5 Penyebab Setir Mobil Tidak Stabil, Pernah Alami?

Penyebab Setir Mobil Tidak Stabil

Pernah mengalami mengalami permasalahan dimana Setir mobil tidak stabil atau goyang-goyang? Hal ini tentu saja berbahaya dan mengganggu kenyamanan berkendara anda.

Kami akan menginformasikan apa hal yang jadi penyebab setir mobil tidak stabil, tentu saja ini yang anda perhatikan.

Penyebab Setir Mobil Tidak Stabil

Inilah 5 Penyebab Setir Mobil Tidak Stabil, apa saja yang anda harus waspadai.

Masalah pada Kemudi Mobil

Salah satu penyebab setir mobi tidak stabil adalah sistem kemudi yang bermasalah dan sudah aus.

Sistem kemudi pada mobil dilengkapi komponen seperti tie rod, ball joint.

Jika komponen ini mengalami keausan, maka akan menyebabkan setir mobil teasa goyang dan tidak stabil.

Pentingnya memberikan pelumasan yang tepat agar komponen dapat beroperasi dengan lancar, Jika pelumasan tidak tepat, maka gesekan antar komponen akan meningkat hal ini akan membuat setir mobil terasa berat.

Selain itu, jika oli pada power steering mengalami kebocoran, hal ini dapat mempengaruhi stabilitas setir, anda akan merasakan setir terasa berat atau melawan saat ingin berbelok.

Baca Juga: Kenapa Power Steering Mobil Matic Terasa Berat? Ini Faktornya!

Tekanan Ban yang tidak Sesuai

Tekanan angin pada ban yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyeba setir mobil tidak stabil, jika ban kempes atau terlalu keras akan membuat setir mobil suusah untuk dikendalikan.

Getaran ini akan terasa ketika anda sedang berada di kecepatan tinggi, jika sedang berada di jalan tol tentu saja ini akan membahayakan anda.

Suspensi Mobil Bermasalah

Suspensi Mobil yang tidak dalam kondisi baik dapat menyebabkan setir mobil tidak stabil.

Komponen seperti shock absorber, per daun, atau bushing yang aus atau rusak akan mempengaruhi kinerja suspensi.

Selain itu, Penyetelan suspensi yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab setir mobil tidak stabil. Suspensi yang terlalu keras atau terlalu lembut sama-sama dapat menyebabkan masalah.

Gangguan pada Sistem Pengereman

Pengereman yang tidak merata antara roda kiri dan kanan dapat menyebabkan setir mobil tidak stabil, seperti kampas rem, braked pad, atau pada kalipaer rem, hal ini dapat membuat setir mobil tidak stabil.

Hal ini tidak hanya berpengaruh pada performa rem, tetapi juga pada stabilitas setir, terutama saat Anda melakukan pengereman mendadak.

Baca Juga: Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram pada Mobil

Tergantung Kondisi Jalan

Jika kondisi jalan yang berlubang, hal ini dapat mempengaruhi setir mobil yang tidak stbail, jalanan yang tidak rata, atau suspensi lebih keras akan berdampak pada anda.

Selain itu bekendara pada jalanan licin atau berparis akan berpengaruh pada stabilitas setir, traksi pada mobil anda akan terasa sulit dan tidak responsif.

Untuk anda yang mengalami gangguan pada mobil matic, seperti bunyi pad saat perpindahan gigi atau permasalahan lainnya, silahkan lakukan pengecekan bersama bengkel kami.

Karena Domo Transmisi akan memperbaiki kendaraan anda sesuai dengan prosedur yang berlaku, tidak perlu khawatir kami memiliki tekenisi yang berpengalaman.

Sebelum datang, anda bisa melakukan reservasi melalui WA pada nomor 0882_1244_0591 atau Live Chat melalui link berikut.

Jika anda ingin melakukan perbaikan overhaul, Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000km.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.