Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram pada Mobil

Rem Tromol Vs Rem Cakram pada Mobil

Dizaman yang semakin canggih ini teknologi pada mobil semakin berkembang, salah satunya sistem pengereman.

Mungkin sebagai orang yang ingin mengetahui, Apa saja perbedaan dan kelebihan rem tromol vs rem cakram pada mobil?

Dua sistem pengereman ini memiliki karakteristik yang berbeda dan kelebihan masing-masing, kali kita akan membahasnya agar Anda mengetahuinya.

 Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram pada Mobil

Kami sudah merangkumnya, inilah Perbedaan dan Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram pada mobil simak disini.

Kita akan membahas Perbedaanya terlebih dahulu.

Cara Kerja Rem Tromol

Rem Tromol memiliki cara kerja yang melibatkan sebuah tromol yang terpasang pada roda dan terdapat kampas rem, sangat diinjak rem kampas rem akan menyentuh tromol sehingga dapat mengurangi kecepatan mobil.

Dengan desain yang tertutup, hal ini dapat membuatnya terhindar dari debu dan kotoran tetapi yang menjadi permasalahannya rem ini dapat menghasilkan panas.

Rem tromol cenderung lebih efisien untuk pengereman pada kecepatan rendah, Ini membuat rem tromol cukup efisien untuk penggunaan sehari-hari, terutama dalam kondisi lalu lintas kota yang sering mengalami kemacetan.

Baca Juga: Pengertian Rem Tromol Mobil

Cara Kerja Rem Cakram

Selanjutnya cara kerja rem cakram yaitu terdapat cakram dan disk atau piringan yang terdapat pada roda, kaliper yang memiliki kampas rem.

Saat Anda menginjak rem, maka kaliper akan mengapit cakram, dan tentunya mengurangi kecepatan mobil. Rem cakram dapat terhindari dari panas, namun yang jadi permasalahannya dapat terpapar debu dan kotoran.

Rem cakram memiliki efisiensi pengereman yang lebih baik dalam berbagai kondisi kecepatan yang tinggi, Dengan kemampuan untuk mendissipasi panas dengan lebih baik, rem cakram mampu memberikan performa pengereman yang lebih konsisten dan responsif.

Kelebihan Rem Tromol dan Rem Cakram pada Mobil

Sekarang kita masuk kedalam pembahasan Kelebihan Rem Tromol dan Rem Cakram pada Mobil, simak disini

Rem Tromol

Rem Tromol memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan rem cakram, hal ini menjadikannya saat pilihan murah bagi anda memiliki budget terbatas.

Selain itu, tromol mudah dirawat karena pengereman ini terlindungi dari debu dan kotoran, hal ini bisa mengurangi risiko kerusakan dan dapat memperpanjang usia pemakaian.’

Rem Cakram

Rem cakram sangat adaptif dengan teknologi pengereman modern seperti ABS (Anti-lock Braking System).

Ini memungkinkan sistem pengereman bekerja dengan lebih efisien, mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak, dan memungkinkan pengendara untuk mempertahankan kontrol kendaraan dengan lebih baik.

Meskipun membutuhkan pemeliharaan yang lebih teliti, rem cakram menawarkan durabilitas dan keawetan yang baik.

Nah mobil anda menggunakan pengereman yang mana nih? Atau saat ini mobil matic anda mengalami permasalahan?

Kami sarankan kepada anda untuk anda segera datang ke bengkel spesialis mobil matic yaitu Domo Transmisi.

Kami ahlinya matic sejak 2015, tidak perlu ragu untuk datang ke bengkel kami reservasi via sekarang juga, Telp via WA 0882_1244_0591, atau klik disini.

Dengan moto running smooth, kami siap mengatasi permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.