Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza Gen 3

Bengkel Mobil Matic Surabaya – Toyota Avanza Gen 3 adalah salah satu mobil yang cukup populer di Indonesia. Selain dikarenakan harganya yang bersahabat, toyota avanza juga dilengkapi dengan fitur yang mampu memenuhi kebutuhan rata rata para pengguna mobil. Namun meski demikian, toyota avanza tidak jauh berbeda dengan jenis mobil lainnya, dimana dibalik keunggulannya pasti ada kekurangan tersendiri. Hal inilah yang patut menjadi pertimbangan bagi anda yang hendak menjadikan sebagai mobil kesayangan anda. Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa kelebihan serta kekurangan dari mobil toyota avanza.

 

Keunggulan Toyota Avanza di Kelasnya

Toyota Avanza Gen 3 memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat bagi banyak orang. Berikut adalah enam keunggulan utama dari Toyota Avanza Gen 3

Jaringan Toyota Avanza Sangat Luas

Toyota memiliki jaringan dealer dan bengkel resmi yang luas di seluruh Indonesia, memudahkan pemilik Avanza dalam hal perawatan dan servis.

Mempunyai Desain Simpel dan Stylish

Desain eksterior dan interior Avanza Gen 3 cukup simpel namun tetap stylish, cocok untuk berbagai kalangan.

Mobil Keluarga yang Sejati

Dengan kapasitas penumpang yang luas, Avanza menjadi pilihan yang tepat untuk mobil keluarga.

Mempunyai Harga Jual Stabil

Harga jual kembali (resale value) Avanza cukup tinggi, menjadikannya investasi yang baik.

Dapat Mengakomodasi Kebutuhan Masyarakat Indonesia

Dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, Avanza mampu memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Mempunyai Biaya Perawatan Terjangkau

Biaya servis dan perawatan Avanza tergolong ekonomis, menjadikannya pilihan yang ekonomis untuk pemiliknya.

 

Kekurangan Toyota Avanza

Meskipun memiliki banyak keunggulan, Toyota Avanza Gen 3 juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah tujuh kekurangan utama dari Toyota Avanza

Ban Gampang Benjol

Menurut pendapat dari beberapa pengguna mobil avanza, mereka kerap menjumpai masalah  ban yang gampang benjol. Hal ini sebenarnya bisa dikarenakan kondisi medan dengan kualitas ban yang kurang bagus.

Glodakan Saat Melewati Jalan Rusak

Beberapa pengguna melaporkan juga kerap kali  adanya suara glodakan saat melewati jalan yang rusak atau tidak rata. Hal ini mungkin disebabkan oleh suspensi yang kurang optimal.

Transmisi Manual Terasa Lemot

Ada juga beberapa pengguna mobil avanza yang mengeluhkan jika mengalami masalah transmisi manual Avanza terasa lemot. Hal ini mungkin disebabkan oleh karakteristik transmisi manual itu sendiri.

Transmisi CVT Muncul Hentakan

Meskipun tidak seberapa, kadang kadang ada juga pengguna melaporkan adanya hentakan saat menggunakan transmisi CVT. Hal ini mungkin disebabkan oleh karakteristik transmisi CVT itu sendiri.

Suara Ngelitik Saat Menanjak

Beberapa pengguna melaporkan adanya suara ngelitik saat menanjak. Hal ini mungkin disebabkan oleh kondisi mesin atau transmisi.

Boros Ban Depan dan Kaki-kaki Rentan Bermasalah

Ada juga yang mengeluhkan jika ban depan Avanza cenderung cepat habis dan komponen kaki-kaki rentan bermasalah. Hal ini mungkin disebabkan oleh karakteristik desain atau penggunaan mobil.

Secara umum, masalah yang dirasakan para pengguna avanza ini biasanya terjadi ketika seiring bertambahnya usia pakai dari kendaraan tersebut. Sehingga ada kemungkinan jika hal tersebut terjadi dikarenakan faktor usia saja. Maka dari itulah perawatan itu penting.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan SUV Nyentrik Nissan Juke

Spesifikasi Teknis Toyota Avanza Gen 3

Dimensi

Toyota Avanza Gen 3 memiliki dimensi yang cukup luas, dengan panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 2.750 mm, dan jarak ke tanahnya adalah 205 mm. Ukuran roda yang digunakan adalah 195/60 R16, dan kapasitas tangki BBM-nya adalah 43 liter. Dengan dimensi dan spesifikasi ini, Toyota Avanza Gen 3 menawarkan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara.

Mesin

Toyota Avanza Gen 3 dilengkapi dengan dua tipe mesin, yaitu 1NR-VE DOHC with Dual VVT-i dan 2NR-VE DOHC with Dual VVT-i. Isi silindernya adalah 1.329 cc dan 1.496 cc dengan jumlah silinder sebanyak 4. Daya maksimum yang dapat dihasilkan adalah 98 PS @6.000 rpm dan 106 PS @6.000 rpm, dengan torsi maksimum 121 Nm @4.200 rpm dan 137 Nm @4.200 rpm. Dengan spesifikasi mesin ini, Toyota Avanza Gen 3 menawarkan performa yang optimal dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Sasis

Toyota Avanza Gen 3 dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut, dan suspensi belakangnya menggunakan Torsion-Beam. Rem depan menggunakan 15’Disc dan rem belakang menggunakan Drum. Dengan spesifikasi sasis ini, Toyota Avanza Gen 3 menawarkan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari Toyota Avanza Gen 3 yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda ketika hendak membelinya. Namun apapun pilihan mobil yang akan anda pilih, pastikan jika fitur keunggulannya menjadi kebutuhan anda, dan apapun masalah pada kendaraan anda, pastikan untuk membawanya ke DOMO Transmisi yang merupakan ahli perawatan dan penanganan masalah mobil.

Mas Zul

Mas Zul

Mas Zul

Mas Zul