5 Efek Salah Pakai Oli pada Mesin Mobil

Efek Salah Pakai Oli pada Mesin Mobil

Mungkin anda menggangap oli hanya pelumas biasa pada mesin dan tramsmisi mobil dan semua merk dan jenis oli sama.

Tetapi kali ini kita akan membahas mengenai efek salah pakai oli pada mesin mobil, apa saja yang akan dialami oleh anda.

Jangan anggep remeh, oli yang salah dan tidak sesuai dengan spesifikasi produsen mobil bisa membuat rusak komponen mesin, Tidak Percaya? Mari kita bahas aja langsung disini.

Efek Salah Pakai Oli pada Mesin Mobil

Inilah beberapa Efek Salah Pakai Oli pada Mesin Mobil, jangan sampai anda salah menggunakan oli

Komponen Mesin Rusak

Setiap jenis oli memiliki kekentalan dan spesifikasi yang berbeda-beda. Jika Anda salah memilih, komponen mesin bisa mengalami kerusakan.

Oli yang tidak sesuai bisa menyebabkan pelumasan yang tidak optimal. Akibatnya, gesekan antar komponen mesin seperti piston dan silinder bisa meningkat, yang pada akhirnya akan menimbulkan kerusakan.

Kemudian suhu mesin bisa meningkat drastis. Oli yang tidak sesuai tidak akan mampu mendinginkan mesin dengan efektif.

Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena suhu mesin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan komponen mesin

Bensin jadi Boros

Jika Anda menggunakan oli yang salah, mesin akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama.

Hal ini karena gesekan antar komponen mesin meningkat, sehingga mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang sama. Akibatnya, konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Dengan oli yang tidak sesuai, mesin tidak akan mampu bekerja dengan optimal. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa mobil, terutama saat akselerasi.

Umur Mesin jadi Pendek

Jika Anda salah memilih oli, masa pakai mesin bisa menjadi lebih singkat. Oli yang tidak sesuai bisa menyebabkan gesekan antar komponen mesin meningkat.

Hal ini tentunya akan membuat komponen mesin menjadi cepat aus. Suhu mesin yang terlalu tinggi tentunya tidak baik bagi mesin. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, mesin bisa mengalami kerusakan.

Rawan Terkena Overheating

Selain itu melumasi komponen mesin, Olu juga berfungsi untuk mendiniginkan komponen mesin. Jika tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat mengurangi kemampuan pendinginan ini.

Oli yang kental atau terlalu encer bisa menghambat sirkulasi oli di dalam mesin. Hal ini tentunya akan mengurangi kemampuan oli untuk mendinginkan mesin, sehingga mesin menjadi mudah panas atau overheating.

Baca Juga: Ciri Ciri Transmisi Matic Overheat

Kerak pada Mesin

Oli yang tidak sesuai bisa meninggalkan endapan dan kerak di dalam mesin. Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan mesin Anda.

Endapan dan kerak bisa menyumbat saluran oli. Permasalahan ini tentunya akan mengurangi kemampuan oli untuk melumasi dan mendinginkan mesin.

Tidak mau kan umur mobil anda pendek karena permasalahan sepele

Permasalahan ini menyebabkan kerusakan pada komponen mesin dan transmisi . Misalnya, kerak yang menempel pada dinding silinder bisa menyebabkan piston menjadi tersendat dan mengalami kerusakan.

Pada intinya jangan sampai salah pakai oli untuk mesin dan transmisi mobil anda, karena ini bisa berdampak terhadap jangka panjang mobil matic anda.

Tidak mau kan umur mobil matic anda pendek karena kesalahan menggunakan oli?

Sudahkah anda melakukan pengecekan terhadap mobil matic anda? Jika mengalami gangguan bawa aja ke Domo Transmisi.

Kami ahlinya Matic sejak 2015, tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan bersama kami.

Reservasi sekarang juga melalui WA agar anda tidak terkena antre, telp CS kami sekarang juga.

Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km bagi anda yang melakukan perbaikan bersama kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
Scroll to Top