Penyebab Bunyi saat Mobil Mundur

Sebenarnya ada lima penyebab bunyi saat mobil mundur. Kelima penyebab dari terjadinya suara tersebut tersebut sebenarnya juga cukup beragam. Namun, bagi para pengendara hal ini perlu diketahui agar tidak perlu lagi bingung pada saat mobil Anda mulai berbunyi saat bergerak mundur. Biasanya, keadaan yang seperti ini muncul pada mobil memiliki sebuah transmisi manual. Namun, terkadang tidak menutup kemungkinan jika mobil matic juga bisa mengalaminya.

Penyebab Bunyi saat Mobil Mundur

Ini Penyebab Bunyi saat Mobil Mundur

Untuk penyebab bunyi saat mobil mundur ini juga beragam. Mulai dari perawatan kendaraan yang jarang sampai dengan faktor kesalahan pada saat berkendara dari pemilik kendaraan. Lalu, apa saja kiranya penyebab dari bunyi ini? Berikut adalah penjelasannya.

Kurangnya Volume Oli Mesin

Salah satu penyebab bunyi saat mobil mundur yang pertama adalah dari oli. Di dalam fungsinya, oli berperang sebagai sebuah pelumas terhadap berbagai komponen yang ada di dalam mesin. Dengan fungsi yang seperti ini, artinya oli berperan penting di dalam hal laju kendaraan. Karena perannya yang penting, hal ini membuat oli mesin jelas sangat perlu untuk diperhatikan.

Pada sebuah kondisi tertentu, dimana oli mesin yang kurang atau mungkin juga terbatas. Bahkan termasuk pada bagian oli transmisi mobil. Hal ini akak bisa menyebabkan beberapa komponen dari mobil menjadi lebih mudah berkarat dan juga aus. Disebabkan oleh hal ini, maka mobil pun akan bisa mengeluarkan sebuah bunyi asing pada saat mobil bergerak mundur. Oleh karena hal itu pula, sebagai seorang pemilik kendaraan tentunya Anda harus selalu memeriksa keadaan oli mobil Anda secara berkala.

Sehingga dengan begitu, masalah seperti terjadinya bunyi ini tidak akan muncul lagi pada kendaraannya. Anda pun juga akan bisa lebih nyaman dalam mengendarai mobil Anda.

Rusaknya Transmisi Bisa Jadi Penyebab Bunyi saat Mobil Mundur

Selain dengan volume dari oli mesin yang kurang, salah satu penyebab bunyi saat mobil mundur yang kedua adalah karena transmisi. Transmisi mobil adalah salah satu bagian yang cukup penting dalam mobil. Dimana pada bagian ini, dibutuhkan sebuah perawatan yang khusus untuk menjaganya agar bisa bekerja dengan optimal.

Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa melakukan perawatan terhadap mobil manual jauh lebih susah jika dibandingkan dengan mobil matic. Kesulitan ini salah satunya adalah terletak pada bagian transmisi mobil. Dimana pada bagian ini adalah bagian yang sering bermasalah jika jarang dilakukan perawatan secara benar. Kondisi dari transmisi mobil yang rusak inilah, yang kemudian bisa menjadi penyebab bunyi saat mobil mundur.

Dimana masalah pada bagian transmisi ini sebenarnya disebabkan oleh kotoran. Kotoran yang masuk kedalam transmisi ini akan bisa memicu terjadinya masalah pada transmisi. Dimana hal ini kemudian akan bisa menimbulkan sebuah suara saat mobil digerakkan. Selain dengan faktor kotoran, transmisi bermasalah juga bisa disebabkan oleh pelumas pada bagian ini tidak tercukupi dengan sempurna.

Dimainkan hal ini kemudian bisa menimbulkan sebuah masalah pada mobil. Untuk masalah yang seperti ini, maka cara pencegahannya adalah dengan rutin melakukan ganti oli. Karena dengan oli yang selalu bersih, maka tidak akan ada masalah seperti yang dijelaskan ini. Terlebih, sebagian besar masalah mobil muncul diakibatkan oleh oli yang kotor.

Terlepasnya Pin Pengunci dari Kampas Rem

Selain dari dua penyebab yang sudah dijelaskan sebelumnya, alasan selanjutnya dari penyebab bunyi saat mobil mundur adalah karena pin pengunci. Pengunci dari kampas rem yang lepas ini sebenarnya bisa menjadi salah satu penyebab munculnya suara pada mobil. Pada beberapa jenis kasus, munculnya suara pada saat mobil melaju mundur juga bisa disebabkan oleh roda mobil.

