Pentingnya Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

oli transmisi

Sama seperti oli mesin, oli transmisi juga memiliki sebuah peranan yang sangat penting. Oli ini juga berperan untuk melumaskan komponen yang ada pada kendaraan kita. Oli bahkan juga memiliki sebuah peran yang penting bagi kendaraan.

Bahkan, sebuah oli ini juga membawa sebuah pengaruh yang sangat besar terhadap usia dari sebuah mesin kendaraan, oleh karena itu penting untuk selalu rutin mengganti oli di bagian transmisi ini.

Fungsi Oli Transmisi dan Mengapa Harus Diganti Secara Berkala

Fungsi Oli Transmisi dan Mengapa Harus Diganti Secara Berkala

Pada sebuah oli transmisi, ia memiliki sebuah perbedaan yang cukup signifikan dengan oli mesin mobil dan juga oli matic. Perbedaan ini tentunya juga berpengaruh terhadap fungsi dari oli tersebut.

Karena perbedaan ini juga, kita tidak bisa secara sembarangan dalam mengganti oli tersebut. Lalu, kira-kira apa fungsi dan dampak dari rajin mengganti oli transmisi ini terhadap kendaraan? Berikut adalah penjelasannya

Menjaga Komponen Mesin

Fungsi pertama dan juga alasan kenapa oli pada bagian transmisi mobil perlu diganti adalah karena oli transmisi berfungsi untuk menjaga komponen dari mesin mobil. Mungkin beberapa dari Anda berfikir bahwa oli pada bagian transmisi mobil tidak terlalu penting.

Bahkan, kadang kala ada juga banyak orang yang menyepelekan oli di bagian transmisi ini. Kemudian berfikir bahwa oli transmisi tidak perlu diganti seperti oli mesin.

Tapi nyatanya, baik pada oli mesin ataupun oli pada transmisi juga memiliki fungsi yang sama penting. Sering kali, Anda mungkin mengalami masalah seperti munculnya suara pada mesin.

Suara kasar ini terdengar sangat menggangu, karena itu Anda berasumsi harus mengganti oli mesin tanpa memperhatikan oli pada bagian transmisi. Padahal, yang terjadi sebenarnya bisa saja oli pada bagian transmisi Anda yang kotor.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk juga mengecek oli di bagian transmisi secara rutin dan berkala. Sama seperti saat Anda melakukan pengecekan dan penggantian oli mesin. Lakukan hal yang sama pada bagian transmisi mobil ini.

Karena, dengan Anda rajin mengganti oli pada bagian transmisi, maka mobil Anda akan semakin lancar melakukan gesekan antar komponen, dan mesin pun bisa semakin awet.

Mengganti Oli Transmisi Bisa Membuat Kinerja Mesin Meningkat

Manfaat yang selanjutnya dari rajin melakukan ganti oli pada bagian transmisi adalah dapat membuat kinerja mesin meningkat. Hal ini tentunya sering dirasakan oleh meraka yang selalu melakukan penggantian oli transmisi secara berkala.

Dengan melakukan penggantian rutin dan berkala ini, pastinya Anda akan merasakan performa dari mesin kendaraan Anda akan meningkat. Akan ada sebuah perubahan yang terjadi pada mesin mobil Anda pada saat oli transmisi diganti.

Perubahan itu terjadi dikarenakan zat yang ada pada oli di bagian transmisi menjadi lebih bersih, sehingga akan mampu untuk membuat kinerja dari mesin menjadi seperti baru lagi. Selain itu, zat ini juga akan memuluskan pergerakannya sehingga akan sangat berpengaruh terhadap jalannya dari kendaraan kita.

Tapi sebaliknya, jika oli transmisi pada mobil Anda tidak diganti, itu akan berubah menjadi hitam pekat dan juga kental. Sehingga akan membuat fungsi dasar dari oli tadi yang harusnya bisa menjadi pelumas, menjadi semakin menurun.

Hal ini dikarenakan kualitas dari olinya yang sudah mulai menjadi tidak bagus seiring dengan berjalannya waktu. Contoh dari dampak ini adalah keluarnya asap hitam dari kendaraan Anda, dimana itu bukan lagi hal normal bagi kendaraan.

