Faktor dan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Transmisi Matic

Faktor dan Waktu Untuk Mengganti Oli Transmisi Matic

Mengganti oli transmisi matic adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Bagi setiap pemilik kendaraan roda empat ini, rutin melakukan ganti oli adalah hal yang wajar. Sebab oli memang membutuhkan pergantian secara rutin dan juga berkala untuk menjaga kualitasnya. Alasan lain pemilik mobil perlu melakukan ganti oli mobil secara rutin adalah untuk menjaga performa dari mobil yang dimilikinya.

Dalam melakukan penggantian oli ini, mereka juga memiliki rentan waktu atau jaraknya tersendiri. Ada aturan tersendiri terkait kapan waktu yang tepat dalam mengganti oli mobil. Selain dengan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi matic. Anda juga harus tahu bahwa dalam penggantiannya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi jarak untuk melakukan penggantian.

Berikut ini adalah informasi lengkap seputar faktor apa saja yang mempengaruhi waktu mengganti oli transmisi matic, kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi matic, hingga rekomendasi bengkel spesialis transmisi terbaik di Indonesia untuk konsultasi seputar pergantian oli transmisi matic, yakni DOMO Transmisi, yang bisa Anda simak.

Faktor yang Mempengaruhi Waktu Ganti Oli Transmisi

Faktor yang Mempengaruhi Waktu Mengganti Oli Transmisi Matic

Dalam melakukan proses ganti oli, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi. Dimana hal ini juga akan menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pergantian oli transmisi. Beberapa faktor ini tentunya juga perlu diperhatikan oleh para pemilik mobil, karena hal ini akan mempengaruhi waktu dari pergantian oli. Apakah oli harus diganti dalam waktu dekat, atau justru dalam waktu yang sedikit lebih lama.

Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhi waktu pergantian oli ini?

Mengganti Oli Transmisi Matic Berdasarkan Kondisi Mobil

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan di dalam melakukan ganti oli ini adalah kondisi mobil. Kondisi mobil jelas memiliki peran yang cukup signifikan di dalam pergantian oli. Pada mobil baru dan juga mobil lama sebenarnya memiliki rentan waktu yang sama di dalam mengganti oli. Hal ini karena mobil baik baru ataupun lama memerlukan perawatan yang sama.

Bahkan untuk jenis mobil lama justru akan butuh perawatan yang jauh lebih ekstra. Berbeda dengan mobil baru yang mungkin bisa lebih tahan. Dalam melakukan proses ganti oli, pada mobil baru biasanya akan disarankan setelah menempuh jarak sekitar 10.000 km atau juga bisa dalam waktu sekitar 6 bulan sekali. Sedangkan untuk jenis mobil lama, mungkin Anda bisa melakukan pergantian oli sedikit lebih awal meskipun belum mencapai 10 ribu km.

Mengganti Oli Transmisi Matic Menurut Tipe dari Oli Mobil yang Digunakan

Faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam melakukan ganti oli adalah dari segi tipe oli yang digunakan. Dalam melakukan ganti oli, jarak atau rentan waktu yang dibutuhkan akan berbeda pada jenis oli yang dipakai. Tipe oli mobil ini akan mempengaruhi waktu yang tepat untuk mengganti oli transmisi matic. Pada oli mesin mobil matic sendiri terdapat dua jenis oli yang biasa dipakai.

Oli ini adalah pada tipe ASP 5W-40 dan juga oli tipe ASP 5W-30. Dimana kedua jenis oli ini akan memiliki rentan waktu yang berbeda di dalam melakukan penggantian. Untuk mobil yang menggunakan oli mesin tipe ASP 5W-40, maka Anda perlu melakukan ganti oli jika sudah memasuki jarak tempuh sekitar 15 ribu. Atau dengan kata lain, oli mesin jenis ini akan perlu diganti apabila sudah masuk waktu 2 bulan dari masa pemakaian.

Sedangkan, untuk tipe yang kedua yaitu ASP 5W-30. Waktu pergantian oli sedikit lebih lama dari pada tipe oli yang sebelumnya. Dimana oli tipe ini bisa diganti setelah memasuki jarak tempuh sekitar 25 km atau padq sekitar waktu pemakaian yaitu 3 bulan. Sedangkan untuk melakukan pergantian oli transmisi, maka pergantian olinya adalah sekitar 6 bulan masa pemakaian atau setelah melalui jarak tempuh sejauh 30 ribu km.

Faktor dari Jenis Oli Mobil

Setelah membahas tentang tipe dari oli mobil yang mempengaruhi waktu pergantian oli. Hal selanjutnya yang juga menjadi pertimbangan waktu mengganti oli transmisi matic adalah jenis dari oli yang dipakai. Pada mobil berjenis matic sendiri, terdapat 3 pilihan jenis oli yang bisa digunakan. Pilihan dari jenis oli tersebut adalah oli jenis CVT fluid, oli konvensional, dan dual clutch.

