4 Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan

Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan

Anda pengguna kendaraan bertransmisi otomatis? Pernah mengalami permasalahan Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan?

Tentu saja ini gangguan dan permasalahan yang akan membuat anda panik, apalagi mobil matic anda terbilang masi baru atau tahun muda tetapi sudah mengalami permasalahan ini.

Tetapi tenang saja, kami Domo Transmisi akan memberikan informasi mengenai apa saja penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan, yang terpenting jangan disepelekan jika sudah ada tanda-tanda berikut.

Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan

Penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan

Apa saja pemicu dari Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan, baca rangkuman berikut agar anda tidak terjadi pada kendaraan anda.

Transmisi Mobil Anda Bermasalah

Apabila Oli Transmisi kurang atau sudah gosong, hal ini bisa menjadi penyebab dari permasalahan mobil tidak mau bergerak.

Oli ini akan menyebabkan komponen di dalam transmisi tidak mendapatkan pelumasan yang sesuai.

Selain oli, jika komponen pada dalam transmisi mengalami kerusakan semisal solenoid, torque converter atau gearboxnya, tentu saja akan mengganggu aliran perpindahan gigi anda.

Permasalahan pada bagian transmisi kendaraan anda bisa menjadi penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan.

Kelistrikan Mobil Gangguan

Mobil matic modern telah dilengkapi dengan sistem kelistrikan. Mulai dari sensor-sensor yang berhubungan langsung kepada ECU.

Jika mengalami kerusakan pada komponen ini tentu saja akan menjadi penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan.

Apabila ECU mengalami permasalahan, tentu saja mobil tidak akan beroperasi dengan sesuai, ECU pada mobil perlu di remap atau diganti.

Selain kerusakan pada ECU, jika ada kabel yang putus atau terkelupas pada mobil anda, hal ini juga bisa menjadi penyebab dari masalah ini.

Baca Juga: Cara Deteksi ECU Mobil Rusak, Pernah Alami?

Karena komponen pada mobil matic terutama bagian kelistrikan sangatlah sensitif, penting untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk menghindari permasalahan ini.

Komponen Mobil Mengalami Kerusakan

Selain Transmisi dan kelistrikan pada mobil, kita bahas penyebab Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan yaitu kopling mobil sudah mulai aus.

Karena kopling berperan penting saat melakukan perpindahan gigi, jika kopling mengalami kerusakan mobil tidak akan bergerak meskipun tuas transmisi sudah di posisi D.

Hal ini sering terjadi pada mobil yang sudah berumur atau mobil yagn sering digunakan kondisi pada lalu lintas yang padat.

Selain itu, Drive Shaft dan CV Joint yang menghubungkan transmisi dengan roda, jika komponen ini mengalami kerusakan seperti bengkok, tentu saja hal ini akan menyebabkan Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan.

Masalah pada Roda

Jika roda atau rem pada mobil matic terkunci, hal ini bisa disebabkan karena rem terlalu kencang atau adanya masalah pada pengereman, hal ini dikarenakan mulai dari karat dan kotoran,

Selain masalah pada pengereman, saat bearing roda yang sudah aus atau rusak juga bisa menyebabkan gesekan yang berlebih pada roda, sehingga menghambat pergerak mobil.

Anda bisa mendengarkan suara berisik yang muncul, hal ini bisa menjadi indikator awal adanya masalah pada kendaraan.

Itulah penyebab dari Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan, tentu saja jika anda memilih membiarkan, akan ada efek sampingnya.

  • Kerusakan lebih parah pada transmisi, jika anda memilih membiarkan permasalahan ini, tentu saja komponen yang ada pada transmisi akan mengalami kerusakan lebih parah. Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih besar dan mahal untuk perbaikan ini.
  • Terjadi Kecelakaan, Jangan sampai terjadi pada anda, permasalahan ini bisa terjadi dimana tuas transmisi di D tidak bisa jalan saat di pertigaan jalan, hal ini akan membahayakan anda atau pengguna lainnya.
  • Nilai Jual Mobil Turun, Jika mobil dengan masalah transmisi tidak diperbaiki dan apabila anda ingin menjualnya, tent saja kan membuat mobil matic anda mengalami penurunan harga yang signifikan.

Jika anda sudah mengalami permasalahan Mobil Matic Posisi D Tidak Mau Jalan, anda bisa untuk datang dan melakukan pengecekan bersama bengkel mobil matic terdekat.

Kami menggunakan scanner untuk pengecekan transmisi mobil matic yang akurat, nanti hasil pengecekan dari mobil anda akan dianalisa bersama teknisi kami.

Jika sudah mengalami gangguan atau permasalahan lainnya, silahkan datang ke bengkel kami di Kelapa Gading, Jakarta Utara untuk melakukan perbaikan.

Reservasi melalui Live Chat pada nomor berikut, agar anda tidak terkena antre, Domo Transmisi siap memperbaiki kendaraan anda dengan tepat.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.