Penyebab Suara Ngelitik di Mobil Avanza

Bengkel Mobil Matic Surabaya – Mobil Avanza, yang diproduksi oleh Toyota, adalah salah satu mobil yang paling populer di Indonesia. Namun, beberapa pemilik mungkin pernah mengalami suara ngelitik saat menanjak atau saat menginjak gas. Suara ini bisa sangat mengganggu dan bisa menjadi tanda adanya masalah pada mobil. Lalu, apa sebenarnya yang membuat mobil yang satu ini menimbulkan suara tersebut? Berikut penjelasannya.

 

Penyebab Suara Ngelitik di Mobil Avanza Saat Menanjak

Tidak hanya avanza, merk mobil lain pun sebenarnya bisa mengalami suara berisik yang keluar dari bagian mesin ketika melewati jalan yang menanjak, nah hal ini bisa dipicu oleh beberapa penyebab seperti

Penumpukan Kotoran pada Saringan BBM

Saringan bahan bakar bertugas untuk menyaring kotoran yang mungkin ada dalam bahan bakar sebelum masuk ke mesin. Jika terjadi penumpukan kotoran pada saringan ini, aliran bahan bakar ke mesin bisa terhambat. Hal ini bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan menghasilkan suara ngelitik.

Pembakaran yang Tidak Sempurna

Pembakaran yang tidak sempurna di dalam mesin bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti campuran udara dan bahan bakar yang tidak tepat, busi yang sudah aus, atau timing pengapian yang salah. Hal ini bisa menghasilkan suara ngelitik.

Masalah di Transmisi

Transmisi adalah komponen yang bertugas untuk mentransfer tenaga dari mesin ke roda. Jika ada masalah pada transmisi, seperti gigi yang aus atau oli transmisi yang kotor, bisa menyebabkan suara ngelitik, terutama saat menanjak.

Salah Pilih Bahan Bakar

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin bisa menyebabkan suara ngelitik. Misalnya, jika mesin dirancang untuk menggunakan bensin dengan oktan tinggi, tetapi Anda menggunakan bensin dengan oktan rendah, bisa menyebabkan knocking pada mesin.

Filter Udara Kotor

Filter udara bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke mesin. Jika filter ini kotor, aliran udara ke mesin bisa terhambat, yang bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan menghasilkan suara ngelitik.

Panasnya Temperatur Mesin

Temperatur mesin yang terlalu panas bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk suara ngelitik. Hal ini bisa disebabkan oleh sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik, seperti radiator yang bocor atau pompa air yang rusak.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza Gen 3

Saat Menginjak Gas

Beda halnya jika suara ngelitik keluar jika digas yang  meskipun tidak melewati jalan yang menanjak. Hal ini bisa disebabkan beberapa faktor seperti

Damper Pulley Oleng

Damper pulley adalah komponen yang bertugas untuk meredam getaran pada mesin. Jika pulley ini oleng, bisa menyebabkan getaran yang berlebihan pada mesin, yang bisa menghasilkan suara ngelitik.

Bantalan Crankshaft Aus

Crankshaft adalah komponen yang mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan putar. Bantalan crankshaft yang aus bisa menyebabkan crankshaft bergetar, yang bisa menghasilkan suara ngelitik.

Oli Belum Naik

Jika oli belum naik ke bagian atas mesin saat pertama kali menghidupkan mesin, bisa menyebabkan suara ngelitik. Hal ini karena komponen-komponen di bagian atas mesin belum mendapatkan pelumasan yang cukup.

Rantai Kendur

Rantai di dalam mesin bertugas untuk menggerakkan beberapa komponen, seperti camshaft dan crankshaft. Jika rantai ini kendur, bisa menyebabkan suara ngelitik, terutama saat menginjak gas.

Auto Klep Lemah

Auto klep adalah komponen yang bertugas untuk membuka dan menutup klep. Jika auto klep ini melemah, bisa menyebabkan suara ngelitik.

Celah Katup Terlalu Lebar

Celah katup yang terlalu lebar bisa menyebabkan suara ngelitik. Hal ini karena katup tidak bisa menutup dengan sempurna, yang bisa menyebabkan kebocoran kompresi.

Shim/Lifter Aus

Shim atau lifter adalah komponen yang bertugas untuk mengatur celah katup. Jika shim atau lifter ini aus, bisa menyebabkan suara ngelitik.

Flange Flywheel Lemah

Flange flywheel adalah komponen yang bertugas untuk menghubungkan mesin dengan transmisi. Jika flange ini lemah, bisa menyebabkan suara ngelitik.

Engine Knocking

Engine knocking adalah kondisi di mana bahan bakar di dalam silinder mesin terbakar secara tidak sempurna. Kondisi ini bisa menyebabkan suara ngelitik.

Nah  itulah beberapa penyebab mengapa pada mobil avanza mengeluarkan suara ngelitik. Jika mobil anda mengalami masalah tersebut, datang dan bawalah ke DOMO Transmisi dan masalah akan teratasi oleh ahlinya.

Mas Zul

Mas Zul

Mas Zul

Mas Zul