Komponen Transmisi Otomatis Planetary Gear yang Wajib Anda Ketahui

Komponen Transmisi Otomatis Planetary Gear yang Wajib Anda Ketahui

Transmisi Otomatis merupakan hal penting dalam kendaraan Bermotor, salah satunya mengenai komponen dari Planetary Gear. Komponen ini juga disebut sebagai gigi gear yang terpasang pada kendaraan bermotor. Setiap komponen dari gear ini mampu berputar pada porosnya yang menghasilkan langkah kerja dalam sistem transmisi mesin.

Kira-kira bagaimana informasi selengkapnya mengenai Planetary Gear yang merupakan komponen dari transmisi mesin? Yuk kita cari tahu.

Informasi Umum Mengenai Planetary Gear

Informasi Umum Mengenai Planetary Gear

Pada transmisi otomatis di kendaraan mobil Anda, salah satunya mempunyai komponen yang penting untuk menjalankan sistem transmisi mobil secara otomatis untuk mesin mobil. Komponen ini sering disebut dengan planetary gear atau gigi planet. Komponen gigi planet dipasang untuk mengatur momen dan akselerasi yang bekerja dalam suatu kendaraan mobil, termasuk kendaraan Mobil Anda.

Komponen gigi planet ini telah memungkinkan sebuah mesin kendaraan mobil mampu dalam mengatur kecepatan, dan mengatur gerak untuk kendaraan mobil Anda.

Gigi planet yang juga digunakan untuk mesin yang menghasilkan tenaga dalam menggerakkan mesin yang memiliki beban berat dan beban ringan pada mobil Anda.

Penggunaan komponen dari unit gigi planet lebih diminati karena telah dinilai lebih menguntungkan dibanding gigi planet bagian luar mesin mobil Anda. Gigi planet juga telah dinilai untuk tidak terlalu membutuhkan ruang yang besar sehingga lebih praktis pada mobil Anda.

Komponen gigi planet yang lebih halus dalam memindahkan power, dan mampu membuat gigi planet seimbang dari beban dari masing-masing komponen gigi planet. Hal ini juga menjadi alasan penting penggunaannya lebih banyak diminati oleh banyak orang.

Fungsi dari Planetary Gear

Komponen dari planetary gear yang memiliki fungsi sangat penting dan berguna untuk menjalankan mesin mobil Anda. Komponen gigi planet yang membuat mesin mobil Anda yang dapat bekerja dengan baik serta berguna dalam mengatur tenaga dan kemampuan kerja dalam mengangkat beban mesin mobil Anda.

Fungsi gigi planet juga dapat digunakan untuk menekan dan menurunkan transmisi mesin kendaraan mobil. Hal ini berkaitan dengan momen inersia dengan kebutuhan dalam mengatur kemampuan kendaraan menjelang berhenti atau sedang berjalan dalam proses transmisi mobil.

Fungsi lain dari gigi planet juga untuk menaikkan dan menurunkan kecepatan kendaraan, termasuk mobil Anda.
Komponen gigi planet di dalam mobil Anda sangat berguna bagi kendaraan agar lebih mudah dalam mengatur kecepatan.

Komponen yang Membentuk Planetary Gear

Komponen pertama yaitu Sun gear yang merupakan gigi terkecil di dalam susunan planetary gear yang terletak di bagian tengah mesin mobil Anda.

Fungsi dari sun gear yaitu sebagai poros pusat dari semua komponen gigi planet lainnya. Sun gear juga dirancang menggunakan model helical gear atau spur gear.

Ciri khas sun gear yang wajib diketahui adalah untuk membedakannya dari komponen gigi planet lainnya.

Komponen kedua yaitu Planetary Pinion Gear, yang memiliki diameter yang lebih kecil dari komponen sun gear, dengan kerangka susunan yang dikenal dengan planetary carrier.

Pinion gear biasanya dikelilingi oleh ring gear, dan pinion gear mengelilingi sun gear. Kerangka pinion gear terbuat dari bahan besi campuran dan pada ujungnya terdapat shaft yang berfungsi sebagai poros pada saat komponen ini berputar dalam transmisi mesin.

Komponen berikutnya yaitu Ring gear merupakan komponen yang mengelilingi bagian pinion gear dan terletak di bagian paling luar dan berfungsi sebagai tuas terbesar dan pengikat seluruh komponen gigi planet. komponen ini sering disebut dengan annulus gear.

