Efek Buruk Ganti Oli Transmisi CVT dengan ATF

Ganti Oli Transmisi CVT dengan ATF

Ganti Oli Transmisi merupakan sebuah perawatan pada mobil matic, lalu apa efek samping ganti oli transmisi CVT dengan ATF?

Jika anda pemilik mobil transmisi jenis CVT penting untuk mengetahui apa hal yang akan terjadi, jika tidak ingin mengalami kerusakan pada mobil anda.

Hal yang Terjadi Ganti Oli Transmisi CVT dengan ATF

 

Berbeda dengan Spesifikasi Mobil

Anda mungkin merasakan bahwa Ganti Oli Transmisi CVT dengan ATF merupakan sebuah langkah hemat, perlu diingat setiap tipe transmisi memiliki spesifikasi oli yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mobil anda.

Jika anda mengganti oli CVT dengan ATF hal ini dapat menyebabkan perbedaan dari spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabriakn, hal ini sangat merugikan anda, tranmsisi pada mobil tidak akan berkerja secara optimal.

Terjadi Overheating pada Mobil

Selain berfungsi untuk melumasi bagian yang ada pada transmisi, Oli juga bertugasu ntuk menjaga suhu transmisi tetap optimal.

Saat anda menggunakan ATF pada transmisi CVT, risiko overheating bisa terjadi secara signifikan, ATF tidak dirancang untuk menangani suhu operasinal yang tinggi seperti oli CVT.

Baca Disini: 5 Ciri Ciri Transmisi Matic Overheat yang Sering disepelekan

Efisiensi Bensin Hilang

Performa Transmisi CVT diciptakan bekerja secara halus, jika anda menggunakan oli ATF hal ini dapat menyebabkan penurunan performa secara kesleuruhan.

CVT mengandalkan oli yang khusus untuk mengoptimalkan perpindahan gigi tanpa adanya gangguan, apabila penggunaan oli yang tidak sesuai hal ini akan mengakibatkan perpindahan gigi yanng tidak halus.

Selain itu oli tidak sesuai, gesekan dan keausan pada komponen internal dapat meningkat, mengakibatkan performa yang menurun.

Kerusakan pada Komponen Transmisi

Efek yang paling berbahaya dari penggunaan Oli ATF digunakan pada mobil jenis CVT adalah kerusakan komponen internal transmisi mobil anda.

Oli CVT diciptakan untuk memberikan perlindungan dan pelumasan yang tepat pada komponen mobil anda, Penggunaan ATF dapat mengakibatkan keuasan lebih cepat dan gesekan yang berlebihan.

Baca Disini: 8 Komponen Transmisi yang Wajib diketahui dan dirawat

Jika anda pernah atau sudah terlanjur menggunakan oli transmisi CVT dengan ATF, tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan?

Anda bisa datang ke ahli transmisi, untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap transmisi CVT untuk menghindari kerusakan yang terjadi pada mobil anda.

Jika anda mengalami gangguan atau penurunan performa, penting untuk melaukan pengecekan secara mendalam, guna menghindari kerusakan yang lebih parah, mulai dari sabuk baja, pulley, dan komponen lainnya.

Selain itu anda harus mengguanakan oli yang sesuai dengan oli CVT mobil anda, Domo Transmisi menyarankan untuk melakukan penggantian per 20.000 km.

Bagi anda yang ingin melakukan penggantian oli mobil matic anda, kami sarankan kepada anda untuk datang ke bengkel kami yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Domo Transmisi hanya menggunakan Oli original yaitu 9 Circle dan oli ini cocok untuk ikli, di Indonesia, silahkan datang ke bengkel kami untuk mencobanya, reservasi melalui WhatsApp agar anda tidak terkena antre.

Teknisi kami sangatlah berpengalaman, jadi anda tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan dan perawatan terhadap mobil matic anda.

Hubungi kami melalui CS pada aplikasi WhatsApp pada nomor 0882_1244_0591 atau disini agar saat datang ke bengkel kami anda tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.