Pada jenis oli CVT fluid atau yang juga dikenal dengan sebutan CVTF. Oli jenis ini sebaiknya hanya digunakan untuk mobil yang memang memiliki jenis transmisi matic CVT. Selain dengan jenis mobil dengan transmisi CVT, oli ini juga digunakan untuk mobil dengan jenis triptonic. Selain dengan jenis itu, maka sebaiknya jangan menggunakan oli jenis CVT fluid ini sembarangan.

Untuk oli jenis CVT fluid atau yang juga disebut CVTF ini, penggantian oli perlu dilakukan jika sudah menempuh jarak sejauh 80 ribu km. Selain dengan menggunakan jarak tempuh tersebut, Anda juga bisa menandainya dengan waktu sekitar 48 bulan pemakaian atau sekitar 2 tahun. Selain dengan oli jenis CVTF yang hanya digunakan untuk dua jenis mobil bertransmisi CVT dan juga triptonic.

Ada juga oli mobil dengan jenis Dual clutch, dimana oli mobil jenis ini biasanya akan digunakan untuk mobil yang merupakan jenis keluaran terbaru. Untuk Oli jenis ini, pergantiannya dilakukan jika sudah mencapai jarak sekitar 20 ribu km. Bisa juga dalam jarak 27 ribu kilometer atau sekitar pemakaian 2 bulan. Hal ini juga akan tergantung pada merk dari jenis oli yang digunakan pada mesin dual clutch.

Sedangkan, untuk oli mobil dengan jenis konvensional ini. Oli ini adalah oli yang sering digunakan pada mobil jenis matic yang ada di Indonesia. Untuk oli mobil dual clutch, maka waktu penggantianya adalah sekitar 10 ribu km sampai dengan 20 ribu km. Lebih tepatnya adalah sekitar 2 bulan dari pemakaian setelah melakukan ganti oli.

Baca Juga: Kapan Ganti Oli Transmisi Mobil Matic?

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Transmisi Matic Secara Umum

Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Transmisi Matic Secara Umum

Untuk melakukan penggantian oli mobil, memang terdapat beberapa faktor yang memengaruhi. Dimana hal ini akan mempengaruhi waktu dari pergantian oli. Tetapi, secara umum pergantian oli ini juga bisa dilakukan dengan patokan jarak tempuh dan waktu yang sama. Dimana meskipun mobil Anda belum mencapai jarak tempuh yang seperti yang dijelaskan, Anda tetap bisa melakukan ganti oli.

Umumnya, ada jarak umum yang bisa digunakan digunakan sebagai patokan untuk mengganti oli. Hal ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak mengerti dengan tipe oli mobil Anda dan jenisnya seperti yang dijelaskan sebelumnya. Secara umum, jarak tempuh yang dianjurkan untuk dilakukan ganti oli adalah setelah 4000 km sampai dengan 6000 km. Jarak ini dijadikan patokan umum karena, pada jarak tempuh ini mobil sudah mulai kehilangan banyak pelumas yang dimilikinya.

Mengganti Oli Berdasarkan Waktu Pemakaian Secara Umum

Selain menggunakan jarak tempuh, waktu untuk mengganti oli transmisi matic yang tepat juga bisa didasarkan pada waktu pemakaian. Secara umum, oli mobil akan butuh waktu sekitar 4 sampai dengan 6 bulan pemakaian. Setelah mencapai waktu tersebut, maka Anda wajib melakukan penggantian oli. Hal ini disebabkan karena oli dari mobil matic yang sudah memasuki waktu pemakaian tersebut akan mulai kotor dan bercampur dengan air hasil dari oksidasi mesin.

Sehingga, apabila sudah memasuki waktu 4-6 bulan. Sebaiknya langsung ganti oli Anda, meskipun belum mencapai jarak tempuh 4 ribu km.

Rekomendasi Tempat Konsultasi dan Perawatan Seputar Oli Transmisi Matic

Sistem transmisi mobil adalah komponen yang cukup riskan mengalami kerusakan jika salah dalam penanganan. Salah satunya adalah penanganan seputar oli transmisi yang memerlukan penanganan cukup teliti, karena jika tidak maka dampaknya kinerja transmisi mobil pun akan berjalan kurang maksimal.

Agar tak salah langkah, pastikan untuk mempercayakan bengkel spesialis transmisi terpercaya dalam mengatasi penggantian oli transmisi matic pada mobil ini. Bengkel spesialis transmisi yang bisa Anda percayakan kualitasnya adalah DOMO Transmisi.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini hadir sebagai bengkel di Indonesia yang khusus untuk mengatasi permasalahan-permasalahan seputar transmisi mobil, salah satunya untuk oli transmisi mobil.

Telah melalui riset dan pengujian yang panjang serta teruji, layanan-layanan di DOMO Transmisi juga menggunakan peralatan berteknologi canggih dan terkini serta ditangani oleh teknisi yang sudah ahli, sehingga kualitas pelayanannya sudah sangat terjamin dalam tuntaskan hingga ke akar permasalahan.

Tertarik berkonsultasi hingga atasi permasalahan seputar oli matic CVT pada mobil kesayangan Anda? Anda bisa hubungi melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini. untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi hingga lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk konsultasi langsung seputar oli matic CVT mobil Anda.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.