Perlu Dipahami, Ini Arti Persneling Mobil Matic

Perlu Dipahami, Ini Arti Persneling Mobil Matic

Arti persneling mobil matic adalah salah satu jenis informasi yang sampai dengan saat ini masih sering dicari oleh kalangan masyarakat. Selain itu, untuk mendapatkan informasi mengenai arti perseneling matic ini bukan menjadi satu hal yang sulit atau mudah.

Banyak sekali di beberapa halaman internet yang memberikan informasi mengenai perihal arti persneling matic tersebut. Akan tetapi, bagi orang yang masih awam juga akan merasa kesulitan untuk memahami arti tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai arti persneling mobil matic. Sedangkan, untuk Anda yang ingin mengendarai mobil matic bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini.

Arti Persneling Mobil Matic

Arti Persneling Mobil Matic

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa di beberapa halaman internet banyak memberikan informasi mengenai arti persneling pada mobil matic. Beberapa arti persneling mobil matic yang harus Anda ketahui dan pahami adalah:

P (Parking)

Kode persneling mobil matic yang pertama dan berada paling atas sendiri adalah “P” atau parking. Arti dari kode perseneling “P” adalah untuk mengunci transmisi supaya mesin tidak bisa bergerak sama sekali.

Artinya, di saat menyalakan mobil matic lebih baik perseneling berada di posisi P. Akan tetapi, perlu diingat untuk posisi persneling P ini tidak dipergunakan untuk rem parkir khususnya paralel.

Jadi kode P pada persneling mobil matic ini mempunyai arti untuk mengunci mobil. Pada saat berada di persneling tersebut untuk bagian ban mobil tersebut masih tetap masih bisa digerakkan.

R (Reverse)

Kode R pada persneling mobil matic ini mempunyai fungsi untuk menggerakkan mobil. Sesuai dengan namanya, untuk arti persneling mobil matic kali ini mempunyai fungsi untuk membantu mobil bergerak ke belakang atau mundur.

N (Neutral)

Selanjutnya, kode persneling N pada mobil matic ini sangat cocok dipergunakan pada saat mobil diam atau keadaan netral. Artinya di saat mobil tersebut berada di persneling tersebut, maka masih bisa digerakkan maju maupun mundur meski didorong.

Selain itu, untuk gigi Neutral ini juga mempunyai fungsi di saat kondisi tengah berada di kondisi jalanan macet. Lebih pentingnya lagi, untuk persneling yang satu ini juga dipergunakan pada saat kondisi mobil sedang berhenti sejenak.

D (Drive)

Untuk arti persneling mobil matic yang satu ini berguna untuk menggerakkan mobil di jalan yang landai. Selain itu, untuk transmisi D ini tidak dapat dipergunakan pada meda jalanan dengan kondisi menanjak.

Baca Juga: Cara Pindah Gigi Mobil di Tanjakan

Angka 2 dan 3

Biasanya, pada gambar persneling mobil matic terdapat angka 2 yang berada di bawah huruf D. Sedangkan, untuk angka 3 mempunyai posisi di sebelahnya. Arti dari angka 2 dan 3 pada persneling matic adalah untuk membatasi rasio sampai dengan gigi 3 saja.

Sedangkan, untuk fungsi dari persneling mobil matic angka 2 dan 3 ini berguna dalam melewati jalanan menanjak. Transmisi 2 juga bisa dipergunakan di sata engine brake turunan, meski tidak curam.

L (Low)

Pada persneling mobil matic selanjutnya, yaitu L atau sering disebut dengan Low. Selain itu, kode L atau Low pada persneling mobil matic ini juga bisa disamakan dengan kode angka 1. Selain itu, arti dari L pada transmisi mobil matic ini berguna untuk memerintahkan mesin dengan menggunakan gigi rendah atau membatasi di gigi 1 saja.

Supaya lebih kuat melaju, biasanya para pengguna mobil matic bisa menggunakan persneling gigi L. Dengan menggunakan persneling tersebut bisa melibas tanjakan curam dan panjang.

