5 Penyebab Air Radiator Mendidih Pada Mobil

Air Radiator Mendidih Pada Mobil

Pernahkah anda mengalami permasalahan dimana air radiator mendidih pada mobil? Tentu saja anda jangan panik.

Gangguan ini bisa terjadi pada kendaraan siapa pun, apalagi anda kurang melakukan perawatan, lalu apa yang jadi penyebab dari permasalahan ini?

Penyebab Air Radiator Mendidih Pada Mobil

Jika anda tidak mau mengalami kerusakan lebih parah, tentu saja inilah penyebab dari air radiator menidi pada mobil.

Cooolant Habis

Penyebab utama dari Air Radiator Mendidih Pada Mobil yaitu kekurangan coolant. Coolant atau cairan radiator berperan penting dalam menjaga suhu mesin agar tetap optimal.

Apabila cairan ini habis, maka mesin mobil dapat menjadi lebih panas dan pada akhirnya dapat menyebabkan air radiator mendidih.

Pastikan tidak ada kebocoran pada selang-selang dan bagian pada radiator mobil anda, penting untuk melakukan pengecekan secara berkala.

Thermostat Bermasalah

Thermostat pada mobil berfungsi untuk mengatur aliran coolant ke dalam radiator berdasarkan suhu mesin. Jika komponen ini mengalami permasalahan, tentu saja dapat menyebabkan tidak pas dalam aliran coolant.

Hal ini akan berdampak pada suhu mesin akan naik secara drastis dan air radiator bisa menjadi mendidih. Penting untuk memeriksa thermostat secara berkala dan menggantinya jika ditemukan adanya kerusakan.

Baca Juga: Kenali Ciri Thermostat Mobil Rusak, Paham Sejak Awal!

Kipas Radiator tidak berfungsi

Jika kipas radiator pada mobil tidak berfungsi dengan baik, maka suhu mesin mobil akan meningkat dan dapat menyebabkan air radiator menidih.

Komponen ini membantu untuk menurunkan suhu mesin dan mengatur sirkulasi udara di sekitar radiator.

Selain itu, pastikan juga bahwa sensor suhu yang terhubung dengan kipas berfungsi normal.

Sensor suhu yang bermasalah dapat menyebabkan kipas tidak bekerja sesuai kebutuhan, sehingga suhu mesin tidak terkendali.

Baca Disini: 5 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Masalah pada Gasket

Head Gasket atau Packing merupakan komponen vital yang berfungsi sebagai penyekat antara ruang bakar dan radiator.

Jika komponen ini mengalami kebocoran atau rusak, hal ini bisa mengakibatkan campuran antara coolant dan oli mesin.

Tentu saja ini berdampak dan akan meningkat secara drastis dan akan berdampak pada air radiator yang mendidih.

Baca disini: Apa itu Gasket Ini Fungsi dan Jenisnya Bagi Mobil

Overheating Akibat Penggunaan AC

Penggunaan AC yang berlebihan dapat menjadi air radiator mendidih padam obil.

AC pada mobil bekerja dengan cara mengeluarkan panas dari dalam mobil, dan jika suhu udara di luar tinggi, beban pada sistem pendingin bisa meningkat.

Ini dapat menyebabkan suhu mesin naik dan pada akhirnya air radiator mendidih.

Jika anda sering mengalami kondisi macet atau terjebak dalam perjalanan panjang, pertimbangkan untuk mengurangi penggunaan AC agar tetap menjaga suhu mesin.

Tentu saja jika air radiator mendidih pada mobil dibiarkan akan memiliki efek jangka panjang bagi kendaraan anda, Apa saja yang bisa terjadi?

  • Kerusakan pada Komponen mesin, hal ini dapat berakbiat pada kerusakan komponen mesin mobil anda, mulai dari yang ada pada dalam mesin mobil hingga komponen sensor mobil.
  • Performa mesin menurun, Mesin mobil yang sering mengalami overheating akibat air radiator yang mendidih dapat mengalami penurunan performa. Seiring waktu, komponen-komponen seperti piston, klep, dan segel mesin dapat terpengaruh oleh suhu yang ekstrem, menyebabkan keausan lebih cepat.
  • Kerusakan ada Transmisi, Suhu Mesin Mobil sangat berpengaruh terhadap suhu mesin yang tinggi, jika terus mengalami panas yang berlebihan, hal ini dapat menyebabkan geseka yang berlebihan antar komponen.

Tetapi bagi anda yang mengalami penurunan performa akibat mobil sering panas berlebih tidak perlu khawatir, karena anda bisa melakukan perbaikan bersama bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi.

Dengan datang ke bengkel kami, Masalah yang ada pada mobil matic anda bisa diatasi dengan tepat dan akurat, silahkan datang ke bengkel Domo Transmisi.

Saat ini kami berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, bagi anda yang ingin melakukan perbaikan datanglah ke bengkel kami, teknisi kami sangatlah komunikatif, jadi permasalahan pada mobil matic anda bisa diketahui dengan jelas dan detail.

Anda tidak perlu takut dengan biaya perbaikan yang mahal, karena Domo Transmisi menawarkan harga yang kompetitif, silahkan datang ke bengkel kami.

Jika anda tidak ingin terkena antre, silahkan lakukan reservasi melalui WhatsApp melalui nomor berikut agar CS kami menjadwalkan kedatangan anda.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.