6 Penyebab Valve Body Mobil Matic Rusak, Jangan Sepelekan

Valve Body Mobil Matic Rusak

Salah satu komponen terpenting dalam transmisi mobil matic adalah valve body. Lalu apa Valve Body Mobil Matic Rusak?

Komponen ini merupakan pusat kendali transmisi, dan berperan pentingnya dalam mengoptimalkan kinerja transmisi mobil matic.

Valve body merupakan komponen dalam transmisi mobil matic. Secara fisik, valve body terdapat di dalam transmisi dan berfungsi sebagai pusat kendali yang mengatur aliran oli hidraulik dan perpindahan gigi dalam transmisi.

Selain itu kalian juga harus memahami Valve body terdiri dari berbagai katup, saluran, dan perangkat  yang bekerja secara sinergis untuk mengatur tekanan dan mengarahkan aliran fluida, memungkinkan perpindahan gigi yang tepat dan lancar.

Setelah memahami valve body, kali ini kita akan membahas apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan pada valve body.

Penyebab Valve Body Mobil Matic Rusak

 

Jangan disepelekan, kalian harus memahami Valve Body Mobil Matic Rusak, Simak disini

Kotoran dalam Oli Transmisi

Kotoran atau kontaminan yang masuk ke dalam sistem transmisi, seperti partikel logam, kerak, atau debu, dapat mengganggu aliran fluida dan menyebabkan kerusakan pada katup dan saluran di dalam valve body.

Kotoran atau kerak ini dapat menghambat pergerakan oli dan menyebabkan tidak lancar aliran oli  transmisi atau bahkan menyebabkan kegagalan fungsi valve body.

Oli Transmisi yang Kurang

Salah satu penyebab Valve Body Mobil Matic Rusak yaitu oli transmisi yang kurang, karena ini sangat fatal atau berbahaya bagi kompone ini.

Jika kurangnya pelumasan atau pemeliharaan yang tidak tepat dilakukan, dapat menyebabkan gesekan berlebihan, keausan, dan akhirnya kerusakan pada katup dan komponen valve body.

Baca juga: Pentingnya Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Overheat

Suhu yang tinggi dalam transmisi mobil dapat menyebabkan overheating pada valve body. Pemanasan berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada komponen katup atau segel, yang pada akhirnya mengganggu kinerja valve body dan menyebabkan masalah seperti perpindahan gigi yang tidak lancar atau terhambat.

Gangguan Elektronik

Valve body pada transmisi mobil matic modern juga memiliki komponen elektronik yang sensitif terhadap gangguan listrik atau kesalahan dalam sistem kontrol elektronik.

Pergeseran tegangan yang tidak stabil, korsleting, atau kerusakan pada kabel atau konektor elektronik dapat merusak komponen elektronik valve body dan mengganggu fungsi transmisi secara keseluruhan.

Umur Penggunaan

Seiring dengan penggunaan yang terus-menerus, valve body dapat mengalami keausan dan penurunan kinerja seiring berjalannya waktu.

Meskipun ini adalah kondisi normal, tetapi pemeliharaan yang kurang atau penundaan perawatan dapat mempercepat keausan valve body.

Kerusakan Mekanis

Kesalahan saat melakukan pemasangan  valve body atau kerusakan mekanis yang terjadi selama perawatan atau perbaikan transmisi dapat menyebabkan kerusakan pada komponen valve body. Hal ini dapat mengganggu aliran oli dan kinerja valve body secara keseluruhan.

Nah sekarang kalian udah tau penyebab kerusakan pada Valve Body Transmisi mobil kalian, Apakah kalian mengalami kerusakan? Atau kalian secara tidak sadar mengalami kerusakan, tapi malah mengabaikannya.

Tenang kalian tidak usah panik kami sarankan untuk membawa mobil matic kalian  ke Domo Transmisi. Domo Transmisi akan memperbaiki kendala dan masalah Transmisi yang ada pada kendaraan matic kamu, perbaikan valve body dapat diperbaiki dengan tepat, tentunya harga disini sangat terjangkau.

Kalian bisa langsung datang ke  Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250. Tidak ingin antre? atau mau reservasi? Bisa hubungi admin melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau klik disini.

Penutup

Setelah kalian memahami Valve Body, kerusakan pada Valve Body Transmisi Mobil Matic tidak bisa disepelekan, menunda perbaikan sama saja dengan mengeluarkan biaya yang lebih. Mobil kalian akan mengalami, Gangguan Perpindahan Gigi, Kerusakan pada valve body dapat mengganggu perpindahan gigi yang mulus dan tepat pada transmisi mobil matic.

Kerusakan pada Komponen Elektronik, Pada transmisi mobil matic modern, valve body terintegrasi dengan sistem kontrol elektronik. Dan dapat menyebabkan Ketidakstabilan Aliran Fluida, Valve body bertanggung jawab untuk mengatur aliran fluida hidraulik dalam transmisi. Maka dari jangan sepelekan kerusakan pada valve body dan jangan lupa  membawa kendaraan anda ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.