Sebab dan Akibat Oli Transmisi Mobil Matik Cepat Berkurang

Sebab dan Akibat Oli Transmisi Mobil Matik Cepat Berkurang

Penyebab dari oli transmisi mobil matik cepat berkurang biasanya adalah karena kebocoran. Kebocoran yang terjadi pada mobil matic ini juga disebabkan oleh beberapa hal. Sebagai seorang pemilik mobil, maka sebaiknya Anda tahu tentang apa saja yang menyebabkan kebocoran ini. Hal ini tentunya karena oli transmisi yang bocor akan bisa menyebabkan beberapa masalah pada mobil.

Penyebab Oli Transmisi Mobil Matik Cepat Berkurang

Permasalahan Akibat Oli Transmisi Kurang

Terlebih lagi, oli transmisi merupakan bagian yang penting dalam mobil. Dimana oli ini bukan hanya sebagai pelumas mesin. Tetapi juga berfungsi untuk untuk menjaga Keausan dari komponen transmisi. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab dari oli transmisi mobil matic cepat berkurang? Berikut adalah penjelasannya.

  1. Adanya Kerusakan pada Gasket

Faktor pertama yang menjadi penyebab dari oli transmisi cepat berkurang adalah gasket atau seal karet yang rusak. Seal karet pada mobil merupakan komponen yang bertindak sebagai sebuah perapat. Dimana seal ini akan menahan diri oli transmisi mobil agar tidak keluar. Karena berfungsi untuk menahan atau menyaring dari oli transmisi, maka seal mobil ini juga rentan mengalami kerusakan.

Terlebih lagi, jika oli transmisi mobil ini sudah sangat kotor. Maka, akan ada kemungkinan terdapat kotoran yang menyangkut dan menyebabkan kerusakan. Selain dengan seal mobil, gasket yang sudah dipakai terlalu lama juga akan mengalami getas. Dimana hal ini tentunya akan bisa menyebabkan terjadinya kebocoran yang menyebabkan oli dari transmisi mobil matik berkurang dengan cepat.

Tetapi, meskipun begitu Anda tidak perlu merasa terlalu khawatir. Hal ini karena seal karet dan gasket yang sudah rusak karena terlalu lama dipakai ini bisa diganti. Sehingga apabila terjadi masalah ini, Anda bisa langsung mengganti komponen ini dengan yang baru untuk mengatasi masalah yang ada.

  1. Kondisi Oli Transmisi yang Kotor

Penyebab selanjutnya dari oli transmisi mobil matik cepat berkurang ini adalah karena oli transmisi yang terlalu kotor. Hal yang perlu Anda ketahui adalah, di dalam sebuah transmisi otomatis, komponen ini memiliki banyak sekali pelat dan juga roda gigi yang saling bergesekan. Dimana pada gesekan yang terjadi antara pelat dan roda gigi ini.

Komponen transmisi akan menghasilkan sebuah gram besi yang bisa terbawa oleh oli transmisi sampai dengan ke bagian filter oli. Apabila oli dari transmisi mobil ini sudah terlalu kotor. Maka, filter dari oli transmisi ini tidak akan bisa lagi menampung kotoran tersebut. Sehingga, hal ini akan menyebabkan gram besi yang terbawa oleh oli tersebut akan terus bersirkulasi. Hingga akhirnya, gram besi ini akan sampai ke bagian seal mobil dan kemudian menggosok.

Apabila kejadian seperti ini terus berlanjut dan kemudian berulang. Hal ini tentunya akan bisa menyebabkan seal mobil robek dan kemudian terjadi kebocoran. Oli yang merembes keluar dari bagian transmisi apabila dibiarkan akan bisa membuat oli transmisi mobil matik cepat berkurang.

Untuk itu, maka Anda perlukan untuk melakukan ganti oli secara rutin. Lakukan ganti oli setelah 6 bulan pemakaian agar tidak lagi tetapi kebocoran.

Baca Juga: Ketahui Tanda-tanda Oli Transmisi Kotor

  1. Masalah pada Baut Pembuangan Oli

Selain dari dua hal yang sudah disebutkan di atas terkait dari penyebab oli transmisi mobil matik cepat berkurang, ada pula penyebab yang lainnya yang membuat oli transmisi ini menjadi bocor dan cepat berkurang. Penyebab selanjutnya adalah dari baut pembuangan oli itu sendiri. Kondisi dari baut pada bagian pembuangan oli tidak terpasang dengan rapat atau bahkan mengalami retak.

Hal ini akan menyebabkan terjadinya sebuah kobocoran pada oli transmisi. Pada kebocoran yang terjadi ini, jika tidak segera ditangani dengan tepat. Tentunya akan bisa membuat oli transmisi mobil matik cepat berkurang. Kebocoran yang terjadi disebabkan oleh baut pembuangan oli ini biasanya terjadi karena pemasangan baut yang kurang teliti.

Baut yang terpasang pun akan kurang rapat. Apabila mobil Anda mengalami kondisi yang seperti ini. Maka, Anda perlu melakukan penggantian baut yang terdapat pada bagian pembuangan oli. Lihat juga, apakah terjadi kerusakan lainnya pada bagian ulit baut atau tidak.

