Kenali Apa Itu Italian Tune Up pada Mobil

Italian Tune Up pada Mobil

Bagi pengguna kendaraan, mungkin anda bertanya-tanya mengenai Apa itu Italian Tune Up pada Mobil.

Tune Up dengan metode menginjak gas ini mudah dipraktekan dan mudah dilakukan oleh anda, tentu bisa mencobanya ketika anda dirumah.

Apa Itu Italian Tune Up pada Mobil

 Italian Tune Up pada Mobil sudah dikenal lama, metode ini untuk membersihkan dan meningkatkan performa mobil dengan cara meningkatkan rotasi per menit (RPM) pada saat dijalan raya.

Cara ini dapat membantu untuk membersihkan kerak pada karbon di ruang bakar dan meningkatkan akselerasi dan menghemat bensin.

Tune up pada Mobil Matic dan Manual harus dilakukan secara berkala, hal ini untuk menjaga performa tetap optimal.

Baca Disini: Pentingnya dan Manfaat Tune Up Mobil Matic Secara Berkala

Cara Melakukan Italian Tune Up

 

  • Panaskan Mesin, langkah pertama melakukan Italian Tune Up pada Mobil  adalah anda sudah memanaskan mesin mobil, pastikan mesin mobil sudah mencapai suhu kerja ideal.
  • Cari Jalanan Kosong, Anda bisa mencari jalanan lurus dan kosong tanpa ada hambatan, seperti jalanan tol atau jalan raya yang lenggang, pastikan kondisi jalanan aman.
  • Injak Gas, Ketika ingin melakukan Italian Tune Up, anda bisa menginjak gas pertahankan RPM mesin sekitar 3.000 – 4.000 RPm selama 5-10 Detik.
  • Lepaskan Gas, Setelah RPM Mobil sudah mencapai 3000 – 4000 RPM, anda bisa menginjak gas secara perlahan dan biarkan mobil berjalan.

Baca juga: Apa itu RPM Pada Mobil dan Fungsinya

Anda bisa mengulangi langkah 3-4 kali metode ini, secara garis besarnya italian tune up sebuah langkah menginjak gas mobil untuk mengeluarkan kerak yang ada pada ruang bakar.

Tips Melakukan Italian Tune Up

  • Lakukan Italian Tune Up pada Mobil secara berkala, Anda bisa melakukan tune up ini secara berkala agar performa mobil anda tetap optimal.
  • Pastikan Kondisi Oli Cukup, Sebelum melakukan italian tune up anda harus memastikan kondisi oli mesin dan filter oli dalam keadaan baik.
  • Gunakan Bensin yang sesuai, Anda bisa menggunakan bensin sesuai dengan oktan sesuai dengan spesifikasi mobil.
  • Hindari Overheating, Ketika melakukan italian tune up jangan melakukan saat kondisi mobil sedang overheating dan terpenting jangan melakukan italian tune up secara berlebihan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Mobil Matic Overheat, Jangan Diabaikan

Ingat tidak semua mobil direkomendasikan melakukan tune up pada mobil, melakukan italian tune up di jalan yang ramai atau pada bisa membahayakan anda dan pengguna jalan lainnya.

Memang terlihat sederhana, Harus diakui bahwa melakukan Italian Tune up memang murah, namun anda harus melakukannya dengan cara yang benar dan aman untuk menghindari kerusakan pada mesin.

Jika anda ragu melakukan hal ini, anda isa datang ke Bengkel Mobil Matic Terdekat Domo Transmisi untuk melakukan tune up secara tepat dan benar, Teknisi kami akan melakukan pengecekan dan melakukan perawatan pada kendaraan anda.

Jangan sampai anda mengalami penurunan performa pada mobil, namun memilih untuk membiarkan masalah ini, karena hal ini akan mengganggu kenyamanan anda.

Jadi tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi untuk melakukan perawatan dan perbaikan pada mobi matic anda, islahkan hubungi kami melalui WhatsApp disini.

Domo Transmisi ahlinya perbaikan pada mobil matic, jadi anda tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan bersama kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.