Mobil Matic Terobos Banjir, Wajib Perhatikan Hal Ini!

Mobil matic terobos banjir sampai dengan saat ini masih banyak dilakukan oleh para pemilik kendaraan roda 4. Apalagi, di musim hujan seperti sekarang ini banyak sekali kendaraan roda 4 yang melakukan hal tersebut.

Pada saat melewati jalanan banjir, tentu saja untuk para pemilik terkadang merasa cemas atau was-was. Banyak juga dari para pengendara mobil yang mengalami mogok di saat melewati jalanan banjir.

Untuk masalah mogok yang disebabkan oleh banjir ini bisa saja terjadi akibat beberapa hal. Salah satunya adalah terdapat salah satu komponen mobil yang kemasukan air banjir tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai mobil matic terobos banjir. Sedangkan, untuk Anda yang mempunyai kendaraan roda 4 atau mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Trik pada saat Mobil Matic Terobos Banjir

Trik pada saat Mobil Matic Terobos Banjir

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahwa untuk mobil yang melintasi jalanan banjir ini mempunyai beberapa resiko. Akan tetapi, ada beberapa trik yang dapat dilakukan supaya tidak terjadi beberapa hal buruk sebagai berikut:

Pahami Tinggi Genangan Air Sebelum Menerobos Banjir

Pastikan saluran masuk pada mobil tidak terendam dengan air. Selain itu, ketahui juga pada posisi bibir saluran masuk udara atau air inlet pada mobil mempunyai letak lokasi di sebelah mana.

Hindari juga langsung menerobos genangan yang cukup tinggi. Ketika melakukan hal tersebut, untuk komponen air inlet ini akan menyedot semua cipratan yang ada di bagian komponen tersebut.

Apabila mobil yang terendam atau mobil matic terobos banjir , maka bisa membuat water hammer. Kondisi tersebut merupakan dimana air masuk kedalam ruang pembakaran. Water Hammer ini juga bisa membuat mesin mobil menjadi rusak.

Maka dari itu, pastikan ketinggian genangan air tersebut tidak melebihi dari setengah roda. Bahkan, Anda juga tidak disarankan untuk memaksakan diri melewati jalanan dengan kondisi genangan airnya tinggi.

Ketika bingung, Anda bisa menggunakan patokan tinggi pada bagian trotoar di sisi jalan. Apabila permukaan air ini tingginya masih dibawah permukaan, maka masih sangat amat untuk mobil menerobos.

Menggunakan Posisi Gigi Rendah

Meski Anda menggunakan mobil dengan transmisi matic, akan tetapi tetap harus memposisikan persneling berada di gigi yang paling rendah. Bahkan, Anda juga sangat disarankan untuk menggunakan gir paling rendah 1 atau L.

Pada saat menggunakan posisi transmisi tersebut, maka untuk kecepatan mobil ini tetap stabil dan putaran mesin menjadi lebih bertahan sangat lama. Tidak hanya itu saja, untuk cara yang satu ini juga bertujuan supaya tekanan gas yang dikeluarkan oleh knalpot uga lebih besar. Artinya, dengan hal tersebut bisa membuat air bertahan dan tidak masuk ke bagian ruang mesin melalui jalur pembuangan.

Menjaga Kecepatan dan Waspada Terhadap Sekitar

Melaku secara perlahan-lahan dan konstan stabil pada jalanan banjir ini membantu para pemilik mobil mengantisipasi beberapa hal tidak diinginkan. Terkadang para pemilik mobil sangat sulit sekali mendeteksi ada bolongan atau tidak di saat kondisi sudah banjir.

Seperti yang diketahui, di saat mobil sudah terkena jeglongan ini bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari. Maka dari itu, Anda bisa melaju secara perlahan-lahan atau tidak langsung ngebut supaya tidak terjadi beberapa hal buruk.

Mengeringkan Rem Setelah Lolos dari Genangan Air

Pada trik yang satu ini masih banyak yang diabaikan begitu saja oleh kalangan masyarakat. Bagi Anda yang sudah berhasil melewati genangan air, maka bisa langsung mengeringkan rem terlebih dahulu.

Selain itu, untuk cara yang satu ini dianggap paling sederhana. Cara mudah untuk mengeringkan rem tersebut adalah melakukan perjalanan dengan kecepatan 5 kilometer per jam.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus melakukan mengocok pedal rem pada mobil berkali-kali dan perlahan. Tujuan dari cara yang satu ini adalah untuk memastikan mobil masih berada di kondisi yang aman dan baik.

