Sering Alami Transmisi Matic Nyangkut? Simak 4 Penyebab Utamanya

Transmisi Matic Nyangkut

Pemilik mobil matic pasti sering mengalami transmisi matic nyangkut atau macet sewaktu digunakan. Kasus tuas transmisi mobil yang nyangkut memang lazim dan sering terjadi, tidak hanya pada mobil manua, tetapi mobil matic juga. Perpindahan tuas transmisi memang tidak selalu lancar, ada beberapa kondisi tuas mengalami kendala, baik itu tuas yang sulit digerakkan atau dikenal dengan nyangkul. Tuas baru akan berpindah sesaat setelah pengemudi menekan tombol shift lock.

Penyebab Transmisi Matic Nyangkut

Penyebab Transmisi Matic Nyangkut

Penyebab transmisi matic nyangkut memang beragam dengan banyak alasan, baik dari dalam berupa kerusakan meisn mobil atau justru kelalaian pengemudi. Indikasi tuas transmisi yang sulit merespon cepat atau nyangkut ini banyak terjadi, namun masih banyak juga pengguna belum mengetahui penyebab dari masalah ini. Sehingga melalui artikel ini akan kami paparkan beberapa penyebab transmisi mengalami nyangkut.

Kurangnya Volume Oli Transmisi

Memang keberadaan mobil matic tengah menjadi banyak perhatian. Semua merek mpbil besar dunia, mulai dari pengambilan tema sporty, classy, hingga mobil keluarga berkapasitas besar. Tentunya banyaknya pemakai mobi matic perlu dipertanyakan mengenai seberapa mengerti kondisi mobil matic, terlebih pada perawatan komponen mobil seperti oli transmisi.

Oli trasmisi memiliki peran yang cukup penting dalam menghalau transmisi matic nyangkut. Senyawa kandungan dalam oli akan menjadi pelumas sekaligus pendingin suhu mesin. Mesin yang mengalami overheat akan didinginkan dengan keberadaam mesin transmisi ini. Begitupun dengan kinerja mesin yang akan lebih mudah dengan adanya pelumas. Mesin juga lebih halus karena tidak ada gesekan antar mesin yang berpotensi membuat mesin menjadi aus.

Pelumas oli memang menjadi poin penting dalam menjalankan kendaraan, terlebih jika oli mengering karena meminta pengisian ulang atau justru menumpuk kotoran karena tidak pernah diganti. Jelas kondisi ini tidak baik untuk mobil matic. Beberapa komponen dapat terhenti karena aus, akibatnya kinerja mesin menjadi lebih cepat rusak.

Senyawa yang terkandung dalam oli akan berubah sesuai dengan pemakaian. Sehingga perlu daya lubrikasi yang berkutang. Jika daya lubrikais oli berkurang apa yang terjadi pada Anda? Komponen yang paling pantas dalam berdesekan antar mesin ini dengan penggunaan oli. Namun jika oli lubrikasi ini berkurang, dapat dipastikan akan pembukaan partikel dan serpihan kotoran, sehingga muncul endapan yang semakin lama akan merusak penyimpanan dari oli dan membuat oli ini terecer.

Baca Juga: Faktor Penyebab Kerusakan pada Oli Transmisi

Kerusakan pada Kawat Shift Lock

Penggunaan shift lock menjadi komponen penting dalam perpindahan tuas transmisi mobil. Peran shift lock dalam transmisi bekerja hanya ketika kunci kontak dicabut. Rangkaian mekanikal shift lock sendiri akan bekerja sendiri dengan kawat yang berhubungan dengan kunci kontak dan transmisi tuas mobil matic. Transmisi akan bergantung pada kawat shift ini.

Jika terjadi keruskaan pada kawat shift dapat menyebabkan transmisi matic nyangkut secara tidak langsung. Hal ini dikarenakan kawat dapat bergeser atau bahkan patah. Sehingga perlu adanya perbaikan segera. Pengemudi harus mengenali dan melakukan pengecekan rutin untuk memastikan bahwa kawa shift lock bekerja dengan baik.

Kompas Kopling Rusak

Penyebab transmisi matic nyangkut ketika mobil bertransmisi matik nyatanya juga menggunakan kompas kopling sebagaimana pada transmisi manual. Komaps kopling ini juga memungkinkan untuk rusak sebagaimana pada transmisi mobil manual. Untuk kampas kopling transmisi matic bentuknya berbeda dan telah terendam oli transmisi matic. Kemudian jika telah habis dapat dipastikan menjadi awalan masalah dalam transmisi matic nyangkut.

