4 Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok, Patut Waspada

Mesin Mobil Bunyi Klotok

Pernahkah anda merasakan mesin mobil bunyi klotok Klotok? Suara ini akan membuat anda khawatir, tentu ada masalah yang harus segera ditangani oleh anda.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menginformasikan beberapa penyebab umum dari suara klotok klotok pada mesin mobil dan solusi terbaik.

Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

 

Oli Mesin  Kurang

Salah satu penyebab dari mesin mobil bunyi klotok klotok adalah, minyak oli yang kurang, Jika oli mesin tidak mampu melumasi komponen dengan baik, maka akan gesekan berlebih akan terjadi dan akan menghasilkan suara klotok.

Anda harus melakukan penggantian oli secara berkala untuk menghindari gangguan yang terjadi pada mobil and, ini juga berlaku bagi pengguna mobil matic, jika oli transmisi anda kurang akan menghasilkan bunyi yang mengganggu.

Baca Disini: Permasalahan Akibat Oli Transmisi Kurang

Rantai Keteng Mobil Rusak

Salah satu penyebab mesin mobil bunyi klotok hal ini bisa disebabkan oleh rantai keteng mobil yang mengalami kerusakan.

Jika komponen ini mengalami keausan atau longgar, hal ini dapat mengakibatkan suara klotok yang keras saat mesin berputar.

Apabila ditemukan tanda-tanda keausan atau kekendoran, segera lakukan penggantian rantai keteng.

Bearing Piston yang Rusak

Suara Klotok pada mesin mobil juga bisa disebabkan oleh bearing piston yang rusak, jika komponen piston mengalami kerusakan, hal ini bisa menyebabkan gesekan yang menghasilkan suara klotok.

Penting untuk selalu memperhatikan tanda-tanda awal kerusakan pada bearing piston, dengarkan saat mesin mobil menyala atau rasaka dari performa mesin yang menurun.

Penggunaan Bensin yang tidak sesuai

Jika anda menggunakan bensin yang tidak sesuai dengan ron atau octan spesifikasi pabrikan juga dapat menjadi penyebab suara klotok pada mesin mobil.

Bensin yang memiliki oktan lebih rendah dari yang direkomendasikan dapat menyebabkan suara klotok.

Baca Disini: Efek Pakai Bensin Tidak Sesuai RON di Mobil Matic

Bagaimana cara mengatasi Mesin Mobil Bunyi Klotok? Tentu kami akan menginformasikannya.

  • Suara klotok bsa disebabkan oleh ketidakseimbangan oleh roda pemutar starter, Jika terdapat kerusakan pada roda gigi suara klotok dapat terjadi saat mesin dihidupkan. Pastikan tidak ada gigi yang aus atau patah. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti roda gigi pemutar starter yang rusak.
  • Kopling Aus, Mesin mobil bunyi kolotok bisa disebabkan oleh permasalahan pada kop;ing, hal ini bisa disebabkan oleh pemakaian yang berlebihan atau kurangnya melakukan perawatan.

Tentu saja jika anda mengalami gangguan seperti perpindahan gigi yang tidak lancar atau bunyi yang mengganggu saat melakukan perjalanan, kami sarankan kepada anda untuk datang agar permasalahan pada mobil anda bisa diketahui secara tepat bersama kami.

Anda bisa datang ke bengkel kami yang saat ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Teknisi Domo Transmisi sangatlah berpengalaman, jadi anda tidak perlu ragu untuk melakukan perbaikan atau pun perawatan mobil anda bersama kami.

Jika perbaikan berati diperlukan, Domo Transmisi memberikan garansi 6 bulan atau setara 20,000 km, silahkan datang ke bengkel mobil matic Domo Transmisi.

Kami menawarkan beberapa paket pelayanan mobil matic, mulai tune up hingga matic jet clean, jika anda ingin mencoba silahkan datang ke bengkel kami yang berada di Kelapa Gading, reservasi melalui WhatsApp agar anda tidak terkena antre.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.