Lebih pentingnya lagi dengan cara tersebut bisa membuat kampas rem mobil menjadi cepat kering. Ketika dirasa terjadi beberapa hal tidak beres terhadap mobil, maka Anda bisa sesegera mungkin untuk melakukan pengecekan di bengkel terdekat.

Matikan Mesin pada Saat Kondisi Mobil Mogok

Ketika genangan air begitu tinggi atau tersapu oleh gelomban efek didahului oleh mobil besar ini bisa membuat mesin menjadi mogok atau mati. Ketika sudah terjadi hal tersebut, akan lebih baiknya jangan mencoba menghidupkan mesin kembali.

Paling tidak untuk Anda membiarkan mobil berada di kondisi mesin mati dan bila perlu putar kontak ke posisi off. Dengan memaksa untuk menghidupkan mesin ini bisa membuat kerusakan parah pada bagian mesin mobil tersebut.

Sangat disarankan juga untuk Anda langsung menghubungi pihak bengkel resmi terdekat. Jangan membiarkan kondisi mesin mobil mati dengan jangka yang lama, karena bisa mengakibatkan beberapa hal tidak diinginkan.

Cara Mengatasi Mobil Matic Terobos Banjir

Ketika kondisi mobil sudah mati akibat terendam air banjir, maka ada beberapa cara yang bisa diatasi dengan sendiri terlebih dahulu. Ada 6 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mobil matic terobos banjir yang mati akibat terendam banjir sebagai berikut:

Mendorong Mobil dan Jangan Nyalakan Mobil

Cara mengatasi mobil yang sudah terendam banjir pertama adalah mendorong mobil dan jangan menyalakan mesin. Selain itu, untuk Anda yang sudah terendam air harus mendorong kendaraan sampai dengan tempat tidak tergenang air.

Untuk mendorong kendaraan harus tidak mungkin bisa dilakukan sendiri atau individu. Artinya, Anda harus meminta tolong kepada masyarakat sekitar supaya bisa dibantu untuk mendorong kendaraan tersebut.

Mobil yang sudah terendam akibat banjir ini sudah berada di kondisi darurat. Dengan hal itulah, Anda juga harus mengamankan ke daerah yang kering. Satu hal yang perlu diingat untuk mobil yang dinyalakan pada saat kondisi terendam ini bisa menimbulkan korsleting listrik.

Mematikan Rem Tangan

Rem tangan pada mobil dengan kondisi terendam banjir ini harus dimatikan sesegera mungkin. Untuk hal tersebut harus dilakukan supaya kanvas rem tidak lengket terhadap komponen lainnya.

Selain itu, Anda juga harus dilakukan mobil tidak bergerak sama sekali. Ketikan tidak kepikiran mengangkat rem tangan bisa menggunakan batu supaya kendaraan tidak bergerak.

Untuk mengatasi permasalahan mobil terendam banjir kali ini sangat cocok dipergunakan pada mobil manual. Sedangkan, untuk mobil matic terobos banjir bisa memposisikan transmisi pada kode “P’.

Baca Juga: Apa Pentingnya Mengaktifkan Rem Tangan Saat Parkir Mobil?

Keringkan Bagian Pengapian (Busi, Karburator dan Koil)

Mobil mempunyai komponen pengapian, seperti busi, saringan udara, alternator, karburator, koil dan delco kabel. Selain itu, untuk komponen tersebut juga mudah rusak di saat terkena percikan air.

Maka dari itu, Anda harus mengeringkan beberapa komponen terlebih dahulu supaya tidak terjadi beberapa hal tidak diinginkan. Ketika sudah dikeringkan masih mogok, Anda harus membawanya ke bengkel terdekat terlebih dahulu.

DOMO TRANSMISI bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mobil matic yang terobos banjir, karena biasaya akan berdampak pada sistem transmisi mobilnya.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal, berpengalaman. Secara umum, servis dan pengecekan sangatlah penting untuk menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Karena itu, Anda dapat membawa kendaraan Anda untuk melakukan servis dan pengecekan rutin di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI untuk hasil terbaik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau klik disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan transmisi matic mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Penutup

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai mobil matic terobos banjir. Semoga, dengan penjelasan diatas bisa membantu Anda yang mempunyai mobil transmisi matic.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.