10+ Cara Cek Mobil Matic Bekas Masih Oke Dibeli atau Tidak

Cara Cek Mobil Matic Bekas Masih Oke untuk Dibeli

Anda mau beli mobil bekas matic dan ingin tahu cara cek mobil matic bekasih masih oke atau tidak untuk dibeli?

Membeli mobil bekas adalah keputusan yang cerdik untuk menghemat uang, tetapi penting untuk memastikan bahwa mobil yang Anda pilih dalam kondisi baik.

Salah satu jenis mobil yang banyak dicari adalah mobil matic.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai ciri-ciri mobil matic bekas yang masih oke, agar Anda bisa memilih kendaraan yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Cara Cek Mobil Matic Bekas Masih Oke untuk Dibeli

Ini beberapa cara cek mobil matic bekas masih oke atau tidak untuk dibeli:

  1. Performa yang Baik Saat Menanjak

Salah satu tanda utama dari mobil matic bekas yang masih oke adalah performa mesin yang baik saat menanjak.

Mesin yang sehat akan mampu menghasilkan tenaga yang cukup untuk menaklukkan tanjakan dengan mudah.

Ketika Anda melakukan tes drive, perhatikan apakah mobil tersebut tetap responsif saat melewati jalan berkontur naik.

Jika mesin terasa lemah atau berat saat menanjak, itu bisa menjadi indikasi masalah yang lebih serius dalam mesin.

Selain itu, pastikan tidak ada bau aneh atau asap yang keluar dari knalpot saat mobil sedang menanjak. Mesin yang sehat seharusnya tidak mengeluarkan asap berlebihan.

Ini adalah ciri penting untuk memastikan bahwa mesin mobil masih dalam kondisi baik.

Jika Anda merasa ragu, selalu bijaksana untuk memeriksa riwayat perawatan mobil tersebut.

Jika pemilik sebelumnya telah menjalani perawatan yang teratur dan mesin mobil terus dipelihara, kemungkinan besar performa mesinnya masih bagus saat menanjak.

  1. Tidak Ada Indikasi Kebocoran pada Oli dan Bahan Bakar

Kebocoran pada oli atau bahan bakar dapat menjadi masalah serius pada mobil matic bekas.

Saat memeriksa mobil potensial, perhatikan apakah ada tanda-tanda kebocoran di bawah kendaraan atau di mesin.

Tumpahan oli atau bahan bakar dapat mengindikasikan masalah yang perlu segera diperbaiki.

Selain itu, periksa juga apakah ada tanda-tanda kebocoran pada mesin bagian bawah atau sekitar area tangki bahan bakar.

Jika Anda melihat tumpahan, noda, atau bau yang mencurigakan, sebaiknya Anda berpikir dua kali sebelum membeli mobil tersebut.

Kebocoran dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin dan sistem bahan bakar, yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi di kemudian hari.

  1. Getaran Mesin dan Warna Asap Kendaraan Masih Normal

Getaran mesin yang berlebihan dan warna asap kendaraan yang tidak normal dapat menjadi tanda-tanda mesin mobil yang tidak sehat.

Ketika Anda melakukan tes drive, perhatikan apakah mesin mobil mengeluarkan getaran yang tidak wajar atau jika asap yang keluar dari knalpot berwarna tidak biasa.

Mesin yang sehat seharusnya beroperasi dengan lancar dan tidak menghasilkan getaran yang kuat.

Warna asap yang normal adalah abu-abu atau putih kebiruan. Jika Anda melihat asap berwarna hitam pekat atau berwarna biru, itu bisa menjadi indikasi masalah pada mesin.

Asap hitam dapat menunjukkan pembakaran tidak sempurna, sementara asap biru mungkin menandakan masalah dengan minyak pelumas mesin.

Kedua hal ini perlu diperiksa lebih lanjut oleh seorang mekanik profesional sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil tersebut.

  1. Lampu Indikator Tidak Menyala

Mobil matic modern dilengkapi dengan teknologi injeksi yang canggih.

Salah satu tanda penting bahwa mobil masih dalam kondisi baik adalah ketika lampu indikator pada dashboard tidak menyala.

Lampu indikator ini dirancang untuk memberi tahu Anda jika ada masalah dengan mesin atau sistem lainnya.

Jika lampu indikator menyala, itu adalah sinyal bahwa mobil perlu diperiksa lebih lanjut oleh seorang mekanik.

Pastikan Anda melakukan tes drive yang mencakup berbagai situasi, termasuk mengemudi di berbagai kecepatan dan kondisi jalan.

Perhatikan apakah lampu indikator muncul saat Anda mengemudi. Jika semuanya tetap mati, itu adalah tanda positif bahwa mobil dalam kondisi baik.

  1. Stick Oli Masih Bagus

Salah satu hal yang bisa Anda periksa sendiri adalah kondisi stick oli. Buka penutup oli dan periksa stick oli untuk melihat levelnya.

Oli yang masih dalam kondisi baik akan memiliki tingkat yang tepat dan warna yang jernih.

Jika oli terlihat gelap dan kotor atau levelnya terlalu rendah, itu bisa menjadi tanda bahwa mesin mobil tidak mendapatkan perawatan yang cukup.

Oli yang kotor dapat mengakibatkan gesekan berlebihan di dalam mesin dan mengurangi efisiensi kerja mesin. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, pertimbangkan untuk mencari mobil lain.

  1. Transisi Gigi yang Lancar

Transisi gigi yang lancar adalah salah satu ciri khas mobil matic yang masih bagus.

