Fungsi Relay Starter pada Mobil

Fungsi Relay Starter pada Mobil

Relay Starter merupakan komponen elektrik yang menghubungi antara aki dengan starter mobil.

Lantas apa fungsi relay starter pada mobil matic? Relay diciptakan untuk mengalirkan arus listrik dari aki ke starter mobil saat anda menyalakan kunci kotak.

Jika relay starter mengalami kerusakan, stater pada mobil tidak akan mendapatkan listrik yang sesuai.

Relay starter memastikan bahwa motor starter mendapatkan arus listrik yang cukup untuk memulai proses pembakaran di dalam mesin.

Fungsi Relay Starter pada Mobil Matic

Inilah beberapa Fungsi Relay Starter pada Mobil Matic, wajib kalian ketahui/

1. Relay Mengalirkan Listrik Dengan Cepat

Mobil matic membutuhkan respons yang cepat saat proses starter.
Relay pada mobil matic berperan sangat penting, jika mengalami delay sedikit dalam proses pengapian hal ini dapat menyebabkan masalah pada transmisi.

Oleh karena itu, relay starter padam mobil matic harus bekerja dengan baik, hal ini untuk memastikan bahwa arus listrik yang dialirkan ke starter mobil sesuai dengan yang dibutuhkan.

Baca Juga: Penyebab Kelistrikan Transmisi Mobil Matic Rusak

2. Fitur Keamanan

Salah satu keunggulan mobil matic adalah fitur keamanannya.

Relay starter pada mobil matic dilengkapi dengan sensor khusus yang memastikan bahwa mobil hanya bisa distart jika transmisi berada pada mode Park (P) atau Netral (N).

Hal ini sangat penting untuk mencegah mobil bergerak tiba-tiba saat distart, yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Jadi, relay starter tidak hanya berfungsi sebagai penghubung arus listrik, tetapi juga sebagai salah satu sistem keamanan.

3. Optimalkan Energi

Relay starter pada mobil matic juga berfungsi untuk mengoptimalkan konsumsi energi.

Dengan memastikan bahwa arus listrik yang diberikan ke motor starter sesuai dengan yang dibutuhkan, relay starter membantu menghemat energi dari baterai.

Hal ini sangat penting, terutama pada mobil matic modern yang dilengkapi dengan berbagai fitur elektronik.

Nah itulah Fungsi Relay Starter pada Mobil Matic, lalu apa tanda relay starter pada mobil matic bermasalah?

Tanda Relay Starter pada Mobil Matic Bermasalah

Jika digunakan sehari-hari, sistem kelistrikan pada mobil matic bisa mengalami kerusakan khususnya relay, apa saja tanda-tandanya?

  • Mobil Sulit Dinyalakan, Ketika relay starter mulai bermasalah, salah satu gejala paling umum adalah kesulitan saat mencoba menyalakan mobil. Anda mungkin perlu memutar kunci kontak beberapa kali sebelum mobil berhasil distart. Hal ini terjadi karena relay starter yang rusak tidak dapat mengalirkan arus listrik dengan konsisten ke starter Mobil.
  • Mobil mengeluarkan suara klik saat nyalakan, jika mobil anda mengeluarkan suara klik ketika dinyalakan, bisa jadi ini permasalahan dari relay starter. Hal ini bisa terjadi karena relay tersebut sudah aus atau ada kotoran.
  • Aki Cepat Habis, Jika relay bermasalah, aki mobil anda akan cepat habis karena relay starter pada mobil matic tidak berkerja dengan baik. Relay starter yang rusak bisa menyebabkan arus listrik bocor atau konsumsi listrik yang berlebihan oleh motor starter.

Penting untuk mengenali tanda masalah pada relay starter adalah langkah awal yang penting untuk memastikan mobil matic Anda dalam kondisi terbaik.

Nah Saat ini kalian sudah mengetahui Tandah Relay Starter mobil mengalami permasalahan, jika anda mengalami kerusakan pada mobil matic tidak perlu ragu untuk datang ke Domo Transmisi.

Permasalahan pada transmisi mobil anda bisa langsung beres bersama Domo Transmisi, karena kami mengambil langkah perbaikan dengan tepat sesuai dengan mesin scanner.

Silahkan datang ke bengkel kami yaitu Domo Transmisi reservasi sekarang juga melalui WA.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.