Apa Arti Knocking pada Mesin Mobil?

Knocking pada Mesin Mobil

Pernahkah anda saat memutar kunci kotak saat ingin menyalakan kendaraan dan tiba-tiba mendegar suara aneh pada mesin mobil, bisa jadi hal ini disebabkan oleh knocking pada mesin mobil.

Jangan panik, Munculnya ini bisa menjadi tanda masalah pada mesin mobil anda, penting untuk tidak mengabaikannya, simak disini.

Apa itu Knocking pada mesin mobil?

 

Knocking atau suara pada mesin mobil bisa muncul pada saat campuran udara dan bensin di dalam ruang bakar mesin menyala secara sendiri sebelum busi melepaskan api.

Permasalahan ini terdengar seperti ketukan keras yang teratur dan dapat merusak komponen mesin apabila tidak segera ditangani.

Knocking bisa terjadi dan disebabkan beberapa faktor salah satunya penggunaan oktan bensin yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

Apabila knocking pada mesin mobil terus diabaikan, hal ini bisa berakibat fatal pada performa dan umur penggunaan mesin mobil anda.

Baca Disini: Efek Pakai Bensin Tidak Sesuai RON di Mobil Matic

Penyebab Knocking pada Mesin Mobil

Knocking pada meisn mobil bisa terjadi karena penggunaan kualitas bensin yang digunakan pada kendaraan anda, apabila menggunakan oktan yang rendah, maka knocking bisa terjadi.

Kemudian suhu mesin yang menyala tinggi dan tekanan tidak normal bisa menjadi pemicu knocking, penting sebagai pemilik mobil memahami peran penting penggunaan oktan dalam mencegah knocking.

Jika anda mengalami permasalahan Knocking pada mesin mobil, tentu saja kami akan memberikan cara pencegahannya, apa saja yang harus dilakukan?

  • Gunakan Oktan bensin yang Pas, Oktan merupakan ukuran pada bensin, jika penggunaan oktan yang terlalu rendah bisa menyebabkan knocking pada mesin mobil anda.
  • Hindari Beban berlebih, Anda perlu menghindari melakukan akselerasi tiba-tiba atau memaksakan kendaraan berat pada mesin. Selain itu, berkendara dengan kecepatan yang aman dapat membantu mengurangi tekanan pada mesin dan mencegah knocking.
  • Pentingnya melakukan perawatan, Anda harus Melakukan perawatan rutin pada mesin adalah kunci untuk mencegah knocking. Pastikan untuk mengganti oli secara teratur, membersihkan filter udara, dan melakukan pemeriksaan rutin.

Jika anda ingin melakukan perawatan pada mobil matic anda seperti tune up atau anda sudah merasakan penurnan performa, kami sarankan kepada anda untuk datang ke bengkel mobil matic terdekat Domo Transmisi.

Anda bisa datang ke bengkel kami yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Silahkan datang ke bengkel kami untuk melakukan perbaikan pada mobil matic anda, reservasi sekarang juga melalui nomor 0882:1244:0591 atau link disini.

Teknisi kami yang sangat berpengalaman akan melakukan pengecekan dan perbaikan pada mobil matic anda, datanglah ke Domo Transmisi.

Bagi anda yang melakukan overhaul, Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20,000 km, silahkan datang ke bengkel kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.