Ketika Anda melakukan tes drive, perhatikan apakah perpindahan gigi berlangsung tanpa gejala yang mencurigakan seperti pergesekan, gesekan, atau perpindahan yang kasar.

Mobil matic yang dalam kondisi baik seharusnya memiliki transisi gigi yang halus dan responsif. Gigi-gigi seharusnya masuk dengan mudah dan tanpa gangguan yang berarti.

Pastikan juga untuk mencoba berbagai kecepatan selama tes drive, termasuk akselerasi dari berhenti dan perpindahan gigi saat berkecepatan tinggi.

Semua transisi gigi harus berjalan dengan baik dalam berbagai situasi.

Jika Anda merasa ada masalah dengan perpindahan gigi, sebaiknya Anda meminta mekanik untuk memeriksa mobil tersebut sebelum membelinya.

  1. Respons Akselerasi yang Cepat

Salah satu keunggulan mobil matic adalah respons akselerasinya yang cepat dan mulus.

Ketika Anda menekan pedal gas, mobil seharusnya merespons dengan cepat dan tanpa ada delay yang signifikan.

Jika Anda merasa bahwa mobil merespons lambat atau ada perbedaan yang mencolok dalam akselerasi, itu bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada transmisi atau mesin.

Selama tes drive, perhatikan apakah mobil matic memberikan respons yang tajam saat Anda menginjak pedal gas.

Jika Anda merasa ada ketidaknormalan dalam respons akselerasi, sebaiknya Anda mengonsultasikannya dengan seorang mekanik yang dapat memeriksa transmisi dan mesin mobil.

  1. Tidak Ada Bau atau Suara Aneh

Mobil matic yang masih bagus seharusnya tidak mengeluarkan bau atau suara aneh saat digunakan.

Selama tes drive, perhatikan apakah ada bau yang mencurigakan di dalam kabin atau di sekitar mesin.

Bau-bau seperti bau bakar yang kuat atau bau oli yang tajam bisa menjadi indikasi masalah yang serius.

Selain bau, perhatikan juga suara-suara yang dihasilkan oleh mesin dan sistem kendaraan.

Suara mesin yang kasar, berderit, atau berdenting bisa menjadi tanda bahwa ada masalah yang perlu diperiksa.

Jangan ragu untuk meminta pemilik mobil untuk menjelaskan atau mengatasi suara atau bau yang mencurigakan selama tes drive.

  1. Posisi Gigi yang Stabil

Posisi gigi yang stabil adalah salah satu ciri-ciri penting dari mobil matic yang masih bagus.

Saat Anda melakukan tes drive, perhatikan apakah transmisi mobil beroperasi dengan baik tanpa terjadi perubahan tiba-tiba dalam posisi gigi.

Mobil matic yang dalam kondisi baik seharusnya menjaga posisi gigi yang dipilih tanpa masalah.

Jika Anda merasa ada perpindahan gigi yang tidak stabil, terasa mundur atau maju tanpa alasan, atau terdapat hentakan saat perpindahan gigi, itu bisa menjadi indikasi masalah pada transmisi.

Pastikan untuk memeriksa semua posisi gigi, termasuk maju, mundur, dan gigi netral, untuk memastikan semuanya berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Tidak Ada Gejala Overheat

Overheat atau mesin yang overheating adalah masalah serius pada mobil matic yang harus dihindari. Saat memeriksa mobil bekas, pastikan mesinnya tidak menunjukkan gejala overheating.

Ini termasuk melihat apakah indikator suhu mesin tetap dalam kisaran normal selama tes drive.

Jika mesin terlalu panas, Anda mungkin melihat lampu indikator suhu mesin menyala atau bahkan asap putih keluar dari kap mesin.

Ini adalah tanda-tanda overheating yang harus dihindari.

Overheat dapat mengakibatkan kerusakan serius pada mesin dan transmisi, sehingga pastikan untuk memeriksa suhu mesin selama tes drive.

  1. Mendapatkan Perawatan serta Pemeliharaan yang Rutin

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, adalah memastikan mobil matic bekas yang Anda pertimbangkan telah mendapatkan perawatan dan pemeliharaan yang rutin.

Ini mencakup perubahan oli, perawatan transmisi, pengecekan sistem pendingin, dan pemeliharaan lainnya sesuai panduan pabrik.

Pastikan untuk meminta rekam jejak perawatan dari pemilik sebelumnya dan pastikan bahwa mobil tersebut telah menjalani servis secara berkala.

Perawatan dan pemeliharaan yang rutin adalah kunci untuk menjaga mobil matic dalam kondisi baik.

Jika mobil tersebut memiliki riwayat perawatan yang baik, itu adalah tanda positif bahwa Anda sedang mempertimbangkan mobil matic bekas yang masih oke.

Saat akan beli mobil matic bekas, pastikan untuk cek bagian transmisinya sebagai cara cek mobil matic masih oke untuk dibeli atau tidak.

Kalau Anda masih bingung bagaimana cara cek kondisi transmisinya, DOMO Transmisi bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda tuju.

Bengkel spesial transmisi matic ternama di Indonesia ini melayani jasa cek transmisi dengan teknisi yang ahli dalam mendeteksi masalah transmisi.

Selain itu, DOMO Transmisi juga memiliki beragam service transmisi mobil untuk beragam permasalahan yang terjadi di mobil matic bekas yang ingin Anda beli.

Tertarik untuk coba? Anda bisa langsung hubungi via WhatsApp di 0882-1244-0591 (atau klik di sini) atau langsung kunjungi lokasi bengkel DOMO Transmisi di:

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.