Apabila mobil Anda sudah mulai keluar asap hitam, artinya ini adalah sebuah tanda jika Anda harus mengganti oli pada bagian transmisi dengan yang baru.

Baca Juga: Wajib Diperhatikan, Ini Waktu Ganti Oli Transmisi Mobil Matic

Mengganti Oli Transmisi Bisa Mencegah Debu atau Kotoran Terkontaminasi pada Mesin

Selain dari dua manfaat yang sudah disebutkan di atas, mengganti oli pada bagian transmisi dengan rutin juga akan menghindarkan mesin dari kontaminasi debu dan kotoran lain. Oli transmisi yang sudah lama tidak diganti, akan berubah menjadi sangat kotor dan juga mengental.

Karena hal tersebut, maka akan bisa mengakibatkan masalah pada komponen bagian dalam transmisi kendaraan. Masalah yang terjadi ini bahkan juga akan bisa menyebabkan sebuah kerusakan. Tentunya hal ini akan terus berlanjut jika tidak segera diganti, dan bisa berubah menjadi sebuah kerusakan berantai.

Oli yang tidak pernah diganti pada bagian transmisi, lama kelamaan akan mengumpulkan debu dan juga berbagai kotoran lain menjadi satu. Debu dan juga berbagai kotoran yang terkumpul ini akan bisa menyebabkan terjadinya lecet pada komponen mesin.

Ini karena gesekan yang ada pada mesin akan menjadi sebuah gesekan kasar yang disebabkan debu juga kotoran. Sehingga, hal ini akan berpotensi menimbulkan karat dan juga goresan pada setiap komponen mesin.

Pergantian Oli Secara Rutin Dapat Mencegah Terjadinya Turun Mesin

Oli transmisi memang memiliki peranan yang sangat besar di dalam mengantisipasi terjadinya turun mesin. Apabila Anda tidak melakukan penggantian oli pada bagian transmisi secara rutin dan berkala.

Maka, besar kemungkinan jika Anda akan mengalami sebuah kendaraan mogok. Mogok dari Kendaraan ini disebabkan oleh komponen yang ada di dalam mesin yang berupa logam yang menjadi sangat kesat dan juga semakin kasar.

Hal inilah yang kemudian menjadi sebuah penyebab dari terjadinya turun mesin atau mogok. Kejadian yang seperti ini tentunya sangat tidak diharapkan bagi setiap pengendara mobil dimanapun Anda berada.

Karena tentu saja, tujuan dari berkendara adalah agar sebuah perjalanan yang Anda lakukan lancar tanpa adanya gangguan dan bisa lebih cepat sampai pada tujuan. Sehingga terjadinya sebuah mogok mesin ini jelas menjadi hal yang sangat menggangu.

Jadi sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti di atas, sebaiknya Anda harus segera melakukan penggantian oli transmisi mobil Anda secara berkala. Hal ini tentunya agar tidak terjadi sebuah kerusakan pada mesin transmisi mobil Anda.

Entah masalah itu terjadi karena penyumbatan pada sistem transmisi, ataupun masalah seperti mendapatkan tenaga kendaraan yang jauh berkurang dari biasanya. Terlebih lagi, jika permasalahan tersebut sampai merusak komponen mobil Anda dan menjadikannya kerusakan bersantai, hal ini jelas sangat tidak Anda inginkan bukan.

Selain dikarenakan biaya servis dan perbaikan yang sangat mahal, ini juga akan busa menghambat Anda dalam melakukan perjalanan menggunakan mobil Anda untuk berbagai kegiatan. Untuk itu, penting sekali untuk selalu melakukan perawatan rutin dan mengganti oli secara berkala.

Ganti Oli dan Servis Transmisi Mobil di Bengkel Spesialis Transmisi Terpercaya

Selain rutin melakukan ganti oli, melakukan servis juga tidak kalah pentingnya. Hal ini karena mesin mobil juga butuh sebuah perawatan agar bisa bekerja maksimal. Untuk itu, Anda harus sering menservis mobil Anda di bengkel spesialis terpercaya agar kondisi mobil selalu optimal, seperti di DOMO Transmisi dari Dokter Mobil.

Layanan terbaru dari Dokter Mobil ini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882_1244_0591 atau klik disini.  untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk mencoba langsung layanan dari DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.