Penyebab dan Solusi Setir Mobil Terasa Berat

Service Mobil Matic Surabaya – Mengemudi adalah pengalaman yang harus nyaman dan aman. Salah satu aspek penting dari kenyamanan mengemudi adalah kemudahan dalam memutar setir mobil. Namun, ada kalanya kita merasa setir mobil menjadi berat dan sulit untuk diputar. Hal ini tidak hanya mengganggu kenyamanan, tetapi juga bisa berpotensi membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang.

Setir mobil terasa berat ketika diputar sebenarnya memiliki banyak penyebab, sehingga solusi penanganannya juga bisa berbeda beda. Maka dari itu, mengidentifikasi penyebab adalah langkah pertama yang bisa diambil untuk melakukan penanganan yang tepat.

 

Penyebab Setir Mobil Berat

Sebelum memutuskan untuk memberikan penanganan terhadap setir mobil yang terasa berat ketika diputar, sebaiknya kenali lebih dulu beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan hal tersebut seperti

1. Ban Mobil Kempes

Ban yang kempes bisa membuat setir mobil menjadi berat. Hal ini disebabkan karena ban yang tidak memiliki tekanan udara yang cukup akan menyebabkan gesekan yang lebih besar dengan permukaan jalan, sehingga memerlukan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan mobil. Oleh karena itu, selalu periksa tekanan ban Anda secara berkala dan pastikan selalu dalam kondisi yang ideal.

2. Oli Power Steering Habis

Oli power steering berfungsi untuk membantu menggerakkan setir mobil. Jika oli ini habis, maka akan sulit untuk menggerakkan setir. Oleh karena itu, selalu periksa dan pastikan bahwa oli power steering Anda selalu dalam kondisi yang baik dan cukup.

3. Pompa Oli Power Steering yang Mampet

Pompa oli power steering yang mampet juga bisa menjadi penyebab setir mobil berat. Pompa ini berfungsi untuk memompa oli power steering ke sistem kemudi. Jika pompa ini mampet, maka oli tidak akan bisa mengalir dengan baik, sehingga akan sulit untuk menggerakkan setir. Oleh karena itu, selalu periksa dan pastikan bahwa pompa oli power steering Anda bekerja dengan baik.

4. Power Steering Belt Rusak

Belt power steering yang rusak bisa menyebabkan setir mobil berat. Belt ini berfungsi untuk menggerakkan pompa oli power steering. Jika belt ini rusak, maka pompa tidak akan bisa bekerja dengan baik, sehingga akan sulit untuk menggerakkan setir. Oleh karena itu, selalu periksa dan pastikan bahwa belt power steering Anda dalam kondisi yang baik.

5. Rack Steer Terkendala

Rack steer yang terkendala bisa menyebabkan setir mobil berat. Rack steer ini berfungsi untuk mengubah gerakan memutar dari setir menjadi gerakan linear yang akan menggerakkan roda. Jika rack steer ini terkendala, maka setir akan menjadi berat.

Baca juga Bengkel Spesialis Mobil Nissan Juke Surabaya

Mengatasi Penyebab Setir Mobil Berat

Setelah memahami faktor penyebab dari setir yang terasa berat, maka berikut penanganan yang bisa dilakukan.

1. Cek Tekanan Angin Ban

Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan anjuran pabrikan. Tekanan angin yang tidak sesuai bisa membuat setir mobil berat. Anda bisa mengecek tekanan angin ban di bengkel terdekat atau menggunakan alat pengecek tekanan angin ban.

2. Periksa Sistem Suspensi

Sistem suspensi yang tidak bekerja dengan baik bisa membuat setir mobil berat. Pastikan semua komponen dalam sistem suspensi dalam kondisi baik. Anda bisa melakukan ini dengan membawa mobil Anda ke bengkel untuk melakukan pengecekan rutin.

3. Cek Cairan Power Steering

Pastikan cairan power steering tidak habis dan dalam kondisi baik. Ganti cairan ini jika sudah kotor atau habis. Anda bisa melakukan ini sendiri atau membawa mobil Anda ke bengkel.

4. Posisi Roda yang Tidak Sejajar (Toe Misalignment)

Posisi roda yang tidak sejajar bisa membuat setir mobil berat. Pastikan posisi roda sejajar untuk menghindari setir yang berat. 

5. Kunjungi Bengkel DOMO Transmisi

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan setir mobil masih berat, sebaiknya kunjungi bengkel DOMO Transmisi untuk melakukan pengecekan dan penanganan yang tepat. DOMO Transmisi merupakan spesialis mobil untuk mengatasi berbagai masalah pada mobil anda. Info lengkap silahkan hubungi nomor kontak yang tersedia.

Dengan memahami penyebab dan solusi dari setir mobil yang berat, Anda bisa mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya dan menjaga kenyamanan Anda saat mengemudi. Selalu lakukan perawatan rutin pada mobil Anda untuk mencegah masalah lain terjadi. 

Mas Zul

Mas Zul

Mas Zul

Mas Zul