Ini Cara Mobil Matic Bisa Didorong saat Paralel

Ini Cara Mobil Matic Bisa Didorong saat Paralel

Cara mobil matic memang biasanya bisa didorong saat parkir parallel menarik untuk diperhatikan dan dicermati. Parkir parallel merupakan suatu kondisi yang seringkali ditemukan pada pengendara ketika situasi tertentu, terutama pada area parkir yang ramai dengan pusat parkir yang bertingkat-tingkat membuat perbelanjaan yang sedang penuh pada beberapa kondisi. Biasanya ada di beberapa kota besar dengan pusat perbelanjaan yang begitu tinggi dan bertingkat-tingkat.

Situasi parkir yang parallel memang ideal untuk digunakan pada pusat perbelanjaan, namun dalam beberapa kondisi ini posisi parkir akan menghalangi beberapa penggunanya yang mau memarkirkan kendaraan terganggu pada mobil yang terparkir ditengah jalannya. Mobil-mobil ini terparkir pada lahan miring yang dapat membuatnya tergelincir jika salah menempatkan gigi. Tetapi bagi pengguna yang bertransmisi otomatis atau menggunakan mobil matic ini cukup membingungkan karena memang tidak ada kopling yang bisa menjadi rem tambahan.

Parkir Mobil Matic Bisa Didorong?

Inilah Komponen Transmisi Mobil CVT yang Memudahkan Parkir

Mobil matic memang tidak boleh memepergunakan rem parkir supaya petugas bisa mendorong kendaraan jika terkait dengan beberapa kondisi yang membutuhkan jalan atau penambahan tampat dan mobil matic menghalangi. Sementara itu untuk mobil transmisi otomatis ini tidak akan bisa didorong selama tuas transmisi berada pada tuas transmisi yang masih berada pada posisi P atau Parking. Sedangkan kondisi berbeda diberikan jika memasang tuas di posisi N atau netral, maka mobil tidak akan bisa dicabut karena melanggar sistem dan menimbulkan bahaya nantinya.

Banyak pemilik mobil kemudian belum mengetahui mobil matic atau transmisinya otomatis ini yang menghindari parkir parallel. Alasan utama yang banyak dipakai adalah karena pada parikir parallel ini akan menghalangi jalan dan akan dilakukan dorongan pada mobil jika memang bisa saat parkir pararel akan dilakukannya supaya tidak menghalangi mobil lain juga. Solusi dari adanya mobil transmisi otomatis ini bisa didorong dengan saat parkir pararel di sebuah tombol atau lubang kecil bisa dicolokkan pakai kunci mobil.

Menggunakan Fitur Shift Lock

Mobil menggunakan transmisi otomatis atau matic memang tidak akan semudah mobil transmisi manual. Namun beberapa cara dapat dilakukan untuk bisa mendorong pemanfaatan pada fitur Shift Lock yang akan dilakukan dengan baik. Fitur ini memang berada dengan tujuan supaya mobil yang terparkirkan memang berada pada tempat parallel yang aman. Pada tombol fitur ini memang diberikan dengan tujuan untuk tuas transmisi yang dilakukan dari posisi P ke geser ke N begitu selesai kunci yang sudah dicabut.

Pada kondisi ini memang tombol shift lock berada pada dekat tuas transmisi dan pengoperasiannya dengan kunci ke lubang yang memang sudah ada didalam tombol tersebut. Jika memang pada lock yang ditekan mobil akan berpindah dengan kunci ke lubang yang ada dalam tombol tersebut. Tentunya letak ini membuat beberapa kondisi yang menyebabkan pada fitur digunakan dengan mudah. Jika tombol shift lock ini tidak ditekan maka akan terus berada pada P dan akan sangat susah didorong.

Jangan Menarik Rem Tangan

Satu lagi hal yang cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel adalah dengan ketika melakukan pemindahan ke posisi N jangan menarik rem tangan mobil maticnya. Hal ini berakibat karena jika memang rem tangan ditarik akan membuat mobil merasa kesulitan digeser ketika berada dalm parkiran parallel yang telah disediakan sebelumnya. penggunan Shift Lock memang begitu penting untuk meminimalisir mobil yang tidak bisa didorong dan hanya memberatkan pada lahan parkir nantinya.

