Resiko Modifikasi Setir Mobil Matic bagi Transmisi, Jangan disepelekan

Modifikasi Setir Mobil Matic bagi Transmisi

Mungkin bagi sebagian orang, modifkasi setir mobil bertransmisi matic adalah hal biasa, namun di balik itu ada Resiko Modifikasi Setir Mobil Matic bagi Transmisi yang patut Anda waspadai.

Salah satu alasan utama orang memilih memodifikasi setirnya adalah untuk meningkatkan estetika dan keunikan kendaraannya.

Selain itu, banyak orang yang meyakini bahwa penyesuaian setir mobil bertransmisi matic akan memberikan pengalaman berkendara yang nyaman.

Setir Mobil Matic yang lebih ringan membuat pengemudi semakin nyaman, namun di balik layar hal ini berdampak buruk pada komponen transmisi.

Bahayanya Modifikasi Setir Mobil Matic bagi Transmisi

Inilah Resiko jangka panjang Modifikasi Setir Mobil Matic bagi Transmisi.

Masalah Transmisi

Salah satu resiko yang paling serius saat mengganti setir mobil matic adalah kemungkinan terjadinya kerusakan pada komponen transmisi.

Modifikasi  Setir Mobil Matic, terutama yang melibatkan perubahan pada sistem elektronik atau mekanis, dapat menyebabkan transmisi beroperasi lebih keras dari biasanya.

Hal ini dapat menyebabkan keausan pada  komponen transmisi internal  seperti roda gigi, kopling, dll. Saat ini mobil matic modern sudah dilengkapi dengan sistem kendali ECU.

Pergantian setir pada mobil matic dapat mengganggu sinyal antara ECU dan transmisi. Hal ini dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi tidak optimal dan peningkatan konsumsi bahan bakar.

Dampak jangka panjang dari masalah penggantian setir ini bisa sangat parah. Selain biaya perbaikan yang mahal, Anda juga akan kehilangan rasa percaya diri saat berkendara.

Baca Juga: Patut Diperhatikan, Ini 10 Gejala Transmisi Mobil Mengalami Kerusakan

Hilangnya Garansi

Saat Anda memodifikasi setir, kemungkinan besar garansi pabrik kendaraan Anda akan hangus.

Artinya jika terjadi masalah pada transmisi atau komponen lainnya, Anda akan bertanggung jawab atas seluruh biaya perbaikan.

Selain itu, mobil yang dimodifikasi seringkali memiliki nilai jual yang lebih rendah dibandingkan mobil standar.

Jadi Anda tidak hanya kehilangan garansi, tetapi Anda juga kehilangan potensi nilai jual kembali kendaraan Anda di masa depan.

Hilangnya kendali

Penggantian setir yang salah dapat menyebabkan Anda kehilangan kendali atas kendaraan.

Hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan. Misalnya, jika setir terlalu ringan, Anda mungkin  kesulitan bermanuver atau mengerem secara tiba-tiba.

Selain itu, modifikasi yang melibatkan penggantian sistem elektronik dapat menyebabkan kegagalan sistem lain, termasuk rem dan kantung udara. Tentu hal ini sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan Anda dan penumpang lainnya.

Pernahkah Anda mengganti setir transmisi otomatis dan merasa pergantian gigi  tidak berfungsi seperti biasanya? Tenang saja, Anda bisa mendatangi bengkel khusus mobil yaitu Domo Transmisi.

Teknisi kami yang berpengalaman siap mendengarkan keluhan Anda dan mengambil tindakan perbaikan yang sesuai.

Silakan kunjungi bengkel transmisi matic yang beralamat di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa. Gading, Jakarta Utara.

Jika Anda ingin melakukan penggantian suku cadang pada kendaraan bertransmisi matic, Anda perlu berpikir matang-matang agar tidak terjadi kerusakan saat menggunakan kendaraan tersebut.

Tidak ingin mengantri? Atau ingin bertanya terlebih dahulu? Silakan hubungi 0882.1244.0591 (WA).

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.