Fungsi Kampas Ganda Mobil dan Cara Merawatnya

Fungsi Kampas Ganda Mobil dan Cara Merawatnya

Salah satu komponen yang terdapat pada mobil yaitu Kampas Ganda pada Mobil memiliki fungsi sangat penting ketika mobil sedang digunakan, lalu apa Fungsi Kampas Ganda Mobil dan Cara Merawatnya.

Kampas Ganda atau yang biasa disebut dengan clutch merupakan komponen yang bekerja sebagai penghubung antara mesin dan transmisi.

Kami juga akan menginformasikan mengenai cara merawat kampas ganda pada mobil agar performa mobil anda tetap terbaik.

Fungsi Kampas Ganda Mobil dan Cara Merawatnya

Inilah jawaban mengenai Fungsi Kampas Ganda Mobil & Cara Merawatnya, simak disini.

Fungsi Gampas Ganda memiliki fungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran daya dari mesin ke transmisi.

Hal ini terjadi saat pengemudi mengganti gigi dan juga untuk menghentikan mobil tanpa harus mematikan mesin terlebih dahulu.

Selain itu kampas ganda juga berfungsi sebagai penyerap getaran dan peredam suara.

Dengan demikian, kampas ganda membantu untuk mengurangi getaran dan suara yang tidak diinginkan saat mobil beroperasi, sehingga menciptakan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang.

Dan yang terakhir, kampas ganda juga berfungsi untuk melindungi mesin dan komponen transmisi dari kerusakan akibat beban yang berlebihan.

Dengan kata lain, kampas ganda berperan sebagai pelindung bagi komponen-komponen vital mobil.

Baca Juga: Berapa Umur Kampas Kopling Mobil Matic?

Bagaimana Cara Merawat Kampas Ganda Mobil?

Merawat kampas ganda mobil adalah salah satu kunci untuk menjaga performa mobil tetap optimal.

  • Pengecekan Berkala, Hal ini adalah langkah awal yang sangat penting dalam merawat kampas ganda mobil. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi kampas ganda secara berkala untuk mengidentifikasi apakah ada masalah atau tidak.
  • Penggantian Kampas Ganda, Jika mobil sering digunakan atau usia kampas ganda sudah lama, harus segera diganti. Jangan menunggu hingga kampas ganda benar-benar habis karena ini akan berisiko merusak komponen lainnya.
  • Mengemudi dengan tepat, Hindari kebiasaan menginjak pedal kampas ganda terlalu dalam atau terlalu lama saat mengemudi karena ini dapat menyebabkan kampas ganda cepat aus.

Bagaimana Tanda Gejala Kampas Ganda Bermasalah

Mengenal gejala-gejala kampas ganda yang bermasalah juga penting agar kita bisa segera mengambil tindakan. Berikut adalah beberapa gejala yang perlu diwaspadai

  • Getaran yang berlebihan, Jika Anda merasakan getaran yang berlebihan saat mengemudi, ini bisa jadi adalah tanda bahwa kampas ganda mobil bermasalah.
  • Suara Berisik, Suara berisik yang muncul saat mengganti gigi atau saat pedal kampas ganda diinjak juga bisa menjadi tanda adanya masalah.

Apakah anda mengalami permasalahan pada kampas ganda mobil matic? Atau alami gangguan pada komponen lainnya?

Tentu saja mobil matic anda butuh Service berkala, permasalahan yang terjadi pada mobil matic anda bisa dideteksi sejak dini dan harus segera ditangani oleh teknisi yang berpengalaman.

Reservasi kedatangan sekarang juga melalui Aplikasi WA agar anda tidak terkena antre, Domo Transmisi hadir di Kelapa Gading.

Tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan bersama kami, Domo Transmisi ahlinya mobil matic sejak 2015 datanglah ke bengkel kami.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.