Sehingga, untuk mesin mobil bisa mendapatkan torsi yang cukup besar di saat jalanan tanjakan. Begitupun juga untuk turunan yang sangat curam sangat disarankan menggunakan persneling matic L atau 1.

Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diingat di sata sudah mencapai jalanan yang landai atau tanjakan usai. Lebih baik sesegera mungkin untuk menyesuaikan persneling tersebut yang sesuai dengan mesin.

Salah satu alasan kenapa hal tersebut harus dilakukan supaya bisa mencegah terjadinya tekanan berat pada sistem transmisi. Selain itu, ketiak tidak sesegera mungkin dilakukan perpindahan bisa merusak pada beberapa komponen mesin di dalamnya.

M (Manual)

Kode persneling mobil matic M ini hanya bisa ditemukan pada beberapa tipe mobil saja. Untuk salah satu tipe mobil yang mempunyai kode persneling dengan kode M adalah Chevrolet.

Biasanya, untuk letak dari transmisi kode M ini berada di bawah D. Sedangkan, arti dari persneling M adalah manual. Sehingga, ketika tuas persneling sudah diserahkan ke kode M. Maka, untuk mobil bisa bekerja seperti mobil manual yang ada keterangan speed giginya. Selain itu, di dalam kondisi manua, untuk menaikkan gigi Anda harus memindahkan posisi pada kode +/-.

S (Second)

Arti persneling mobil matic yang satu ini hanya dipergunakan pada saat mobil membutuhkan akselerasi lebih gesit atau ingin mendahului kendaraan lainnya. Selain itu, untuk persneling S ini juga bisa dipergunakan dalam meningkatkan kecepatan di dalam waktu yang sangat amat singkat.

Pada umumnya pabrikan mobil yang mempunyai setelah kode persneling S ini hanya bisa aktif pada posisi tinggi. Sehingga, dengan hal tersebut bisa menyebabkan rasio mesin bisa menjadi lebih cepat dan baik.

Kode persneling mobil matic yang satu ini sama seperti angka 2. Artinya untuk kode perseneling tersebut hanya bisa dipergunakan pada kondisi jalanan sedang menanjak sangat terjal. Sedangkan, untuk Anda yang juga berada di kondisi jalanan turunan sangat disarankan memindahkan posisi persneling ke S.

Shift Lock

Kode Shift Lock pada mobil dengan transmisi matic ini sudah ada sejak lama. Selain itu, fungsi dari Shift Lock ini sebagai pengunci tuas pada transmisi mobil matic. Bahkan, kode yang satu ini juga untuk melakukan pergeseran pada persneling P ke N.

Perubahan ini tetap bisa dilakukan, meski keadaan mobil sudah mati atau tidak dihidupkan. Shift Lock juga mempunyai fungsi di saat mobil sedang diparkirkan secara paralel. Artinya, mesin dalam kondisi mati masih tetap bisa didorong.

Fitur yang satu ini sering juga dipergunakan di saat mobil sedang diparkirkan secara paralel. Sehingga, untuk pihak pengatur parkir juga bisa memindahkan dengan cara mendorong mobil tersebut.

Pentingnya Perawatan Persneling Mobil

Supaya bisa mendapatkan kondisi persneling mobil matic yang sehat dan responsif tetap membutuhkan perawatan. Untuk melakukan perawatan mobil dengan persneling matic ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan begitu saja.

Artinya, untuk Anda yang ingin melakukan perbaikan bisa memilih bengkel yang sudah benar-benar ahli dalam bidangnya. Sehingga, dengan hal tersebut juga bisa membuat para pemilik mobil merasa puas dengan semua hasil yang diberikan oleh bengkel tersebut.

Pilih juga salah satu bengkel yang sudah mempunyai reputasi baik. Jangan sampai kesalahan dalam pemilihan bengkel, karena bisa memberikan dampak buruk di kemudian hari.

Dalam hal ini, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI.

DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau hubungi disini. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk memperbaiki transmisi mobil matic Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Penutup

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai perihal Arti persneling mobil matic. Semoga, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang ingin berkendara mobil transmisi matic.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.