4 Penyebab CVT Berisik pada Mobil Matic, Solusi Terbaik

Penyebab CVT Berisik

Apakah kalian pernah mendengar bunyi berisik yang berasal dari transmisi mobil Anda? Jika ya, kemungkinan besar bunyi tersebut berasal dari sistem CVT (Continuously Variable Transmission) pada mobil kalian.

Penyebab CVT berisik yang tidak normal dapat menjadi tanda adanya gangguan pada transmisi mobil Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memahami penyebab bunyi CVT dan mencari solusi yang tepat untuk mengembalikan kualitas berkendara Anda.

Bunyi yang terdapat pada CVT kalian tidak bisa disepelekan atau ditunda perbaikannya, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang merembet pada komponen lainnya.

Penyebab CVT Berisik Pada Mobil Matic

Kali ini kami akan menginformasikan penyebab CVT Berisik yang terjadi pada Mobil Matic kalian, Apa sajakah itu? Simak disini.

Oli yang Kurang dan Kotor

Pelumas yang tidak mencukupi atau terkontaminasi dengan kotoran dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan dalam transmisi CVT.

Hal ini dapat menghasilkan bunyi gemeretak atau berderit saat mobil bergerak. Menjaga tingkat pelumas yang tepat dan melakukan penggantian rutin pelumas dapat menjadi salah satu penyebab CVT  berisik yang tidak normal.

Baca Disini: Sebab dan Akibat Oli Transmisi Mobil Matik Cepat Berkurang

Komponen yang Minta Diganti dan Rusak

Komponen internal CVT, seperti sabuk atau rol, dapat mengalami keausan atau kerusakan akibat penggunaan yang intensif atau pemakaian yang tidak tepat.

Ketika komponen ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, dapat muncul bunyi CVT yang tidak normal, seperti desisan atau berdecit. Pemeriksaan dan perbaikan rutin pada komponen CVT dapat membantu menghindari gangguan ini.

Tegangan Sabuk CVT yang Tidak Tepat

Tegangan sabuk CVT yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik juga dapat menyebabkan bunyi CVT yang tidak normal.

Jika sabuk terlalu kencang atau terlalu longgar, dapat muncul bunyi yang mencolok saat mobil berakselerasi atau berpindah gigi. .

Mengatur tegangan sabuk CVT dengan benar melalui prosedur yang ditentukan oleh produsen mobil sangat penting untuk menghindari masalah ini. Hal ini dapat menjadi salah satu Penyebab CVT berisik.

Kualitas Bahan Oli yang Buruk

Penggunaan pelumas transmisi CVT yang tidak sesuai atau berkualitas rendah dapat menyebabkan gesekan berlebihan dan menghasilkan bunyi yang tidak normal. .

Penting untuk menggunakan pelumas transmisi CVT yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda untuk memastikan kualitas pelumasan yang optimal dan mencegah timbulnya bunyi yang tidak diinginkan.

Baca juga: Pemilik Kendaraan Wajib Tahu! Ini Langkah-langkah Mengganti Oli Transmisi Mobil

Sekarang kalian sudah mengetahui apa saja penyebab bunyi pada CVT Mobil, untuk mengatasi bunyi pada CVT Mobil, Kami aja juga memberikan informasinya, Simak ulasan berikut.

Solusi mengatasi Bunyi Pada CVT Mobil Matic

 

Kalian akan mengetahui cara mengatasi bunyi berisik yang terjadi pada CVT Mobil Matic, Jangan lupa share artikel ini ya.

Periksa Oli Transmisi 

Pastikan tingkat oli  CVT berada dalam rentang yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Jika tingkat oli  terlalu rendah, tambahkan oli  yang sesuai.

Namun, jika oli  terlihat kotor atau tercemar, sebaiknya lakukan penggantian pelumas secara keseluruhan.

Periksa Tegangan Sabuk CVT

Pastikan tegangan sabuk CVT berada dalam spesifikasi yang ditentukan oleh produsen mobil.

Jika tegangannya terlalu kencang atau terlalu longgar, sesuaikan tegangan sabuk dengan benar. Ini dapat membantu mengurangi bunyi yang disebabkan oleh gesekan yang tidak tepat.

Periksa dan Ganti Filter

Filter CVT memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan kinerja transmisi. Periksa filter CVT secara berkala dan gantilah jika ditemukan kotoran atau penyumbatan.

Filter yang kotor dapat mengganggu aliran pelumas dan menyebabkan bunyi yang tidak normal.

Lakukan Perawatan Rutin

Selalu ikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Melakukan perawatan rutin seperti pergantian pelumas, pemeriksaan komponen, dan penyetelan yang diperlukan dapat membantu mencegah atau mengatasi masalah bunyi pada CVT mobil matic.

Mengingat bahwa Penyebab CVT berisik memiliki permasalahan yang berbeda-beda, oleh karena itu penting untuk membawa mobil kalian ke bengkel yang tepat yaitu Domo Transmisi.

Domo Transmisi bengkel spesialis Mobil Matic akan memperbaiki kendala dan kerusakan yang ada pada kendaraan roda 4 matic, jangan khawatir setiap pengerjaan overhaul akan bergaransi selama 6 bulan atau sekitar 20.000 km.

Tidak usah panik jika terjadi kerusakan pada Mobil Matic kalian, tinggal bawa ke Domo Transmisi yang berada di  Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Jangan mengabaikan Penyebab CVT Berisik pada kendaraan kalian, Pasti bisa ditangani dengan tepat, jika kalian ingin melakukan konsultasi dan  reservasi silahkan hubungi admin melalui 0882_1244_0591 atau klik disini.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.