Cara Kerja dari Komponen Planetary Gear

Dalam hal ini, semua komponen dari Planetary Gear dapat bekerja dan sesuai dengan fungsi dalam transmisi mesin mobil. Ketiga komponen yang tersusun dapat berputar dan bertahan di dalam mesin mobil Anda.

Saat melakukan mode perlambatan, maka yang menjadi power input dalam transmisi mesin mobil dalah ring gear. Sementara power outputnya ada di dalam planetary carrier, dan proses stationary ada di dalam sun gear.

Jika ring gear berputar, dan sun gear dalam posisi bertahan, maka gear planetary akan mengeluarkan output dengan memperlambat kecepatan dalam transmisi mobil.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Transmisi Matic yang Mudah

Mekanisme Kerja dari Planetary Gear

Kmponen yang ada pada planetary gear , maka terdapat mekanisme kerja pada gigi planet tersebut terdiri dari Deselerasi (Perlambatan) dengan terjadi pada saat sun gear bertahan dan ring gear berputar maka gigi planet juga mengalami perputaran, sehingga saat ini putaran antara ring gear dan gigi planet akan menjadi searah dan output akan mengurangi kecepatannya agar putaran sama dengan poros input hanya dengan putaran gigi planet.

Mekanisme kerja yang kedua yaitu Hubungan Langsung (Direct Coupling) pada saat ring gear dan sun gear terhubung dan berputar bersama-sama, maka gigi planet akan berputar dengan arah yang sama dan kecepatan putaran antara ring gear dengan planetary carrier yang sama pada transmisi mobil.

Mekanisme kerja ketiga yaitu Akselerasi atau percepatan pada saat sun gear ditahan dan planetary carrier diputar, maka planetary gear akan berputar mengeliling mesin gigi planet. Putaran antara ring gear dan planetary gear menjadi searah dan menyebabkan putaran pada poros output menjadi lebih cepat dari mekanisme kerja gigi planet lainnya.

Mekanisme Kerja keempat yaitu gerak mundur atau reverse pada saat planetary carrier ditahan dan sun gear diputar, maka ring gear akan berputar dengan arah yang berlawanan dengan arah putaran sun gear, sehingga, pada saat sun gear berfungsi sebagai input dan ring gear sebagai output dengan perbandingan ratio roda gigi antara ring gear dengan sun gear lebih besar dar ring gear pada transmisi mobil.

Mekanisme kerja ini merupakan hal yang penting bagi komponen gigi planet agar dapat menjalankan transmisi mesin mobil dengan baik, serta memiliki komponen gigi planet yang berkualitas bagus dan terbaik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui informasi ini agar Anda dapat memilih komponen gigi planet sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas terbaik untuk transmisi mesin mobil Anda.

Rekomendasi Perawatan dari Komponen Planetary Gear

Komponen planetary gear cukup banyak untuk dilakukan perawatan dengan cara yang saling terintegrasi sehingga perawatan komponen gigi planet ni perlu dilakukan. Perawatan yang intensif sangat penting dilakukan karena setiap komponen akan mempengaruhi kinerja komponen lainnya.

Perawatan gigi planet yang dapat dilakukan dengan pembersihan gear secara berkala. Kinerja yang saling bertaut memungkinkan setiap komponen dapat terkena kotoran dan debu dan lainnya.

Pembersihan partikel dari komponen gigi planet tersebut dari komponen planetary dapat menghindarkan terganggunya fungsi gigi planet dari resiko kerusakan yang terjadi pada kendaraan mobil Anda.

Oleh karena itu perlu dilakukan erawatan secara berkala dan berkelanjutan dapat dilakukan untuk menjaga kondisi gigi planet agar tetap optimal.

Rekomendasi tempat bengkel terdekat untuk mengatasi hal tersebut adalah Bengkel DOMO TRANSMISI. Bengkel DOMO TRANSMISI adalah rekomendasi terbaik untuk Anda untuk mengatasi masalah gigi planet pada mobil Anda.

Bengkel DOMO TRANSMISI juga menjadi solusi yang terbaik sehingga dapat membantu dalam melakukan perawatan kendaraan bermotor yang dilakukan secara rutin dan berkala agar mobil Anda menjadi lebih baik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 0882-1244-0591 atau hubungi disini.  Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan planetary gear transmisi mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.