Pemahaman mengenai penyematan fitur shift lock juga akan sangat berbeda antara satu dan lainnya, telebih pada yang sama mobil matic. Umumnya fitur shift lock ini berupa slot yang dapat ditemukan akan berbeda dalam setiap tipe dan merek mobilnya. Adapun beberapa tombol yang digunakan memang dalam berupa slot yang lain. Sehingga pada umumya shift lock ini menggunakan slot yang kemudian ditemukan pada mobil-mobil terbaru dengan jenis keyless atau smart key.

Perbedaan Tombol Shift Lock dengan Tombol Anak Kunci

Seperti penjelasan sebelumnya, jika memang ada dua cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel. Dengan menekan tombol yang prosesnya dimatikan mobil seperti biasa dengan tuasi di P. satunya dengan menekan tombol shift lock kemudian melakukan geser transmisi ke posisi N, dengan demikian kunci mobil akan tetap bisa dilepas seperti biasa dan mobil akan bisa digeser dengan mudahnya.

Sementara itu jenis shift lock memang menggunakan dua lubang tersebut, Anda juga dapat cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel menggunakan tombol-tombol tersebut. Kebanyakan jenis ini memang selalu dipakai di mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau Keynes sebagai salah satu keunggulan mobil maticnya. Secara funghsi memang tidak ada bedanya diantara kedua model tombol cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel ini namun pada proses penggunaannya sedikit berbeda dengan harus dicolok pada anak kunci.

Perbedaaan Lubang Tombol Tramsmisi

Diantara kedua tombol mengenai cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel tersebut ada lubang sebagai penghantarnya. Lubang itu memang berada di samping tuas transmisi mobil matic. Dan dengan adalah melalui colokan anak kunci. Jadi pengemudi perlu mencolokkan anak kunci jika memang mobil telah menggunakan smart ket atau remote itu, sehingga anak kunci dapat bekerja dengan baik. Anak kunci akan berguna saat darurat.

Penggunaan anak kunci ini memang dipergunakan ketika dalam keadaan tidak baik-baik saja atau dalam keadaan darurat. Anak kunci dapat diaktifkan untuk kemudian digunakan cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel ataupun di nonaktifkan untuk menghemat penggunaan baterai. Penringnya anak kunci ini adalah menjadi cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel melalui keberadaan smart key atau remote yang hanya akan diaktifkan.

Baca Juga: Cara Mematikan Mesin Mobil Matic yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Fitur Smart Lock

Setelah banyak penjelasan mengenai cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel, beginilah sekarang akan kami paparkan beberapa cara dalam menggunakan fitur yang akan memudahkan perjalanan dan parkir Anda yaitu sShift Lock ini. Begini langkah-langkah yang harus digunakan.

Pertama, begitu mobil matic dalam keadaan mati dan hendak diparkir yang benar, letakkan tuas transmisi otomatisnya kedalam posisi P dan matikan mesinnya perlahan. Kemudian tekan tombol shift lock yang akan Anda temukan didalam panel transmisi otomatis yang ada di pojok kanan atas. Terlihat begitu jelas keberadaanya, jika shift lock yang model lubang ini, tinggal masukkan kunci kedalam lubang tersebut kemudian tekan sedikit dengan hati-hati.

Cara mobil matic dapat didorong saat parkir parerel kemudian dengan menekan pada tolbol shift lock tersebut . secara bertahap geser tuas transmisinya kedalam posisi netral atau N ini. Anda kemudian sebelum keluar kendaraan, penting untuk memastikan dengan baik tuas rem ini terparkir dengan rem tangan atau justru dinonaktifkan dulu agar mobil bisa digeser atau didorong oleh petugas parkir nantinya. Bila Anda takut mobil akan bergeser sendiri akibat permukaan area parkir yang menurun, Anda dapat mulai melakukan pengganjalan menggunakan alat seperti batu atau lainnya yang sekirannya akan mengunci.

Lakukan Perawatan Transmisi Matic Mobil Anda

Penting pula untuk rutin melakukan perawatan transmisi matic mobil Anda, agar berkendara tetap terasa aman dan nyaman. Untuk transmisi mobil yang selalu terjaga kondisinya, pilihlah bengkel spesialis transmisi terpercaya, seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal, berpengalaman, dan semua teknisi sudah paham tentang perbedaan gigi D3 dan D4. Secara umum, servis dan pengecekan sangatlah penting untuk menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Karena itu, Anda dapat membawa kendaraan Anda untuk melakukan servis dan pengecekan rutin di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI untuk hasil terbaik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau klik disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan transmisi matic mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.