3 Penyebab Kerusakan Engine Mounting Transmisi Mobil Matic

Penyebab Kerusakan Engine Mounting Transmisi

Sebagai pemilik mobil matic, kalian harus mengetahui pada  bahwa engine mounting pada transmisi, bisa terjadi kerusakan.

Nah yang jadi pertanyaan apa saja Tanda dan Penyebabnya dari kerusakan engine mounting transmisi? Simak disini.

Sebelum kita bahas lebih dalam, Engine mounting adalah sekumpulan komponen yang bertugas untuk menjaga posisi dan stabilitas mesin serta transmisi di dalam kendaraan.

Dengan adanya engine mounting yang baik, mesin dan transmisi dapat bekerja secara optimal tanpa mengalami gesekan berlebihan atau getaran yang merugikan.

Jika engine mounting mengalami kerusakan, maka stabilitas kendaraan kita bisa terganggu.

Saat mesin bekerja, getaran dan guncangan yang dihasilkan dapat merambat ke seluruh kendaraan.

Nah, engine mounting berfungsi untuk meredam getaran tersebut sehingga pengemudi dan penumpang tetap merasa nyaman saat berkendara.

Penyebab Kerusakan Engine Mounting Transmisi

Kami sudah rangkum tanda dan penyebab kerusakan engine mounting transmisi.

Getaran berlebihan

Kok tiba-tiba mobil jadi terasa berbeda ya saat kita berkendara? Gejala yang sering muncul adalah getaran berlebihan saat mesin hidup, terutama saat mobil berhenti atau mesin sedang idle.

Selain itu, ketika kita menginjak pedal gas atau rem, kita mungkin merasakan getaran yang tidak biasa. Jika kamu merasakan hal ini, jangan anggap remeh ya.

Muncul Suara Kasar

Jika terdengar suara berderak atau berdentang saat mobil melintas di jalan yang kasar, itu bisa menjadi indikasi bahwa engine mounting mengalami masalah.

Jika mobil terasa lebih ‘bergeser’ atau tidak stabil saat berbelok atau saat kita berakselerasi, itu juga bisa menjadi tanda adanya kerusakan pada komponen ini.

Baca Juga: 5 Penyebab Transmisi Bunyi Krek & Cara Mengatasinya

Beban yang berlebih

Penyebab kerusakan dari Engine Mounting Transmisi yaitu beban berlebih atau gaya torsi yang terlalu besar pada mesin dan transmisi.

Misalnya, jika sering membawa beban yang melebihi kapasitas kendaraan atau sering mengangkut barang berat, hal ini dapat memberikan tekanan berlebih pada engine mounting.

Selain itu, tindakan berbelok dengan kecepatan tinggi atau berhenti secara mendadak juga dapat memicu pergeseran yang merusak komponen ini.

Saat mobil melintasi jalan bergelombang, berlubang, atau dengan permukaan yang tidak rata, getaran dan guncangan yang ditransmisikan ke mesin bisa menyebabkan tekanan ekstra pada engine mounting.

Lama kelamaan, hal ini dapat merusak struktur komponen dan mengganggu kinerjanya.

Selain kerusakan Engine Mounting Transmisi bisa rusak karena usia, Semakin tua komponen ini, semakin besar kemungkinan terjadinya keausan dan penurunan kinerja.

Selain itu, tingkat pemeliharaan yang kurang optimal juga dapat mempercepat kerusakan. Oleh karena itu, rutinlah melakukan pemeriksaan dan perawatan untuk menjaga kesehatan engine mounting kita.

Kerusakan pada Engine Mounting Transmisi tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, hal ini dapat berdampak lebih luas pada transmisi dan komponen lainnya.

Getaran yang tidak terkontrol dapat merusak gigi-gigi pada transmisi, menyebabkan kinerja transmisi menjadi tidak optimal dan bahkan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Solusi dari kerusakan Engine Mounting Transmisi adalah kamu bisa membawa kendaraan anda ke bengkel spesialis mobil matic.

Domo Tranmsisi yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta  Utara, siap memperbaiki kendaraan anda.

Kerusakan yang terjadi pada komponen transmisi seperti engine mounting dan lainnya tidak boleh diabaikan. Hal ini harus segera mungkin untuk ditangani oleh teknisi yang berpengalaman, kamu bisa datang ke Bengkel Kami.

Tidak ingin antre? Kamu bisa melakukan reservasi melalui WhatsApp pada nomor 0882.1244.0591. Jika kamu tidak membawa uang tunai, tenang bengkel kami siap menerima pembayaran melalui debit atau QRIS.

Datang ke Domo Transmisi merupakan jawaban yang tepat untuk perbaikan kendaraan matic anda.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.