Arti Simbol P-R-N-D-S-L pada Tuas Transmisi Otomatis

Arti Simbol P-R-N-D-S-L pada Tuas Transmisi Otomatis

Arti Simbol P-R-N-D-S-L pada Tuas Transmisi Otomatis – Demi sebuah kenyamanan dalam berkendara, sebagian besar dari para pengemudi lebih memilih untuk menggunakan mobil dengan transmisi otomatis atau yang disebut matik. Ada lebih banyak orang yang menyukai mobil dengan transmisi matic dibandingkan dengan transmisi manual. Transmisi otomatis pada mobil ini dianggap lebih mudah dioperasikan jika dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual. Hal ini karena, pada mobil transmisi otomatis atau matic, pengemudi tidak perlu menggunakan pedal kopling.

Pada mobil dengan jenis transmisi matik, mereka hanya terdapat pedal gas dan juga rem. Dimana gas dan rem tersebut hanya perlu dikontrol oleh 1 kaki saja, berbeda dengan transmisi manual yang akan perlu dikontrol oleh kedua kaki. Tetapi yang menjadi pembeda, pada mobil dengan transmisi matic akan terdapat beberapa simbol seperti P-R-N-D-S-L. Lalu apa sebenarnya arti simbol P-R-N-D-S-L pada tuas transmisi otomatis ini? Disini akan saya jelaskan terkait hal tersebut.

Mengenal Simbol Transmisi Manual Dan Arti Simbol P-R-N-D-S-L pada Tuas Transmisi Otomatis

Mengenal Simbol Transmisi Manual Dan Arti Simbol P-R-N-D-S-L pada Tuas Transmisi Otomatis

Seperti yang diketahui dan sudah dijelaskan secara singkat. Pada mobil dengan jenis transmisi matik, mereka hanya memiliki pedal gas dan juga rem yang hanya dikontrol oleh 1 kaki saja. Berbeda dengan mobil dengan jenis transmisi manual, dimana mobil ini harus dikontrol oleh kedua kaki. Hal ini disebabkan, pada mobil dengan transmisi manual salah satu kaki akan digunakan untuk mengendalikan pedal kopling.

Dimana pada mobil transmisi manual, mereka juga menggunakan simbol angka untuk masukan seperti gigi 1,2,3 dan seterusnya. Sedangkan pada sebuah mobil dengan transmisi otomatis, mereka menggunakan sebuah simbol untuk masukannya. Simbol tersebut adalah P-R-N-D-S-L, pada setiap simbol ini juga memiliki artinya sendir. Berikut ini adalah arti simbol P-R-N-D-S-L pada tuas transmisi otomatis.

Arti Simbol P-R-N-D-S-L Pada Tuas Transmisi Otomatis Yang Pertama, Yaitu P

Berbeda dengan tuas transmisi manual, dimana mereka menggunakan masukkan berupa angka. Pada mobil dengan transmisi otomatis atau matic. Simbol yang digunakan untuk masukannya adalah berupq huruf. Dimana pada setiap huruf tersebut, terdapat sebuah arti tersendiri.

Sehingga sebagai seorang pengendara mobil, pastinya Anda perlu untuk mengetahui tentang hal ini. Karena arti dari simbol ini akan sangat penting dalam berkendara. Dalam hal ini, simbol pertama yang akan saya bahas adalah pada huruf P. Huruf P yang ada di dalam simbol transmisi mobil matik memiliki arti parking.

Dimana dalam bahasa Indonesia, parking ini adalah parkir. Sehingga, dengan arti simbol yang demikian. Simbol P pada transmisi otomatis ini akan berfungsi saat Anda ingi memarkirkan mobil Anda. Dimana pada posisi ini, gigi pada transmisi mobil akan terkunci, sehingga mobil Anda tidak akan bisa dijalankan.

Arti Simbol P-R-N-D-S-L Pada Tuas Transmisi Otomatis yang Kedua, Yaitu R

Setelah mengetahui tentang arti dari simbol P pada transmisi mobil matik yang sudah dijelaskan di atas, yaitu berfungsi untuk parkir. Selanjutnya yang akan kita bahas adalah tentang simbol R yang ada pada transmisi jenis otomatis ini. Jika simbol P sebelumnya memiliki arti parking, simbol yang R yang ada pada mobil transmisi otomatis ini berarti reverse.

Mungkin, beberapa dari Anda ada yang sudah tidak asing lagi dengan kata reverse. Reverse ini secara harafiah memiliki arti yaitu mundur. Dengan arti yang seperti ini, maka tidak lain dan tidak bukan. Fungsi dari simbol R pada transmisi ini adalah untuk memundurkan kendaraan.

