3 Penyebab Power Steering Mobil Rusak, Simak Disini

Penyebab Power Steering Mobil Rusak

Mungkin saat ini Anda sedang merasakan setir mobil matic yang berat, hal ini  bisa disebabkan oleh Power Steering Mobil Rusak.

Gejala pertama kegagalan power steering seringkali adalah kemudi terasa lebih berat saat berbelok. Hal ini terjadi karena sistem hidrolik yang membantu kemudi mengalami masalah.

Kerusakan power steering akan berdampak langsung pada sistem kemudi Anda. Kemudi akan menjadi lebih berat dan daya tanggap akan berkurang

Apa penyebab dan dampak kerusakan bagi transmisi jika hal ini terjadi? Kami akan membahasnya.

Penyebab Power Steering Mobil  Rusak

Inilah Pemicu Power Steering Mobil rusak, wajib diperhatikan.

Kurangnya Cairan Power Steering

Cairan power steering berfungsi sebagai pelumas dan juga sebagai alat transmisi tekanan hidrolik.

Jika cairan ini berkurang, tekanan yang diperlukan untuk memudahkan putaran kemudi tidak akan tercapai.

Akibatnya, Anda akan merasa setir menjadi lebih berat dan sulit berbelok.

Kurangnya cairan ini tidak hanya membuat setang menjadi lebih berat, tapi juga bisa menyebabkan komponen lain cepat aus.

Cairan yang tidak mencukupi dapat menyebabkan pompa power steering bekerja lebih keras sehingga menyebabkannya lebih cepat aus.

Selain itu, gesekan antar bagian juga akan semakin meningkat sehingga dapat menimbulkan akibat yang serius jika dibiarkan dalam waktu lama.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda bisa melakukan check-up rutin setiap 2-3 bulan sekali atau sesuai anjuran dalam buku manual pemilik mobil Anda.

Hal ini menjadi Pemicu Power Steering Mobil Matic Rusak.

Baca Juga: Cara Ganti Oli Power Steering yang Wajib Anda Ketahui

Masalah pada Pompa Power Steering

Ketika pompa power steering mulai bermasalah, seringkali akan mengeluarkan suara yang keras atau bunyi mendengung, terutama saat Anda menyetir.

Ini tandanya pompa bekerja lebih keras dari biasanya sehingga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Masalah ini sering kali disebabkan oleh pompa yang aus atau cairan power steering yang kotor.

Kotoran ini dapat menyebabkan gesekan yang lebih tinggi sehingga meningkatkan keausan pompa.

Jika tidak ditangani, pompa yang rusak dapat menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti rack and pinion.

Kerusakan Saluran Pipa

Selang yang bocor atau retak dapat menyebabkan cairan power steering bocor. Hal ini akan mempengaruhi kinerja sistem kemudi Anda. Pipa bisa retak karena termakan usia atau terkena benda tajam.

Kerusakan pipa tidak hanya menyebabkan kebocoran cairan, tetapi juga dapat menyebabkan masuknya udara ke dalam sistem.

Memeriksa selang secara berkala dan mengganti selang yang rusak merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Anda juga bisa menambahkan pelindung pipa untuk mencegah kerusakan akibat gesekan atau benturan dengan bagian lain.

Jika power steering rusak, jika dibiarkan saja akan mengakibatkan kerusakan pada transmisi. Apa yang harus kamu tanggung?

Bahaya Kerusakan Power Steering pada Transmisi

  • Kerusakan pada power steering dapat berdampak pada transmisi, pompa power steering yang rusak dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras sehingga suhu mesin dan transmisi meningkat. Overheating atau suhu berlebih pada transmisi merupakan kondisi yang sangat berbahaya. Hal ini dapat menyebabkan keausan cepat pada komponen transmisi dan bahkan menyebabkan kegagalan transmisi total.
  • Respon transmisi lambat, Power steering yang rusak dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras untuk mengimbanginya. Hal ini akan mempengaruhi daya tanggap transmisi, terutama pada kendaraan bertransmisi otomatis yang memerlukan sinkronisasi yang baik antara mesin dan transmisi. Respons transmisi yang buruk akan membuat kendaraan sulit dikendalikan, terutama saat harus berakselerasi cepat atau mengerem secara tiba-tiba. Hal ini sangat berbahaya, apalagi saat Anda sedang bepergian di jalan raya yang memerlukan intervensi cepat.
  • Menyebabkan kerusakan pada bagian lain, Rusaknya suatu bagian seringkali menimbulkan efek domino pada bagian lainnya. Dalam konteks ini, kerusakan power steering jika tidak segera diperbaiki dapat mengakibatkan masalah transmisi yang pada akhirnya dapat merusak komponen lain seperti kopling atau bahkan mesin itu sendiri.

Jika anda mengalami permasalahan kerusakan pada power steering dan berdampak bagi transmisi mobil matic anda, kami sarankan untuk segera datang ke Bengkel Spesialis Matic.

Anda bisa kunjungi Bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa. Gading, Jakarta Utara.

Tidak inginkan permasalahan pada transmisi mobil matic anda ditangani oleh teknisi yang tidak berpengalaman, teknisi kami telah dilengkapi peralatan canggih jadi anda tidak perlu khawatir untuk melakukan perbaikan bersama Domo Transmisi.

Ingin datang tetapi malas antre, silahkan reservasi kedatangan melalui WA dinomor 0882:1244:0591.

Domo Transmisi ahlinya mobil matic sejak 2015, teknisi kami akan mengambil langkah perbaikan sesuai dengan prosedur dan sesuai standar operasional.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.