  1. Mobil Mengalami Benturan

Penyebab selanjutnya dari oli transmisi mobil matik cepat berkurang adalah sebuah benturan. Apabila pada mobil yang memiliki transmisi otomatis mengalami sebuah kebocoran, hal ini dapat membuat oli transmisi mobil matik cepat berkurang. Ada kemungkinan kebocoran ini disebabkan karena sebuah benturan yang keras. Apabila mobil Anda pernah mengalami sebuah benturan yang sangat keras dibagian ban depan mobil. Maka, ada kemungkinannya bahwa benturan ini akan membuat oli transmisi pada mobil mengalami kebocoran.

Hal ini disebabkan karena, benturan yang terjadi dapat mendorong as roda depan mobil ke arah transmisi berada. Bukan hanya pada bagian ban depan, tetapi benturan pada bagian kolong mobil pun juga bisa menyebabkan kebocoran apabila mengenai bak dari oli transmisi. Karena benturan yang keras tersebut, kemungkinan bak dari oli transmisi akan ikut terkena tekanan yang menyebabkan kebocoran.

Masalah yang Dialami Jika Oli Transmisi Berkurang Drastis

Masalah yang Dialami Jika Oli Transmisi Berkurang Drastis

Setelah mengetahui tentang penyebab dari oli transmisi mobil matik cepat berkurang. Selanjutnya Anda juga harus tahu apa masalah yang bisa ditimbulkan akibat dari permasalahan ini. Hal ini tentunya bertujuan agar Anda lebih waspada dan tidak menganggap sepele tentang oli transmisi. Karena, kebocoran oli transmisi yang terus dibiarkan akan bisa menyebabkan sebuah kerusakan pada komponen mobil.

  1. Timbul Suara Berisik yang Mengganggu

Beberapa masalah yang akan terjadi apabila oli berkurang yang pertama adalah mobil yang mengeluarkan suara berisik. Oli Transmisi yang berperan sebagai pelumas mesin, apabila berkurang akan bisa menimbulkan terjadinya suara yang tidak nyaman. Suara ini timbul karena gesekan kasar yang terjadi antar mesin yang kemudian menimbulkan suara yang tidak nyaman. Selain dengan munculnya suara yang tidak nyaman pada mobil, oli transmisi yang berkurang juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan.

  1. Kerusakan Total Mobil Akibat Oli Transmisi

Oli transmisi memang memiliki peran yang sangat penting. Oleh karenanya, apabila terjadi masalah pada oli ini. Secara otomatis, akan ada banyak komponen yang terdampak. Terlebih lagi jika sampai oli transmisi berkurang dalam jumlah banyak, hal ini akan bisa menyebabkan sebuah kerusakan total pada mobil.

Mungkin, pada awalnya oli transmisi yang berkurang ini terlihat tidak memiliki efek apapun. Tetapi, apabila hal ini dibiarkan secara terus menerus dan berulang. Efek kerusakan yang terjadi akan semakin parah. Yang paling fatal adalah, kerusakan yang terjadi pada satu komponen akan bisa mempengaruhi komponen lain. Sehingga, kerusakan beruntun yang parah tak bisa terelakkan.

Siaga Penanganan saat Oli Transmisi Mobil Matik Cepat Berkurang

Untuk menghindari hal-hal tak menyenangkan saat oli transmisi mobil matik cepat berkurang, maka melakukan servis transmisi mobil secara rutin pada mobil perlu dilakukan. Anda harus rutin membawa mobil Anda ke bengkel spesialis transmisi terpercaya. Karena permasalahan pada oli transmisi ini cukup krusial dan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah dan merembet ke komponen transmisi lainnya.

Adapun bengkel spesialis transmisi mobil terpercaya yang bisa Anda pilih saat oli transmisi mobil matik cepat berkurang adalah DOMO Transmisi. Layanan terbaru perawatan dan perbaikan sistem transmisi mobil dari Dokter Mobil ini telah melalui riset dan pengembangan yang teruji, penanganannya menggunakan peralatan berteknologi canggih serta ditangani teknisi yang ahli, sehingga kualitas layanan perawatan dan perbaikan transmisi di DOMO Transmisi sudah terjamin kualitasnya.

Untuk konsultasi lebih lanjut seputar permasalahan oli transmisi mobil matik cepat berkurang, reservasi layanan DOMO Transmisi melalui WhatsApp pada nomor 088212440591 atau hubungi disini. atau kunjungi langsung cabang Dokter Mobil untuk konsultasi secara langsung seputar permasalahan yang ada pada sistem transmisi mobil kesayangan Anda.

Penutup

Inilah informasi lengkap seputar penyebab oli transmisi mobil matik cepat berkurang, dampak yang ditimbulkannya, hingga penanganan tepat saat permasalahan ini terjadi yakni dengan melakukan service di bengkel spesialis transmisi terpercaya, DOMO Transmisi. Pastikan agar selalu memperhatikan kondisi oli transmisi mobil Anda, karena kerusakan pada oli transmisi justru dapat mengganggu keseluruhan kinerja transmisi mobil Anda.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.