5 Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Rpm Rendah

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Rpm Rendah

Sedang mengalami mesin mobil pincang saat RPM Rendah? tentu saja pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penyebab dan solusinya bagi kendaraan anda.

Mesin Mobil Pincang merupakan sebuah pertanda adanya masalah pada kendaraan anda, mungkin anda akan merasakan getaran di seluruh mobil dan semakin terasa saat mobil sedang berhenti atau berjalan.

Penyebab Mesin Mobil Pincang Saat Rpm Rendah

 

Kabel dan Busi yang Rusak

Pada Mobil terdapat Kabel Busi dan Komponen Busi, Jika komponen ini bermasalah bisa mengakibatkan mesin mobil pincang saat RPM Rendah.

Kabel busi yang rusak tidak bisa menghasilkan tegangan yang cukup untuk besi, sehingga percikan api akan lemah

Kemudian busi yang kotor tidak dapat menyebabkan percikan api yang lemah, sehingga pembakaran dalam silinder tidak akan sempurna.

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Kabel Busi Mobil Bocor

Cara Ketahui mesin mobil yang pincang saat RPM rendah

  • Pengecekan Langsung, Anda bisa mmengecek secara langsung kabel busi, apakah ada kabel retak atau terkelupas, periksa apakah kabel busi ada karat, atau kotor.
  • Anda bisa mengecek tes percikan api, lepaskan kabel busi dari busi, jika percikan api lemah atau tidak konsisten, kemungkinan kabel busi bisa rusak.

Coil pada Mobil Rusak

Jika coil pengapian rusak maka tidak dapat menghasilkan tegangan yang sesuai untuk menghasilkan percikan api di busi.

Untuk itu anda bisa melakukan pengecekan secara berkala pada komponen ini mulai dari coil dan komponen pengapian lainnya.

Baca juga: Ini 5 Ciri Koil Mobil Rusak, Jangan Disepelekan

Injector bensin kotor

Apabila Injector bensin kotor hal ini bisa mengakibatkan tersumbat, tentunya bisa mengakibatkan masalah.

Aliran bensin tidak akan lancar, sehingga bisa menyebabkan pembakaran pada mobil tidak sempurna, hal ini bisa mengakibatkan mesin mobil pincang saat rpm rendah.

Baca disini: 6 Pemicu Kerusakan Injector Mobil Matic, Pengaruh Transmisi?

Cara Ketahui Injector Mobil Bermasalah

Jika RPM pincang disebabkan oleh masalah injektor bensin, anda bisa melakukan beberapa langkah.

  • Pastikan tekanan bensin sesuai, anda bisa melihat tekanan besin apa sesuai dengan standart, lakukan tes kompresi mesin mobil untuk memastikannya.
  • Periksa ECU mobil, Jika ECU mengalami gangguan maka bisa menyebababkan berbagai maslaah, anda bisa melakukan pengecekan terhadap ECU.

Tekanan Bensin Rendah

Jika tekanan pada bensin sangat rendah hal ini menyebabkan aliran bensin ke ruang bakar tidak cukup, sehingga pembakaran pada mobil tidak sempurna.

Hal ini termasuk penyebab mesin mobil pincang saat RPM Rendah, jadi anda bisa mencegah hal ini terjadi pada mobil anda.

Sensor pada Mobil Rusak

Jika terdapat kerusakan sensor pada mobil modern, seperi sensor oksigen hal ini dapat memberikan informasi yang tidak akurat.

Mulai dari campuran udara dan bensin kepada ECU, sehingga komputer pada mobil tidak dapat mengatur campuran udara dan bensin dengan tepat, hal ini salah satu penyebab mesin pincang.

Cara Ketahui Penyebab RPM Pincang akibat sensor mobil

  • Periksa Check Engine lampu menyala, Salah satu tanda yang bisa anda perhatikan adalah dari Check Engine mobil yang menyala, ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada sensor.
  • Bensin boros, Kerusakan pada sensor bisa mengakibatkan ECU yang salah memberikan informasi mengenai mesin, sehingga dapat menyebabkan pembakaran tidak sempura.
  • Performa Mobil Lemot, Sensor yang mengalami gangguan bisa mengakibatkan ECU Mobil tidak mengatur campuran udara dan bensin dengna tepat, sehingga akselerasi menjadi lemot.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa melakukan beberapa hal, apa saja yang perlu dilakukan, simak disini.

  • Ganti Busi yang kotor, jika hal ini disebabkan Kabel dan Busi yang Rusak, anda bisa mengganti komponen busi yang kotor, gunakanlah sesuai dengan spesifikasi dan type mobil anda.
  • Bersihkan Injektor Bensin, Apabila mesin mobil pincang disebabkan injektor yang kotor, maka anda bisa membersihkan injektor atau komponen yang berhubungan dengan pembakaran mobil. Lakukan perawatn Rutin, Untuk mencegah masalah ini muncul kembali.

Bagi anda yang memiliki masalah pada mobil matic, anda bisa membawa kendaraan anda ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi, karena kami akan melakukan pengecekan dan perbaikan pada mobil anda.

Penting untuk tidak mengabaikan kerusakan yang terjadi pada mobil anda, segera bawa mobil anda ke bengkel kami untuk dilakukan pengecekan, anda bisa datang ke Bengkel kami yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Reservasikan melalui Whatsapp disini agar anda tidak terkena antre, masalah yang dihadapi oleh anda pasti beres, ayo tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.