10 Ciri Oli Transmisi Kurang pada Mobil Matic, Bisa Diderek?

10 Ciri Oli Transmisi Kurang pada Mobil Matic, Bisa Diderek

Mengapa kita harus mengenai ciri oli transmisi kurang pada mobil matic? Hal ini karena oli transmisi adalah cairan yang sangat penting dalam komponen mobil matic.

Ini digunakan untuk membantu mengurangi gesekan dan panas yang terjadi pada komponen pada saat beroperasi. Ini juga menjaga komponen untuk tetap berfungsi dengan baik dan mengurangi peluang kerusakan.

Oli transmisi juga memiliki sifat pelarut yang memungkinkan untuk menangkal korosi dan menjaga komponen dalam kondisi yang sehat.

Ketika oli transmisi tidak cukup, ini dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan performa, misalnya kebisingan, gemetaran, dan penurunan tenaga.

Nah, untuk menghindari semua permasalah transmisi tersebut, ada baiknya kenalilah 10 ciri oli transmisi kurang berikut ini!

10 Ciri Oli Transmisi Kurang

Kekurangan oli transmisi memang sangat berbahaya dan mungkin akan membuat mobil matic anda bisa diderek karena kerusakan yang sudah cukup fatal, inilah ciri oli transmisi kurang.

Akan tetapi hal tersebut tidak akan terjadi jika anda sudah paham apa saja ciri oli transmisi kurang. Pastikan oli transmisi anda jangan sampai kurang dari jumlah takaran yang seharusnya!

  1. Suara Gear Berisik: Ketika oli transmisi kurang, akan terdengar suara berisik ketika mengganti gigi. Ini disebabkan oleh oli transmisi yang tidak cukup untuk melumasi komponen-komponen yang bergerak.
  2. Gear Terasa Berat: Ketika oli transmisi kurang, pengendalian gear menjadi lebih berat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pelumasan yang ditawarkan oleh oli transmisi.
  3. Penurunan Kinerja: Ketika oli transmisi kurang, kinerja transmisi turun. Komponen-komponen dalam transmisi tidak cukup lancar untuk bergerak dengan baik.
  4. Overheating: Ketika oli transmisi kurang, transmisi cenderung mengalami overheating. Hal ini disebabkan karena kurangnya pelumas yang ditawarkan oleh oli transmisi.
  5. Kerusakan Gear: Kurangnya pelumas yang ditawarkan oleh oli transmisi dapat menyebabkan kerusakan gear.
  6. Penurunan Performa: Oli transmisi yang kurang dapat menyebabkan penurunan performa transmisi.
  7. Peningkatan Suara: Ketika oli transmisi kurang, suara dari transmisi menjadi lebih kuat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pelumas yang ditawarkan oleh oli transmisi.
  8. Overdrive Tidak Aktif: Ketika oli transmisi kurang, pengendalian overdrive menjadi tidak aktif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pelumas yang ditawarkan oleh oli transmisi.
  9. Gear Makin Berat: Ketika oli transmisi kurang, pengendalian gear menjadi semakin berat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pelumas yang ditawarkan oleh oli transmisi.
  10. Slip Gear: Ketika oli transmisi kurang, Gear mungkin tidak akan bergerak ketika Anda menekan pedal gas. Hal ini disebabkan karena kurangnya pelumas yang ditawarkan oleh oli transmisi.

Itulah 10 ciri oli transmisi kurang adalah gejala yang terjadi karena oli transmisi yang berkurang atau habis.

Beberapa gejala yang dapat terjadi akibat oli transmisi yang berkurang atau habis adalah suara berdecit di saat transmisi diputar, transmisi terasa berat saat digerakkan, dan suara gemuruh saat persneling digerakkan.

Gejala lain yang dapat terjadi akibat ciri oli transmisi kurang atau habis adalah peningkatan tekanan oli, kerusakan pada komponen transmisi, dan bahkan kebakaran.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa tingkat oli secara berkala untuk memastikan bahwa transmisi berfungsi dengan baik.

Takran Oli Transmisi yang Benar pada Mobil Matic

Mengetahui ciri oli transmisi kurang pada kendaraan matic tidak cukup tanpa mengetahui sebenarnya berapa takaran yang benar untuk oli transmisi pada mobil matic.

Karena tentunya setiap merek dan tipe mobil memiliki takaran yang berbeda. Nah, agar ciri oli transmisi kurang tersebut tidak muncul, ketahuilah berapa jumlah takaran oli transmisi yang benar pada mobil matic:

  1. Jika Anda menggunakan oli ATF (Automatic Transmission Fluid) terutama untuk transmisi matic, maka Anda harus menggunakan takaran 2-3 liter untuk mengisi ulang.
  2. Jika Anda menggunakan oli ATF yang diformulasikan khusus untuk transmisi matic, maka takaran yang disarankan adalah 2,5-3 liter.
  3. Jika Anda menggunakan oli ATF yang diformulasikan khusus untuk transmisi matic dengan penekanan tinggi, maka takaran yang disarankan adalah 2,7-3,2 liter.
  4. Jika Anda menggunakan oli ATF yang diformulasikan khusus untuk transmisi matic dengan penekanan tinggi dan tingkat kebisingan yang rendah, maka takaran yang disarankan adalah 3,2-3,5 liter.
  5. Jika Anda menggunakan oli ATF yang diformulasikan khusus untuk transmisi matic dengan penekanan tinggi dan tingkat kebisingan yang rendah serta tingkat lebih tinggi untuk stabilitas suhu, maka takaran yang disarankan adalah 3,5-4 liter.

Semua takaran oli ini disarankan berdasarkan pembuatan standar transmisi matic. Jika Anda memiliki perbedaan dari standar, maka takaran oli yang dianjurkan mungkin berbeda.

Jadi kalau anda masih bingung dengan takarannya dan ciri oli transmisi kurang, hal terbaik adalah dengan melihat buku panduan mengenai mobil matic anda masing-masing. Di sana anda akan menemukan jumlah takaran oli transmisi yang seharusnya.

BACA JUGA: 6 Daftar Harga Oli Transmisi Matic Terlengkap dan Terbaru

Ganti Oli Transmisi ke DOMO TRANSMISI Aja!

Agar tidak menimbulkan ciri oli transmisi kurang, maka jangan pernah ganti oli transmisi matic sendiri di rumah.

Hal ini karena mungkin anda tidak memiliki peralatan yang memadai untuk mengganti oli dan hanya melakukannya dengan kira-kira saja.

Padahal cara tersebut adalah salah dan bisa merusakan dan membuat takaran oli transmisi kurang sebagaimana jumlah seharusnya.

Dengan membawa mobil matic anda ke DOMO TRANSMISI, maka para mekanik yang handal dan propesional tersebut akan mengetahui ciri oli transmisi kurang.

Jika memang kurang atau lebih, maka mereka akan memberitau anda dan menginformasikan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kurangnya oli transmisi pada mobil matic tersebut.

Daripada membahayakan mobil matic kesayangan anda, silahkan hubungi DOMO TRANSMISI melalui WhatsApp 0882_1244_0591 atau hubungi disini  sekarang juga dan periksakan apakah oli transmisi anda sudah sesuai takaran atau belum.

Nantinya kalau terdapat ciri oli transmisi kurang, maka DOMO TRANSMISI akan langsung mengambil tindakan yang paling tepat untuk mobil matic anda agar tidak terjadi masalah berkepanjangan. Yuk ke DOMO TRANSMISI sekarang juga!

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti

Rani Sulistianti