5 Penyebab Transmisi CVT Overheat, Pernah Alami?

Transmisi CVT Overheat

Jika anda pernah mengalami Transmisi CVT Overheat, tentu saja harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya dengan tepat.

Transmisi CVT yang gampang panas memang memberikan dampak yang buruk bagi komponen mobil anda, tentu saja hal ini bisa merusak sabuk baja.

Penyebab Transmisi CVT Overheat

 

1. Oli Transmisi yang Kurang

Salah satu penyebab overheating pada Transmisi CVT adalah kurangnya oli. Oli tidak hanya sebagai pelumas, tetapi sebagai pelindung untuk mencegah suhu transmisi naik secara berlebihan.

Oli transmisi yang kurang akan mengakibatkan panas juga berkurang dan meningkatkan risiko terjadinya panas berlebih.

Pentingnya melakukan pengecekan rutin secara berkala dan gantinya sesuai dengan jadwal pemeliharaan.

Baca Juga: Permasalahan Akibat Oli Transmisi Kurang

2. Penggunaan berlebihan

CVT dirancang untuk memberikan gigi yang mulus, jika menggunakan secara berlebihan seperti membawa beban berlebih dan berkendara di tanjakan hal ini dapat meningkatkan tekanan pada transmisi dan mengakibatkan overheating.

Beban berlebihan hal ini dapat membuat transmisi bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang berlebih, penting untuk menghindari ini.

3. Radiator yang tidak berfungsi

Radiator yang tidak berfungsi dengan baik hal ini bisa menjadi penyebab overheat pada transmisi.

Komponen ini mengatur suhu transmisi dan mencegah peningkatan suhu yang berlebihan, anda bisa melakukan pengecekan terhadap komponen radiator.

Baca Disini: Bahaya Radiator Mobil Matic Rusak, Efek Bagi Transmisi

4. Tidak melakukan perawatan

Pemeliharaan yang tidak pas atau tidak teratur hal ini dapat mengakibatkan transmisi CVT overheat.

Perawatan teratur untuk memastikan komponen tetap optimal, hal ini termasuk komponen yang terlibat mulai dari radiator dan oli.

Jika tidak dilakukan perawatan, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya overheating secara siginifikan.

5. Penggunaan oli yang tidak sesuai

Jika anda salah menggunakan oli bagi transmisi CVT. Hal ini dapat mengakibatkan overheating pada komponen CVT.

Oli yang tidak tepat dapat mengunrangi kemampuannya melumasi dan pendinginan mobil, hal ini dapat mengakibatkan gesekan yang berlebih.

Selain itu, komponen itnernal transmisi cvt yang mengalami kerusakan atau aus, tentu bisa mengakibatkan gesekan yang berlebih, dan tentunya overheat bisa terjadi.

Bahaya Transmisi CVT Overheat Dibiarkan

  • Kerusakan lebih parah, jika anda mengalami overheat, hal ini bisa mengalami kerusakan pada sabuk cvt, katrol, dan bearing, hal ini dapat mengakibatkan kegagalan transmisi secara keseluruhan, membutuhkan biaya perbaikan signifikan.
  • Bensin jadi boros, Overheating yang terjadi maka dapat mengakibatkan oli transmisi mengalami pengurangan dan melumasi komponen cvt dengan baik.
  • Terjadi Kecelakaan, Transmisi CVT mengalami overheating. dapat mennngalami kegagalan tiba-tiba dan mengakibatkan hilang kendali.

Jangan sampai terjadi pada kendaraan anda, jika sudah mengalami tanda-tanda di atas atau mengalami permasalahan overheat, penting untuk segera melakukan pengecekan.

Karena dengan mengetahui sedini mungkin, permasalahan yang terjadi pada mobil CVT bisa mencegah kerusakan sebelum semakin parah, anda bisa datang ke bengkel kami yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dengan datang ke Bengkel kami, kerusakan atau gangguan yang dialami oleh mobil anda bisa diatasi bersama teknisi yang berpengalaman, sebelum datang kami sarankan untuk melakukan reservasi melalui WhatsApp pada nomor disini.

Domo Transmisi siap memperbaiki mobil anda, dan kami memberikan garansi 6 bulan atau setara dengan 20.000 km bagi anda yang melakukan perbaikan overhaul bersama kami.

Tunggu apalagi, jika anda sudah mengalami gangguan pada mobil CVT, jangan sampai menunda perbaikan karena ini sangat merugikan finasial anda.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.