Biasanya pada saat Anda ingin memarkirkan mobil. Ada saatnya mobil Anda tidak bisa langsung diparkir karena lahan yang sempit. Sehingga, Anda butuh memundurkan kendaraan Anda. Pada saat yang seperti inilah, fungsi dari simbol R ini akan digunakan.

Dimana mobil pada posisi R ini, putaran gigi pada transmisinya akan diubah arah putarannya. Sehingga, dengan keadaan ini mobil akan memungkinkan untuk berjalan mundur.

Baca Juga: Penyebab Bunyi saat Mobil Mundur

Arti Simbol N Yang Ada Pada Tuas Transmisi Otomatis

Setelah mengetahui tentang arti dari simbol P dan juga R pada transmisi otomatis. Selanjutnya yang akan kita bahas adalah arti dari simbol ketiga pada transmisi mobil matik yaitu N. Simbol N pada tuas transmisi otomatis ini memiliki arti netral. Maksud dari posisi netral ini artinya gigi tidak saling terhubung.

Sehingga, dengan posisi gigi transmisi yang tidak saling terhubung ini. Maka, tenaga dari mesin ini tidak akan ada yang dialirkan ke bagian roda. Posisi netral yang ada pada gigi transmisi ini tentunya berfungsi untuk menghentikan mobil. Biasanya, pada saat mobil sedang berada di posisi diam sejenak seperti pada lampu merah atau mungkin juga si situasi yang macet.

Maka, para pengendara akan memposisikan tuas transmisi mereka ke bagian N. Sehingga, mobil akan tetap menyala tetapi bisa terhenti. Tanpa perlu kita mematikan mobil, dimana mematikan mobil ini mungkin akan cukup merepotkan jika kita hanya perlu berhenti sebentar.

Arti Simbol D yang Ada Pada Tuas Transmisi Otomatis

Setelah simbol N yang berarti netral pada transmisi mobil matik. Selanjutnya, saya akan membahas tentang tuas transmisi dengan simbol D pada Arti Simbol P-R-N-D-S-L pada Tuas Transmisi Otomatis ini. Simbol D yang ada pada tuas transmisi mobil matik ini memiliki arti sebagai Drive. Dimana di dalam bahasa Indonesia, Drive ini memiliki arti mengemudi.

Artinya, simbol ini adalah simbol yang berfungsi untuk membuat mobil bisa berjalan. Simbol D atau Drive pada tuas transmisi matic ini digunakan pada saat mobil sedang melaju dengan normal. Baik itu pada jalanan yang datar, menanjak, menurun, dengan kecepatan yang tinggi atau bahkan kecepatan yang rendah. Semua kondisi tersebut hanya akan menggunakan posisi transmisi yang sama, yaitu pada posisi D.

Dimana pada posisi transmisi ini, semua gigi akan digunakan dan juga secara otomatis akan bisa berubah sesuai dengan kebutuhan pada saat berkendara. Hal ini tentunya akan berbeda dengan mobil yang memiliki transmisi manual. Karena pada transmisi manual, posisi gigi mobil tidak akan bisa berubah secara otomatis. Sehingga, akan memerlukan kita sebagai pengemudi untuk memindahkannya.

Simbol S Pada Transmisi Otomatis

Simbol selanjutnya yang akan dibahas adalah simbol S. Simbol S yang terdapat pada transmisi mobil otomatis ini memiliki arti sport. Secara harafiah, arti sport ini sebenarnya adalah olahraga. Tetapi dalam kondisi transmisi mobil ini, sport disni berguna pada saat kita membuat akselerasi yang lebih.

Dalam hal ini, biasanya simbol S akan dibutuhkan pada saat kita ingin mendahului kendaraan lain. Dimana dengan mengatur gigi transmisi pada posisi S ini. Maka, mobil akan bisa menghasilkan rasio kecepatan yang lebih baik. Sehingga, kita bisa melaju dan menyalip kendaraan lain dengan lebih mudah.

Arti Simbol L Pada Tuas Transmisi Mobil Matic

Setelah mengetahui tentang beberapa arti simbol P-R-N-D-S-L pada tuas transmisi otomatis yang disebutkan di atas. Simbol terakhir yang akan dibahas adalah simbol L. Simbol ini memiliki arti Low atau rendah. Maksudnya adalah posisi L ini akan berguna pada saat Anda berkendara di jalan baik tanjakan atau turunan.

Posisi transmisi yang satu ini sebenarnya sama dengan posisi gigi 1 dan juga 2 pada mobil dengan transmisi manual. Dimana posisi L ini akan bisa menghasilkan torsi yang besar. Setelah mengetahui tentang arti dari simbol P-R-N-D-S-L tersebut, yang perlu Anda tahu adalah mobil juga butuh untuk diservis agar tetap prima. Salah satu tempat servis terpercaya adalah DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau hubungi disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan transmisi otomatis mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.