Kenali Apa Itu Body Valve Matic dan Cara Kerjanya

Kenali Apa Itu Body Valve Matic dan Cara Kerjanya

Penah mendengar mengenai kata body valve pada mobil matic? Mungkin bagi Anda yang menggunakan mobil matic sudah pasti tidak asing dengan dengan kata Body Valve.

Body valve menjadi salah satu komponen vital pada mobil dengan transmisi matic dalam mengatur jumlah tekanan oli yang akan masuk kedalam plat kopling, torque coverter, sistem pelumasan dan pendinginan transmisinya. Komponen ini memang penting dan biasanya terletak pada bagian bawah transmisi dan bagian yang didalamnya berbentuk seperti ruang labirin jika dilihat dari atas.

Beberapa komponen dan pengertian dari apa itu body valve ini penting untuk dimengerti oleh pemilik mobil matic. Komponen yang ada didalam apa itu body valve memang beragam dan pastinya sangat penting.

Jika nanti ada kerusakan dalam komponen diperlukan untuk menggerakkan tuas transmisi ketika pengemudi menggunakan mode semi otomatis ataupun transmisi otomatis. Namun beberapa pengemudi belum mengenal apa itu body valve dan kinerja berserta komponennya.

Apa Itu Body Valve?

Pembahasan kali ini dimulai dengan apa itu body valve terlebih dahulu. Rasanya banyak pemilik mobil yang kurang dipahami jika body valve merupakan komponen yang vital dalam mengalirkantekanan oli yang akan masuk ke torque converter, plat kopling, dan sistem pelumas pendingin transmisi.

Komponen pada body valve memang sejatinya terhubung langsung dengan komponen pada Electrinic Control Unit atau ECU untuk mengatur jumlah oli transmisi yang akan masuk ke dalam transmisi mobil matic.

Sebelum mausk, aliran oli ini akan disaring terlebih dahulu ke dalam filter oli transmisi ya. Didalam apa itu body valve juga terdapat beberapa sensor yang akan membaca suhu pada oli transmisinya.

Oli transmisi memang nantinya akan diteruskan kebagian sleeve manual yang terhubung dengan beberapa komponen yang dinamakan dengan linkcage.

Linkage ini kemudian berperan sebagai penggeser tuas transisi pengemudi menggunakan mode otomatis maupun semi otomatis.

Kotoran dan Kerak pada  Body Valve Matic

Perumpamaan Body Valve Matic

Jika pemahaman mengenai apa itu body valve belum juga menjelaskan mengenai body valve, Anda dapat memahami body valve sebagai bentuk dari bendungan yang akan menahan air yang melaluinya.

Pada perumpamaan ini membuat cara kerjanya hampir sama dengan body valve yang ada pada mobil matic. Komponen ini diibaratkan dengan bendungan yang nantinya akan mengirimkan beberapa aliran tekanan oli transmisi ke bagian solenoid yang ada di dalam body valve tersebut.

Shift solenoid memang nantinya akan diibaratkan sebagai tekanan oli gunanya untuk mengalirkan tekanan oli tersebut ke sistem perpindahan gigi yang ada.

Oli ini nantinya akan masuk kedalam torque converter clutch solenoid untuk mendistribusikan tekanan oli kedalamnya torque converter. Di Indonesia senditi untuk koponen ini sering diibaratkan dengan donat matic karena memang bentuknya yang menyerupai kue donat dengan benrtuk bulat.

Cara Kerja Body Valve Matic

Setelah And mengenai apa itu body valve matic, penting untuk juga mengerti beberapa komponen yang mendukung cara kerjanya.

Pada komponen ini dibeberkan sedikit keatas. Ketika mobil pertamakali dinyalakan oli transmisinya akan dialirkan kedalam pompa oli transmisi yang nantinya akan menghaislkan tekanan hidrolik yang akan masuk ke dalam komponen bernama regulator body valve ini.

Regulator ini juga akan terhubung dengan yang dinamakan dengan ECU pada transmisi mobil matic kemudian.

Regulator yang telah terhubung ini kemudian akan dipenuhi dalam oleh ECU pada tekanan hidroliknya.

Tekanan ini akan masih disalurkan kedalam beberapa bagian penting dalam transmisi otomatis seperti pada oil cooler, toque converter, dan lubrication system yang memang berperan penting dalam sistem transmisi tersebut. Pembagian tekanan juga akan diatur melalui komponen bernama solenoid klep yang akan membuka dan menutup aliran tekanan hidrolik berdasarkan pada perintah dri ECU ini.

Sehingga salah satu fungsi pada apa itu body valve ini masuk ke bagian oil cooler atau pendingin yang berguna untuk menjaga suhu oli transmisi agar tetap dalam keadaan stabil atau dingin ditengah pergerakan mesin yang berpotensi menjadikan over heating atau panas berlebih pada mobil matic-nya.

