Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

Pernah mengalami situasi dimana aki mobil yang tekor? Lalu bagaimana Memancing Aki Mobil yang Tekor, ketika menghadapi permasalahan ini yang pertama adalah anda jangan panik.

Tentu saja jangan khawatir, inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan jika mengalami permasalahan ini.

Aki merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan arus tenaga listrik, karena tanpa adanya

komponen ini mesin mobil tidak bisa nyala dan komponen elektrik lainnya tidak akan berfungsi.

Penyebab Aki Mobil Tekor

Sebelum kita masuk ke dalam cara memancing aki mobil yang tekor, penting untuk mengetahui apa hal yang jadi penyebabnya!

  • Pemakaian Mobil yang Tidak Teratur, Jika mobil jarang digunakan, aki akan kehilangan muatannya secara perlahan. Ini karena aki terus mengalirkan sedikit energi ke komponen mobil yang membutuhkan listrik.
  • Usia Aki, Seperti dengan komponen lainnya, Aki mobil juga memiliki umur, semakin tua usia aki maka kapasitas untuk menyimpan energi akan berkurang.

Baca Juga: Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor

Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor

Bagaimana Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor, anda bisa menemukannya disini.

  • Gunakan Jumper Kabel

Siapkan jumper kabel dan mobil yang kondisi akinya baik, Sambungkan kabel jumper dari aki mobil yang baik ke aki mobil yang tekor. Pastikan koneksi positif ke positif dan negatif ke negatif.

Saat melakukan proses ini, sangat penting untuk mengikuti petunjuk keamanan. Pastikan mobil dalam keadaan mati dan kabel jumper tidak bersentuhan satu sama lain.

  • Charger Aki Kembali

Jika anda memiliki charger aki, anda bisa menggunakannya untuk mengisi ulang atau charger aki yang tekor. Sambungkan charger ke aki dan biarkan mengisi selama beberapa jam.

Setelah diisi, periksa kondisi aki. Jika masih tidak berfungsi dengan baik, mungkin aki sudah perlu diganti.

  • Hidupkan Mobil dengan Mendorong

Untuk mobil manual anda bisa menghidupkan mobil dengan cara mendorongnya. Dapatkan bantuan untuk mendorong mobil sambil Anda menginjak kopling dan memasukkan gigi.

Setelah mobil bergerak, lepaskan kopling secara tiba-tiba untuk menghidupkan mesin.

Baca Juga: Cara Mobil Matic Bisa Didorong saat Paralel

  • Gunakan Aki Portabel

Saat ini sudah banyak aki eksternal portabel yang dapat digunakan untuk menghidupkan aki mobil yang tekor, smabungkan aki eksternal ke terimnal aki mobil yang tekor.

Dengan cara ini, sangatlah efektif dan tidak memerlukan mobil lain sebagai sumber daya dan menjadikan solusi terbaik ketika anda mogok ditempat yang tidak ada orang.

  • Ganti Komponen Aki yang Rusak

Terkadang aki tekor bukan karena aki tetapi juga karena komponen pendukung sepeti kabel yang rusak.

Periksa apakah ada kabel yang tertupus atau terminal yang berkarat, lakukan penggantian dan perbaikan.

Lakukan pemeriksaan berkala pada komponen-komponen ini dapat mencegah masalah aki tekor di masa depan.

Nah itulah Cara Memancing Aki Mobil yang Tekor, etapi jika anda mengalami gangguan pada mobil matic seperti bunyi yang tidak wajar atau permasalahan lainnya, silahkan datang ke Bengkel Spesialis mobil matic Domo Transmisi.

Karena dengan pengecekan bersama teknisi kami, permasalahan yang terjadi padam obil anda bisa diketahui dengan akurat dan tepat.

Jadi tunggu apalagi datanglah ke bengkel kami yang berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Reservasi melalui live chat disini agar anda tidak terkena antre saat datang ke Domo Transmisi.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.