5 Tips Merawat Transmisi Ayla Matic Agar Tidak Jebol

5 Tips Merawat Transmisi Ayla Matic Agar Tidak Jebol

Sebagai pemilik mobil Ayla matic, tentu anda harus memperhatikan banyak hal agar mobil kesayangan termasuk transmisi.

Memperhatikan transmisi sering kali dianggap sepele, padahal jika anda mengabaikan perawatan transmisi Ayla matic, ini bisa berakibat tidak baik atau jebol di masa yang akan datang.

Apakah perawatan tramsmisi mobil Ayla matic sangat sulit untuk dilakukan? Tidak! Anda tidak perlu membutuhkan perawatan yang terlalu rumit agar transmisi mobil Ayla matic anda tetap dalam kondisi prima dan tidak jebol.

Jika anda masih bingung, Berikut adalah tips merawat transmisi Ayla matic yang benar agar tidak jebol.

Tips Merawat Transmisi Ayla Matic

Setidaknya ada beberapa tips yang bisa anda pelajari dan pahami untuk menjaga atau merawat transmisi Ayla matic agar tidak jebol. Beberapa tips berikut ini tentu sangat mudah untuk anda terapkan:

Periksa dan ganti oli secara berkala

Oli transmisi pada mobil Ayla Matic harus diperiksa dan diganti secara berkala sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pabrikan. Perhatikan juga kondisi oli, jika oli sudah mengendur atau berubah warna, segera ganti dengan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Periksa kondisi filter

Pastikan filter transmisi juga selalu dalam kondisi yang baik. Jika terdapat kotoran atau debu yang tertempel pada filter, segera bersihkan filter tersebut. Jika filter sudah kotor atau rusak, segera ganti filter tersebut dengan yang baru.

Periksa komponen lainnya

Selain filter, pastikan juga kondisi komponen lainnya seperti pompa, cairan pemanas, dan sebagainya selalu dalam keadaan baik. Jika terdapat masalah dengan komponen tersebut, segera lakukan perbaikannya.

Gunakan Oli transmisi yang tepat

Gunakan Oli transmisi yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk mobil Ayla Matic. Selalu pastikan cairan transmisi yang digunakan memiliki tingkat keviscositas yang sesuai dengan jenis transmisi yang digunakan.

Pengecekan rutin

Selalu lakukan pengecekan rutin terhadap transmisi mobil Ayla Matic untuk memastikan kondisi transmisi selalu dalam kondisi yang baik. Hal ini penting untuk memastikan transmisi mobil dapat bekerja dengan baik dan mencegah kerusakan yang lebih parah.

Ada lima tips yang bisa anda gunakan untuk merawat transmisi Ayla matic. Pelajari baik-baik tips tersebut dan jangan lupa untuk menerapkannya sebagai salah satu cara untuk merawat mobil Ayla kesayangan anda.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa salah satu tipsnya adalah dengan melakukan pengecekan secara rutin. Masalah transmisi memang masalah yang cukup jarang ditemui dan itu adalah satu berbanding sejuta, akan tetapi jangan sampai tidak melakukan pengecekan secara rutin.

BACA JUGA: 6 Cara Mengatasi Transmisi Matic Dengung yang Ampuh

Melakukan pengecekan secara rutin bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada transmisi Ayla matic anda. Anda bisa melakukan pengecekan dalam beberapa ribu kilometer.

Untuk melakukan pengecekan, anda bisa datang ke bengkel spesialis transmisi seperti DOMO TRANSMISI yang akan membantu anda untuk merawat transmisi anda dan mengecek apakah ada masalah. Dengan begini, anda akan menjaga transmisi tetap dalam kondisi baik dan dipastikan tidak jebol.

Ciri-ciri Transmisi Ayla Matic Jebol atau Tidak Baik

Transmisi ayla matic merupakan jenis transmisi otomatis yang digunakan pada mobil Daihatsu Ayla. Transmisi ini menggunakan teknologi kontrol elektronik untuk mengatur putaran mesin dan mengatur pembukaan katup. Ini memberikan pelepasan tenaga yang lebih halus dan efisien dibandingkan dengan transmisi manual. Ciri-ciri transmisi ayla matic yang jebol adalah sebagai berikut:

  • Terdapat penurunan putaran mesin yang signifikan. Penurunan ini dapat menyebabkan mesin menjadi lebih berat dan menghasilkan banyak asap.
  • Mesin akan bergetar dengan lebih keras daripada biasanya.
  • Timing belt tidak lagi berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan katup tidak lagi dapat dibuka dan ditutup dengan benar.
  • Gang pada transmisi ayla matic akan bergeser sendiri, yang menyebabkan kendaraan menjadi lebih lambat saat dipercepat.
  • Tingkat bahan bakar akan meningkat dan konsumsi bahan bakar akan menurun.
  • Pergeseran transmisi akan menyebabkan kendaraan berjalan kurang halus.
  • Suara knalpot akan berubah menjadi lebih tinggi dan lebih berisik.
  • Gang-gang akan bergeser secara tiba-tiba.

Memberikan tips cara merawat transmisi Ayla matic rasanya tidak cukup tanpa memberi tau tentang apa saja ciri-ciri transmisi pada mobil Ayla matic yang mengalami kerusakan transmisi.

Karena mungkin secara tidak sadar mobil anda mengalami masalah pada transmisinya, akan tetapi karena anda tidak tau, jadi masalah terus tetap di sana dan akan terus begitu sampai semakin rusak parah. Nah, oleh karena itu, agar permasalahan transmisi mobil Ayla tersebut bisa anda kenali, maka baiknya perhatikan ciri-ciri yang sudah kami sampaikan di atas.

Lakukan Perawatan Transmisi Ayla Matic Ke DOMO TRANSMISI

Cara terbaik untuk melakukan perawatan transmisi Ayla matic adalah dengan membawa mobil anda ke spesialis transmisi mobil matic yaitu DOMO TRANSMISI.

Di sana anda akan mendapatkan pelayanan perawatan transmisi untuk mobil Ayla matic kesayangan anda dengan sangat baik. Hanya DOMO TRANSMISI saja yang memiliki pelayanan transmisi paling lengkap

Untuk mendapatkan semua perawatan transmisi Ayla matic dari DOMO TRANSMISI, silahkan hubungi customer service DOMO TRANSMISI melalui WhatsApp 0882-1244-0591 atau hubungi disini.

Nantinya anda akan dibantu untuk membuat janji serta juga memilih jenis perawatan apa yang anda inginkan, misalnya ingin mengganti oli transmisi atau hanya sekedar melakukan pembersihan pada transmisi anda dari debu atau kotoran yang melekat.

Jangan khawatir! Karena DOMO TRANSMISI memiliki mekanik yang propesional dan sangat ramah. Semua mekanik akan menyampaikan dengan baik apa saja permasalahan transmisi anda dan bagaimana cara penyelesaian atau perawatannya dengan benar. Jadi tunggu apalagi, yuk hubungi DOMO TRANSMISI sekarang juga!

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti