Fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil

Fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil

Salah satu aspek penting dalam mengendari mobil yang sering terabaikan yaitu Fungsi dan Cara Membaca Tachometer mobil.

Tachometer merupakan alat yang sangat berguna dalam memberikan informasi mengenai kondisi dan performa mesin mobil anda.

Tachometer mobil adalah instrumen yang menunjukkan kecepatan putaran mesin, biasanya dalam satuan RPM (Revolutions Per Minute).

Alat ini sangat penting untuk memastikan bahwa mesin mobil beroperasi dalam kondisi optimal dan tidak dipaksa bekerja lebih keras dari yang seharusnya.

Fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil

Lalu bagaimana fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil, simak disini.

Kontrol Kecepatan Mesin

Salah satu fungsi utama dair tachometer adalah untuk membantu pengemudi mengontrol kecepatan mesin.

Dengan memantau tachometer, pengemudi dapat menjaga agar RPM mesin tetap dalam batas yang aman dan efisien.

Ini sangat penting untuk mencegah kerusakan mesin dan memastikan umur panjang mesin.

Efisiensi Bensin Mobil

Tachometer juga membantu dalam mengoptimalkan konsumsi bahan bakar.

Dengan menjaga RPM dalam kisaran yang efisien, pengemudi dapat mengurangi pemborosan bahan bakar dan mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Baca Juga: Apakah Mobil Matic CVT Lebih Hemat BBM?

Tingkatkan Performa Mobil

Menggunakan tachometer dapat meningkatkan performa mengemudi. Pengemudi dapat menggunakan informasi dari tachometer untuk mengubah gigi pada waktu yang tepat, yang akan meningkatkan akselerasi dan responsif kendaraan.

Bagaimana Cara Membaca Tachometer Mobil ? 

  • Kenali Angka dan Simbol, kenali angka dan simbol pada tachometer. Angka biasanya menunjukkan RPM mesin dalam ribuan. Simbol-simbol tertentu seperti warna merah mungkin menunjukkan batas RPM yang harus dihindari.
  • Kenali Warna pada Tachometer, Warna hijau pada tachometer menunjukkan kisaran RPM yang aman dan efisien untuk mesin. Sementara itu, zona merah menunjukkan kisaran RPM yang berisiko dan dapat menyebabkan kerusakan mesin jika dipertahankan untuk waktu yang lama.
  • Digunakan untuk penggantian gigi, Informasi dari tachometer dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang kapan harus mengganti gigi. Mengganti gigi pada RPM yang tepat akan membuat pengemudi memiliki kontrol yang lebih baik

Itulah Fungsi dan Cara Membaca Tachometer Mobil, tetapi yang menjadi permasalahannya mobil anda mengalami gangguan?

Kami akan memberikan solusi terbaik untuk anda yaitu datanglah ke Domo Transmisi untuk melakukan perbaikan, silahkan reservasi melalui WA pada nomor 0882_1244_0591, klik disini agar anda tidak terkena antre.

Domo Transmisi menghadirkan paket layanan Matic Jet Clean, yaitu cleaning body valve dan selenoid, tunggu apalagi datanglah ke bengkel kami.

Bengkel kami memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km bagi anda yang melakukan overhaul bersama Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.