara yang dikeluarkan lain. Intinya jika terdapat suara aneh yang tidak biasa pada mobil Anda. Segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan keadaan solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda, jika memang terjadi kerusakan, setidaknya Anda akan bisa segera memperbaikinya.

Ciri Solenoid Transmisi Matik Toyota Kijang Innova Rusak Tarikannya Tersendat dan Berat

Ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova rusak selanjutnya adalah tersendatnya tarikan dan terasa lebih berat. Apabila mesin mobil Innova Anda terasa seperti bergetar atau bahkan menghentak. Hal ini juga bisa menjadi salah satu ciri yang perlu Anda curigai. Biasanya rasa bergetar dan juga menghentak ini akan terasa saat Anda menginjak pedal gas.

Hal ini biasanya juga akan dibarengi dengan dengan rem yang dilepas sedikit. Jika benar Anda mengalami hal ini, artinya memang terjadi kerusakan pada solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda. Sehingga, Anda jelas perlu untuk melakukan pengecekan dan juga perbaikan. Selain dengan mobil yang terasa bergetar pada saat ditarik, ciri lainnya adalah tarikan dari mobil itu sendiri yang terasa berat dan juga tersendat.

Faktor ini biasanya terjadi disebabkan oleh oli mesin yang bocor. Bisa juga disebabkan karena oli mesin mobil yang sudah kotor karena tidak pernah diganti. Sehingga untuk menghindari hal ini, sebaiknya Anda perlu melakukan ganti oli secara rutin dan berkala. Dengan begitu, kerusakan seperti ini akan bisa terhindarkan.

Mobil Mengalami Hentakan Menjadi Ciri Solenoid Transmisi Matik Toyota Kijang Innova Rusak

Hal selanjutnya yang bisa menjadi ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova rusak adalah hentakan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di atas, bahwa terjadinya hentakan pada mobil bisa menjadi sebuah ciri adanya kerusakan pada solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda. Ciri ini biasanya dapat diketahui pada saat Anda melakukan perpindahan gigi. Dimana, perpindahan gigi transmisi mobil Anda akan bisa menimbulkan hentakan atau juga getaran pada mobil.

Sehingga, jika hal ini memang terjadi Anda jelas perlu melakukan servis dan juga perbaikan. Hal ini karena, biasanya pada mobil berjenis matic, perpindahan gigi dapat dilakukan dengan lembut. Sekalipun terdapat sebuah hentakan, hal ini akan terasa lebih halus dan masih terbilang normal. Sedangkan apabila solenoid pada mobil Innova Anda mengalami sebuah kerusakan, maka hentakan itu akan terasa sedikit lebih kasar dan hangat.

Hal ini terjadi karena solenoid yang mengalami kebocoran. Dimana disebabkan oleh kebocoran tersebut, solenoid menjadi tidak bisa melumasi gigi dengan sempurna pada saat dilakukan perpindahan. Sehingga, hentakan yang kasar pun juga akan timbul.

Mobil yang Terasa Kehilangan Tenaga

Ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova yang rusak selanjutnya adalah pada tenaga mobil. Apabila solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda memang benar mengalami sebuah kerusakan, maka hal ini juga akan bisa mempengaruhi tenaga yang dihasilkan. Mobil yang kehilangan tenaga atau yang juga disebut dengan lose power ini adalah sebuah ciri terakhir yang perlu Anda tahu.

Dimana, hal ini akan terasah pada saat Anda sedang membawa mobil Anda menanjak. Dengan solenoid mobil yang bermasalah, maka akselerasi mobil Toyota Kijang Innova Anda pun juga akan semakin lemah pada saat menanjak. Sehingga, setelahnya kecepatan atau speed dari mobil ini akan langsung turun secara drastis.

Baca Juga: Transmisi Matic Ngelos, Tandanya Apa?

Fungsi dari Solenoid pada Mobil Matic

ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova rusak harus segera ditanggulangi karena fungsinya yang krusial

Solenoid mobil merupakan bagian yang cukup penting, hal ini karena solenoid pada mobil memiliki beberapa fungsi vital. Oleh karena fungsi dari solenoid mobil yang cukup penting, menjaga komponen mobil ini jelas diperlukan. Salah satunya adalah dengan cara mengetahui apa ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova rusak. Dimana dengan mengetahui tentang ciri tersebut, Anda akan bisa segera melakukan perbaikan terhadap solenoid mobil.

Lalu, sebenarnya apa fungsi dari solenoid ini pada mobil matic. Kenapa komponen ini dikatakan cukup penting dan vital? Sebenarnya, solenoid mobil memiliki sebuah fungsi untuk mengatur tekanan oli. Dimana oli ini adalah yang ada pada bagian body valve yang terdapat di bagian modul Transmisi.

Selain dengan hal itu, solenoid ini juga memiliki fungsi untuk mengaktifkan clutch dan juga brake pada mobil. Dimana dua hal tersebut adalah yang mengatur aliran oli mobil berdasarkan sebuah perintah yang berasal dari bagian transmisi TCM. Dalam hal ini, komputer juga akan bisa membaca kondisi dari mesin mobil dan juga bagian transmisi yang berguna untuk mengatur gerakan dari solenoid.

Solenoid yang Rusak Harus Diganti

Oleh karena hal inilah, apabila solenoid mobil mengalami kerusakan. Hal ini akan bisa menyebabkan perpindahan dari gigi transmisi terganggu. Untuk menghindari kerusakan pada solenoid ini, maka tentunya Anda harus tahu ciri solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova sebelum membawanya ke bengkel untuk diperiksa. Karena jika Anda tidak terlalu faham dengan ciri kerusakan ini, kemungkinan besar Anda hanya akan mengabaikan ciri yang ada.

Solenoid yang mengalami kerusakan, biasanya akan bisa terdeteksi menggunakan sebuah alat yang bernama engine scanner. Dimana alat ini akan bisa mendeteksi kerusakan dan juga kondisi dari solenoid. Solenoid mobil memang tidak membutuhkan sebuah perawatan yang rutin. Tetapi menjaga solenoid adalah hal yang penting, sebab jika terjadi Kerusakan pada komponen ini, secara otomatis Anda harus segera menggantinya.

Dalam melakukan perawatan terhadap solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan ganti oli secara rutin. Karena solenoid memiliki hubungan dengan bagian transmisi mobil. Untuk melakukan perawatan pada mobil baik ganti oli, servis, sampai dengan melakukan perbaikan, Anda bisa mempercayakannya di DOMO Transmisi dari Dokter Mobil.

Layanan perawatan dan perbaikan sistem transmisi mobil dari Dokter Mobil ini telah melalui serangkaian riset dan pengembangan, menggunakan peralatan berteknologi canggih, serta ditangani oleh teknisi yang ahli, sehingga kualitas mutunya sudah sangat terjamin dalam mengatasi masalah transmisi mobil hingga ke akar permasalahan.

Tertarik berkonsultasi hingga atasi permasalahan seputar solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda yang rusak? Anda bisa hubungi melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi hingga lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah.

Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk konsultasi langsung seputar permasalahan solenoid transmisi matik Toyota Kijang Innova Anda.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top