5 Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Saat anda menghadapi permasalahan kipas radiator tidak berputar, tentu saja akan membat anda khawatir.

Kipas pada radiator merupakan komponen sangat penting untuk radiator mobil anda.

Jika kipas mati, mesin mobil akan menjadi lebih cepat panas dan tentu saja akan mengalami kerusakan.

Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar
domo transmisi

Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar

Tentu saja inilah beberapa Penyebab Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar, Wajib diperhatikan.

Sekring yang rusak

Pada kipas radiator terdapat komponen sekrinng mengalami kerusakan, tentu saja kipas radiator tidak akan berputar.

Jika pada kawat di dalam sekring terlihat putus, ini menandakan sekring perlu diganti.

Anda bisa menemukan fuse kipas radiator di kotak fuse mobil, yang biasanya terletak di bawah kap mesin mobil.

Thermostat tidak berfungsi

Kenapa Thermostat yang tidak berfungsi dapat menyebabkan Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar?

Komponen ini mengatur aliran coolant berdasarkan suhu mesin, jika komponen ini mengalami kerusakan tentu saja dapat menghambat kerja kipas radiator.

Salah satu tanda thermostat bermasalah adalah suhu mesin yang naik secara drastis dan cepat.

Baca Juga: Kenali Ciri Thermostat Mobil Rusak, Paham Sejak Awal!

Motor Kipas Radiator Rusak

Jika motor kipas radiator mengalami kerusakan, tentu saja kipas tidak akan berputar, hal ini bisa disebabkan oleh usia pemakaianm korsleting listrik.

Untuk mengetahui apakah motor kipas yang bermasalah, Anda bisa melakukan pengecekan dengan multimeter.

Kabel dan Sokter Rusak

Motor Kipas Radiator terhubung dengan kabel dan soket, hal ini sangatlah penting bagi kipas radiator, jika mengalami kerusakan atau kendur akan mengganggu aliran listrik ke motor kipas.

Periksa kabel dan soket yang terhubung ke motor kipas. Cari tanda-tanda kerusakan seperti kabel yang terkelupas, terbakar, atau soket yang longgar.

Relay Kipas Radiator Rusak

Pada kipas radiator terdapat relay, jika saklar ini bermasalah tentu saja kipas radiator tidak akan menerima listrik yang dibutuhkan untuk berputar.

Untuk mengetahui apakah relay kipas bermasalah, Anda bisa mencoba mengganti relay kipas dengan relay lain dengan jenis yang sama.

Selain 5 penyebab diatas, Jika sensor suhu tidak akurat maka juga akan berpengaruh terhadap Kipas Radiator Mobil Tidak Berputar.

Sensor suhu memberikan informasi kepada Sistem ECU (Engine Control Unit) tentang suhu mesin.

Sensor suhu yang rusak biasanya akan memberikan bacaan suhu yang tidak akurat.

Ini bisa diperiksa dengan alat diagnostik OBD (On-Board Diagnostics).

Jika permasalahan Radiator Mobil Tidak Berputar dibiarkan tentu saja akan muncul masalah lainnya pada kendaraan anda, apa saja yang akan dialami?

  • Overheating, Efek paling langsung dan serius dari kipas radiator yang tidak berputar adalah overheating atau mesin yang terlalu panas. Kipas radiator berperan penting dalam mendinginkan cairan pendingin yang kemudian mendinginkan mesin.
  • Bensin Mobil Jadi Boros, Saat mesin beroperasi pada suhu yang lebih tinggi dari normal, ini juga bisa mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Mesin yang panas memerlukan lebih banyak bahan bakar untuk beroperasi secara efisien.
  • Kinerja Mesin Tidak Optimal, Overheating dapat menyebabkan mesin tidak bekerja pada kapasitas optimalnya. Ini berarti mobil Anda mungkin tidak akan secepat atau sekuat biasanya, terutama saat membutuhkan tenaga ekstra seperti saat menanjak.

Jika permasalahan ini dibiarkan tentu saja kerugian akan dialami oleh anda, penting untuk tidak mengabaikan permasalahan ini.

Apabila anda mengalami kerusakan pada transmisi mobil matic, seperti perpindahan gigi terasa kasar atau mobil yang delay dan tentunya akan membuat performa mesin mboil menurun, langsung aja datang ke Bengkel Mobil Matic Terdekat Domo Transmisi.

Dengan teknisi yang berpengalaman, anda  bisa datang ke bengkel kami untuk melakukan pengecekan dan perbaikan pada mobil anda.

Kami hanya menggunakan produk original, apabila anda melakukan service bersama Domo Transmisi dan melakukan penggantian, tentu saja kami hanya menggunakan sparepart original

Jika perbaikan berat diperlukan, Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km, ini sebagai jaminan bagi kendaraan anda.

Silahkan datang ke bengkel spesialis mobil matic Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan, reservasi melalui live chat berikut.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.