Kenali 7 Ciri Mobil Turun Mesin

ciri mobil turun mesin

Mobil yang turun mesin adalah masalah yang serius dan bisa menyebabkan kerugian besar jika tidak segera ditangani.

Turun mesin dapat disebabkan oleh berbagai faktor, dan memahami ciri-cirinya adalah langkah penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mobil Anda.

Dalam artikel ini, Domo Transmisi akan mengenali Anda dengan ciri-ciri mobil turun mesin supaya Anda dapat mendiagnosanya dengan tepat.

Informasi berikut ini penting untuk mencegah kerusakan serius pada mobil Anda yang dapat menimbulkan biaya perbaikan yang membengkak.

Ciri Mobil Turun Mesin

Berikut adalah 7 (tujuh) ciri dari mobil yang wajib melakukan overhaul atau turun mesin:

1. Knalpot Keluar Asap Putih Pekat

Salah satu ciri utama mobil turun mesin adalah knalpot yang mengeluarkan asap putih pekat.

Asap putih ini biasanya merupakan tanda bahwa mesin mobil Anda mengalami masalah pembakaran yang serius.

Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran cairan pendingin ke dalam ruang bakar, sehingga menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan menghasilkan asap putih yang tebal.

Jika Anda melihat knalpot mobil Anda mengeluarkan asap putih, segeralah periksakan ke bengkel terdekat untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin.

2. Suhu Mesin Terus Meningkat

Suhu mesin yang terus meningkat juga merupakan tanda bahwa mobil mungkin turun mesin.

Ketika mesin mengalami masalah, seperti kebocoran cairan pendingin atau kerusakan pada sistem pendingin, suhu mesin dapat naik secara signifikan.

Jika Anda melihat lampu indikator suhu mesin menyala atau menemukan bahwa jarum suhu berada di zona merah, segeralah berhenti dan biarkan mesin mendingin sebelum melanjutkan perjalanan.

Jangan abaikan tanda-tanda ini, karena suhu mesin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mesin.

3. Oli Berkurang Drastis

Ciri mobil turun mesin lainnya adalah penurunan drastis dalam level oli mesin.

Mesin yang mengalami masalah seperti kebocoran atau kerusakan pada bagian dalamnya cenderung mengkonsumsi lebih banyak oli dari biasanya.

Jika Anda secara teratur menemukan bahwa level oli mesin turun secara signifikan dalam waktu singkat, ini bisa menjadi indikasi bahwa mobil Anda mengalami masalah yang serius dan memerlukan perhatian segera.

4. Air Radiator Berkurang

Selain oli, air radiator yang berkurang juga dapat menjadi tanda bahwa mobil Anda mengalami masalah turun mesin.

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin selama operasi.

Jika Anda menemukan bahwa level air radiator turun secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi indikasi bahwa ada kebocoran dalam sistem pendingin atau masalah lain yang mempengaruhi kinerja radiator.

Periksa radiator dan selang-selangnya secara teratur untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan yang terjadi.

5. Air Radiator Sudah Terkontaminasi Minyak

Selain berkurangnya level air radiator, air radiator yang sudah terkontaminasi minyak juga merupakan tanda yang mengkhawatirkan.

Kontaminasi ini bisa terjadi jika terdapat kebocoran pada bagian dalam mesin yang memungkinkan minyak mesin bercampur dengan cairan pendingin.

Air radiator yang terkontaminasi minyak biasanya akan terlihat berwarna kecoklatan atau hitam, dan memiliki tekstur yang lebih kental dari air radiator biasa.

Jika Anda melihat ciri mobil turun mesin yang satu ini, segeralah periksakan mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan diagnosis dan perbaikan yang tepat.

6. Kepala Busi Selalu Basah

Kepala busi yang selalu basah adalah ciri mobil harus turun mesin lainnya yang juga patut Anda kenali.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh kebocoran pada sistem pendingin yang memungkinkan cairan pendingin masuk ke dalam ruang bakar dan mencapai busi.

Busi yang basah dapat menyebabkan pembakaran yang tidak efisien dan mengganggu kinerja mesin secara keseluruhan.

Jika Anda melihat busi selalu basah saat memeriksanya, segeralah periksakan mobil Anda ke bengkel untuk mengetahui penyebabnya.

7. Performa Mesin Menurun Akibat Busi Berkerak

Terakhir, performa mesin yang menurun akibat busi berkerak juga bisa menjadi ciri mobil turun mesin.

Busi yang berkerak atau kotor tidak dapat melakukan pembakaran dengan efisien, yang dapat mengakibatkan penurunan tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Jika Anda merasa mobil Anda tidak berakselerasi seperti biasa atau mengalami kesulitan saat menyalip, ini bisa menjadi indikasi bahwa busi perlu diperiksa dan dibersihkan atau diganti.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Ciri-ciri Oli Transmisi Mobil Palsu

Jangan Buru-Buru Overhaul! Bawa ke Domo Transmisi Dulu agar Diperiksa!

Saat mobil mengalami masalah transmisi, seperti terasa berat saat berakselerasi, terjadi gesekan yang tidak biasa saat pindah transmisi, atau bahkan muncul suara-suara aneh, pikiran kita seringkali langsung menuju pada opsi turun mesin atau overhaul.

Perlu untuk diingat bahwa sebelum memutuskan langkah ekstrem tersebut, ada baiknya untuk membawa mobil Anda ke Domo Transmisi terlebih dahulu untuk diperiksa secara menyeluruh.

Domo Transmisi adalah bengkel spesialis mobil matic yang sudah bersertifikasi ISO 9001:2015, sehingga Anda tidak perlu ragu karena kami telah memiliki standar kualitas yang tinggi dalam pemberian layanan.

Dengan diisi oleh tim teknisi yang terlatih dan dilengkapi dengan peralatan canggih, Domo Transmisi mampu melakukan diagnosis yang akurat terhadap masalah transmisi mobil Anda.

Dengan demikian, Anda dapat menghindari biaya overhaul yang mahal jika ternyata masalahnya bisa diatasi dengan perbaikan yang lebih sederhana.

Jadi, sebelum Anda mengambil keputusan besar seperti overhaul transmisi mobil, silahkan bawa mobil Anda ke Domo Transmisi untuk pemeriksaan lebih lanjut!

Hubungi kami melalui nomor WhatsApp 0822-1244-0591 untuk info lengkap dan reservasi, atau bisa juga dengan klik link berikut ini.

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itulah dia ciri-ciri mobil turun mesin yang perlu Anda kenali.

Dalam menghadapi masalah turun mesin pada mobil Anda, penting untuk segera mengidentifikasi dan menangani masalahnya secepat mungkin.

Jangan ragu untuk mengunjungi bengkel Domo Transmisi untuk mendapatkan diagnosis dan perbaikan yang tepat agar mobil Anda dapat kembali beroperasi dengan baik dan aman!

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.