Ini Dia 7 Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

7 masalah yang sering terjadi pada mobil matic

Mobil dengan transmisi otomatis atau yang sering disebut mobil matic telah menjadi pilihan populer bagi banyak pengendara karena kemudahannya saat dikendarai, terutama di kondisi lalu lintas yang padat dan menanjak.

Namun, seperti halnya semua teknologi, mobil matic juga memiliki potensi masalah yang dapat muncul seiring waktu.

Memahami masalah yang sering terjadi pada mobil matic tidak hanya penting untuk pemilik mobil saat ini tetapi juga bagi calon pembeli yang mungkin mempertimbangkan untuk memilih jenis transmisi ini.

Masalah yang Sering Terjadi pada Mobil Matic

Berikut telah Domo Transmisi siapkan 7 (tujuh) masalah yang sering terjadi pada mobil dengan transmisi otomatis:

1. Transmisi Susah Dipindahkan

Salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil matic adalah transmisi yang susah dipindahkan.

Masalah ini biasanya terjadi karena kurangnya perawatan pada sistem transmisi, seperti penggantian oli transmisi yang tidak dilakukan secara berkala.

Hal ini dapat menyebabkan komponen transmisi bekerja lebih keras dan akhirnya mengalami keausan yang berlebihan, yang membuat transmisi menjadi sulit untuk dipindahkan.

2. Terasa Tersendat Ketika Berpindah Gigi

Mobil matic yang terasa tersendat saat berpindah gigi merupakan masalah lain yang umum dihadapi.

Ini sering terjadi karena adanya masalah pada sistem hidrolik dalam transmisi yang tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh oli transmisi yang sudah kotor atau berkurang volumenya, sehingga perlu dilakukan penggantian atau penambahan oli transmisi.

3. Indikator ‘Check Engine’ Menyala

Indikator ‘check engine’ yang menyala pada dashboard adalah tanda peringatan umum yang menunjukkan adanya masalah pada mobil, termasuk pada mobil matic.

Ketika lampu ini menyala, itu bisa berarti berbagai masalah, mulai dari yang sederhana seperti tutup bensin yang tidak tertutup dengan baik, hingga masalah yang lebih serius pada sistem transmisi atau mesin.

4. Tenaga Mesin Terasa Tertahan

Masalah yang sering terjadi pada mobil matic berikutnya adalah tenaga mesin yang terasa tertahan.

Masalah ini biasanya terkait dengan sistem transmisi yang tidak bekerja dengan efisien, sehingga tenaga dari mesin tidak dapat ditransfer ke roda dengan maksimal.

Ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk oli transmisi yang sudah kotor atau filter transmisi yang tersumbat.

5. Terdapat Getaran dan Raungan Ketika Mobil Berjalan

Getaran dan raungan yang terjadi ketika mobil berjalan bisa menjadi indikasi adanya masalah pada mobil matic.

Getaran ini sering kali disebabkan oleh komponen transmisi yang aus atau rusak, sementara raungan bisa merupakan tanda dari kerusakan pada bearing atau gear dalam transmisi.

Masalah ini memerlukan pemeriksaan dan perbaikan oleh teknisi yang kompeten.

6. Oli Transmisi Bocor

Kebocoran oli transmisi adalah masalah yang cukup sering terjadi pada mobil matic dan dapat menyebabkan berbagai masalah transmisi lainnya jika tidak ditangani dengan segera.

Kebocoran ini bisa terjadi karena seal atau gasket yang rusak, dan mengakibatkan oli transmisi berkurang sehingga kinerja transmisi menjadi tidak optimal.

7. Bahan Bakar Boros

Konsumsi bahan bakar yang boros bisa menjadi salah satu indikasi adanya masalah pada mobil matic.

Hal ini sering terjadi ketika transmisi tidak bekerja dengan efisien, sehingga mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama, yang pada akhirnya meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Baca Juga: 5 Penyebab Transmisi CVT Overheat, Pernah Alami?

Yuk, Rawat dan Jaga Performa Mobil Matic Anda bersama Domo Transmisi!

Domo Transmisi merupakan bengkel spesialis mobil matic yang telah mendapatkan pengakuan melalui sertifikasi ISO 9001:2015, menandakan standar kualitas dan keandalan layanan yang tinggi.

Di Domo Transmisi, kami memahami pentingnya perawatan dan pemeliharaan untuk menjaga performa optimal mobil matic Anda.

Dengan tim teknisi yang berpengalaman dan peralatan canggih, kami siap mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi pada mobil matic, mulai dari transmisi susah dipindahkan, kendala saat berpindah gigi, hingga masalah oli transmisi yang bocor.

Kami berkomitmen untuk menyediakan solusi terbaik yang tidak hanya memperbaiki masalah jangka pendek tapi juga mencegah masalah di masa depan, memastikan mobil Anda selalu dalam kondisi prima.

Yuk, rawat dan jaga performa mobil matic Anda bersama kami, dan rasakan perbedaan dalam performa berkendara Anda bersama Domo Transmisi!

Hubungi kami via WhatsApp di nomor 0822-1244-0591 atau klik link reservasi berikut.

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itu dia beberapa masalah yang sering terjadi pada mobil matic.

Dengan perawatan yang tepat dan perhatian terhadap tanda-tanda peringatan dini, banyak masalah yang umum terjadi pada mobil matic dapat dihindari atau setidaknya diminimalisir.

Penting bagi pemilik mobil matic untuk menjadwalkan servis rutin dan tidak mengabaikan perawatan dasar seperti penggantian oli transmisi dan filter.

Dengan demikian, kinerja mobil dapat dipertahankan dan umur panjang kendaraan dapat dijamin.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.