Baca Juga: Transmisi Mobil Panas, Ini Ciri dan Penyebabnya

Tekanan pada Body Valve

Jika dalam cara kerja berkali-kali dibicarakan mengenai tekanan-tekanan yang ada didalam body valve.

Keberadaan tekanan yang masuk kedalam body valve ini sangat penting, dengan tujuan untuk mengatur pada perputaran pada input shaft supaya transmisi yang mau berpindah gigi saat berkendara ini dapat terpindah dengan mudah.

Maka dari itu dari badan body valve matic ini sangat penting sekali perannya dalam menentukan transmisi otomatis.

Sebisa mungkin memang Anda wajib untuk menjaga komponen di dalamnya supaya segala bentuk transmisi dapat terjalankan dengan baik. Terlebih pada transmisi otomatis membutuhkan transmisi yang lancar. Dan hanya dapat ditunjukkan jika body valve lancar pada tekanan dan alirannya. Perbaikan transmisi ini juga penting untuk dilakukan.

Penyebab Body Valve Rusak

Pengguna atau pemilik mobil yang jorok dan tidak mau melakukan perawatan berarti memang membuat komponen dalam mesin mobil mudah rusak dan terbelangkai. Jika pemilik mobil tidak pernah melakukan perawatan maka akan membuat transmisi otomatis terganggu dan berakibat pada kerusakan mesin secara perlahan. Beberapa ciri dibawah menandakan apa itu body valve sudah mulai rusak.

Perpindahan Gigi yang Delay

Ciri pertama yang menandakan apa itu body valve bermasalah adalah dengan perpindahan gigi yang mulai terlambat atau delay. Ini biasanya dilakukan ketika respon dari dalam body valve tidak bekerja maksimal.

Untuk mengecek nya dengan Anda mengemudikan mobil kemudian memasukkan tuas transmisi kedalam posisi D ke R.

Pada mobil matic yang sehar tidak akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa bergerak maju ataupun mundur.

Mobil akan merespon segala transmisi gigi dengan cepat. Namun jika terasa lamban bergerak bisa dipastikan memang jika body valve memang mengalami transmisi matic yang membuatnya mulai bermasalah.

Untuk pengecekan ini memang disarankan untuk merubah posisi mesin mobil yang masih dingin atau baru mulai dinyalakan, tentunya ini lebih banyak dilakukan untuk melakukan pengecekan mesin pada mobil-mobil yang dibeli secara bekas dengan belum mengetahui masalahnya.

Mobil Terasa Menyentak

Hal yang kemudian membuat apa itu body valve rusak akan dirasa dengan perpindahan gigi mobil tidaksesuai biasanya.

Mobil akan terasa menyentak juga bisa jadi salah satu body valve bermasalah didalamnya. Untuk itu penting dalam mengenali gejala kecil ini, biasanya disebut dengan matic jedug pada beberapa orang mekanik dan bengkel mobil. Gejala ini memang paling sering terjadi ke mobil matic.

Pada beberapa kasus memang perpinddahan tuas transmisi terganggu. Ketika hendak melakukan permindahan dri transmisi N ke posisi D pada mobil.

Tiba-tiba terasa gerakan menyentak dengan disertai dengan suara jedug yang sangat terasa bahkan dari kemudi dan tempat kabin penumpang. Tetapi juga ada beberapa kesalahan dari malfungsi di bagian transmisi otomatis mobil yang menimbulkan gejala yang sama.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Penyebab Mobil Menyentak

Rekomendasi Perawatan untuk Body Valve yang Alami Kerusakan

Mengingat kerusakan pada body valve dapat berujung pada terganggunya kinerja tuas transmisi, maka penting untuk segera membawa mobil ke bengkel spesialis transmisi mobil untuk ditangani permasalahannya. DOMO TRANSMISI bisa menjadi pilihan yang tepat untuk percayakan permasalahan tersebut.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal, berpengalaman.

Secara umum, servis dan pengecekan sangatlah penting untuk menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Karena itu, Anda dapat membawa kendaraan Anda untuk melakukan servis dan pengecekan rutin di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI untuk hasil terbaik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau klik disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan komponen transmisi mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Saat ini kami menawarkan untuk anda Paket Cleaning Body Valve untuk mobil matic, jadi permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda bisa ditangani secara tepat,

Penutup

Demikian beberapa paparan mengenai apa itu body valve dengan beberapa permasalahan dan gejala yang menyertainya. Anda dapat segera melihat keberadaan permasalahan ini dengan baik untuk kemudian dibawa mobil ke bengkel terdekat untuk pengecekan.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.