Kampas yang rusak membuat akselerasi mobil seketika melambat, kemudian membuat segala perintah berjalan dengan adanya waktu jeda atau delay. Tentu mengemudi dengan kondisi seperti ini jelas menganggu. Terlebih ditambah dengan beberapa suara mesin yang muncul secara kasar di sekitar transmisi matic membuat komponen lanjutan dari kompas ikut terganggu dan akhirnya rusak.

Sebagaimana kompas kopling yang habis atau termakan permukaan membuat gram besi dalam oli transmisi membuat komponen lainnya juga ikutan tusak. Terlebih jika oli yang bercampur itu telah mengendap dan mengandung banyak kotoran. Pastinya akan membuat kerusakan pada mesin dan berakhir pada transmisi matic nyangkut.

Shift Rem Bermasalah

Penyebab transmisi matic nyangkut kedua yang sering ditemukan adalah switch rem yang bermasalah. Kondisi ini mengakibatkan switch rem tidak ikut menekan ketika pedal rem diinjak. Akibatnya terjadi kondisi dimana dari transmisi matic gagal dilakukan. Tentu inii bermasalah dalam transmisi matic nyangkut. Karena rem juga menjadi penentu mobil dapat bergerak lancar. Pengemudi perlu juga melakukan pengecekan pada komponen shift rem ini.

Cara paling mudah untuk mengetahui jika shift rem mengalami masalah, adalah dengan melihat cara lampu rem. Jika lampu pada rem menyala dapat dipastikan bahwa shift rem maslh berfungsi dengan baik. Namun jika lampu rem tidak bernyala, bisa jadi ada masalah pada switch rem mobil. Pengemudi perlu untuk mengganti shift rem atau melakukan perbaikan pada bengkel terdekat.

Switch Rem Kotor

Hampir sama dengan penyebab transmisi matic nyangkut kedua, pada permasalahan ketiga ini lebih menyasar pada shift rem yang kotor. Salah satu penyebab transmisi matic nyangkut pada switch rem yang kotor dari endapan kerak yang bisa mengaggu kinerjanya. Kerak pada komponen swutch rem dapat berasal dari kotoran ataupun sisa oli yang telah menampuk dan mengendap.

Jika mobil terparkir dalam waktu yang lama, tidak pernah digunakan, ataupun sekedar dipanaskan dapat dipastikan akan pengendapan oli semakin menumpuk. Bahkan kerak pada mobil pasti juga menebal. Pada kondisi ini dapat dipastikan switch rem terganggu, sehingga ada baiknya untuk segera dibawa ke bengkel. Mobil yang telah lama dipergunakan akan mengendap dan terjadi penurunan kinerja mesin.

Pemanasan mobil setiap pagi memang sangat penting untuk memelihara kualitas mesin dalam mobil. Pemanasan ini berfungsi untuk sisa kotoran tidak lagi menumpuk. Kemudian pembersihan kerak dan penggantian oli juga harus menjadi perharian pengemudi dan pemilik kendaraan untuk bisa terhindar dari transmisi matic nyangkut. Karena semakin lama mobil tidak dipergunakan, maka akan semakin susah dinyalakan kembali.

Gearbox Rusak

Penyebab terkahir dari transmisi matic nyangkut bisa jadi dari gearboc yang telah rusak. Kerusakan ini membuat gearbox yang biasanya berasal dari kabel yang terputus atau lapisan pelindung kabel yang terkelipas. Jika gearbox menjadi penyebab dari tuas transmisi susah dipindahkan maka sangat diperlukan untuk menghubungi bengkel resmi dan melakukan pengecekan berkala.

Pada dasarnya transmisi pada mobil matic akan berhubungan dengan gearbox. Gearbox memiliki jaringan mesin yang berkaitan dengan transmisi dan gigi mobil. Jika salah satu jaringan dalam gearbox mengalami gangguan, maka akan sangat mungkin transmisi matic nyangkut. Sehingga perlu adanya perawatan khusus mengenai komponen penting ini.

Dalam mengurangi resiko transmisi matic nyangkut pengemudi perlu melakukan pemeriksaan kendaraan secara berkala. Terlebih pada pemerikasaan oli rutin, harus benar-benar diperhatikan. Oli mobil matic harus mengalami pergantian setiap 25000 hingga 3000 KM atau sekitar 6 bulan hingga 12 bulan. Pemilik mobil tidak boleh melakukan penggantian oli di luar batasan tersebut, karena dapat dipastikan kerak atau kotoran pada oli telah menumpuk banyak.

Pastikan pula untuk melakukan perawatan transmisi mobil secara rutin di bengkel mobil terpercaya, seperti DOMO Transmisi dari Dokter Mobil.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top