Masalah yang satu ini, kemungkinan apa terletak pada sistem pengereman mobil. Pada saat terdapat salah satu pin dari pengunci kampas di dalam tromol yang terlepas. Keadaan ini akan bisa membuat posisi dari kampas mobil menjadi tidak berada di tempat yang semestinya. Dengan hal ini, maka akan terjadi sebuah gesekan antar komponen di dalam mesin.

Dimana dari hasil gesekan tersebut, hal ini akan bisa menghasilkan sebuah bunyi pada saat mobil mundur. Untuk memperbaikinya, maka sebaiknya Anda langsung membawa mobil Anda ke bengkel.

Kurangnya Perawatan Mobil

Setelah mengetahui tentang beberapa penyebab dari munculnya suara ini. Alasan selanjutnya dari penyebab bunyi saat mobil mundur ini juga bisa disebabkan oleh perawatan yang kurang. Pada setiap jenis mobil, tentunya akan butuh yang namanya perawatan. Melalukan perawatan rutin pada mobil ini memang sangat dibutuhkan karena memiliki banyak manfaat.

Seperti sebuah barang yang mahal, sebuah mobil apabila si pemilik tidak melakukan perawatan dengan baik. Maka, hal ini akan bisa menyebabkan mobil tersebut menjadi lebih cepat rusak. Dalam melakukan perawatan terhadap sebuah mobil, tentunya Anda harus melakukannya secara berkala.

Karena apabila hal ini tidak dilakukan dengan benar, maka akan ada banyak komponen yang kotor. Komponen yang kotor ini, kemudian akan bisa menjadi rusak dan menjadi penyebab bunyi saat mobil mundur. Dengan komponen mobil yang rusak, performa mobil pun akan ikut menurun sebab komponen yang tidak bekerja secara optimal. Oleh karena itu untuk mengindari masalah yang demikian, sangat penting untuk Anda melakukan servis mobil secara berkala dan terjadwal.

Disebabkan Oleh Bunyi Dari Sensor Parkir

Jika mobil Anda pernah terdengar berbunyi pada saat sedang mundur. Mungkin, beberapa dari Anda akan segera berfikir bahwa mobil Anda rusak. Anda mungkin juga sudah panik dan bertanya tentang penyebab bunyi saat mobil mundur ini apa? Tetapi untungnya untuk beberapa hal, penyebab bunyi saat mobil mundur tidak selamanya karena kerusakan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh sensor dari parkir mobil sendiri.

Seiring dengan perkembangannya waktu dan kecanggihan teknologi, mobil saat ini sudah dilengkapi dengan sebuah fitur sensor parkir. Dimana sensor ini adalah sensor yang berfungsi untuk menjadi penanda pada saat kendaraan hendak di parkir. Sehingga, apabila mobil ini mundur untuk melakukan parkir. Kemudian tepat dibelakangnya terdapat sebuah benda atau juga kendaraan lain.

Maka, sensor dari mobil ini secara otomatis akan berbunyi. Untuk penyebab ini, maka para pengendara tidak perlu merasa panik. Karena hal ini bukanlah sebuah kerusakan atau juga masalah yang terjadi pada mobil.

Baca Juga: Lampu Indikator AT Menyala, Pertanda Apa?

Melakukan Servis Secara Rutin Untuk Menjaga Performa Mobil

Sebuah mobil tidak peduli baru ataupun lama akan membutuhkan sebuah perawatan secara rutin. Hal ini tentunya untuk menjaga performa dari mobil itu sendiri. Mobil yang dirawat dengan baik dengan rajin di servis dan ganti oli, tentunya akan memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mobil yang tidak terurus. Oleh karena hal itu, sebagai pemilik mobil yang baik, maka Anda perlu melakukan perawatan rutin terhadap mobil Anda.

Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga mobil agar tetap bekerja dengan baik adalah dengan rajin memeriksa dan melakukan service transmisi mobil di bengkel spesialis transmisi terpercaya. DOMO Transmisi bisa menjadi referensi bengkel spesialis transmisi yang bisa Anda percayakan.

Layanan terbaru dari bengkel mobil terkenal, Dokter Mobil, ini diboyong langsung dari Malaysia dan melalui riset serta pengembangan yang panjang sehingga kualitasnya begitu terjamin. Selain itu penanganan DOMO Transmisi menggunakan peralatan berteknologi canggih serta teknisi yang sudah ahli, guna menjaga kualitas layanan serta meminimalisir adanya error.

Tertarik untuk atasi penyebab bunyi saat mobil muncur di DOMO Transmisi? Lakukan reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi dalam mengatasi permasalahan seputar sistem transmisi mobil. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat untuk nikmati konsultasi secara langsung permasalahan dari penyebab bunyi saat mobil mundur ini.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.