Efek Pakai Bensin Tidak Sesuai RON di Mobil Matic

Efek Pakai Bensin Tidak Sesuai RON

Pernahkah Anda merasa bingung saat memilih bensin untuk mobil matic Anda, Jangan sampai salah ini Efek Pakai Bensin Tidak Sesuai RON pada kendaraan anda.

“Ah, bensin tetaplah bensin. Apa bedanya?” Tunggu dulu, jangan asal pilih, Inilah Dampak Pakai Bensin Tidak Sesuai RON di Mobil Matic!

Ternyata memilih bensin yang tidak memenuhi rekomendasi angka Research Octane Rating (RON) bisa menimbulkan dampak negatif lho.

RON adalah angka yang mewakili kualitas anti ketukan pada bensin. Kemampuan anti-knock ini merupakan kemampuan bensin untuk mencegah terjadinya “knocking” atau detak yang tidak diinginkan pada mesin.

Mengapa ini penting? Pasalnya mesin mobil matic cenderung lebih sensitif terhadap jenis bensin yang digunakan. Pada saat itu, bensin dengan indeks RON lebih tinggi seringkali lebih mahal namun kualitasnya lebih baik.

Efek Pakai Bensin Tidak Sesuai RON

 

Kami akan menginformasikan mengenai Dampak Pakai Bensin Tidak Sesuai RON di Mobil Matic, simak pembahasan berikut.

Kami akan informasikan kepada anda mengenai dampak buruk penggunaan bensin yang tidak sesuai RON pada mobil matic, simak pembahasannya nanti.

1. Performa mesin berkurang

Performa mesin yang menurun bisa menjadi masalah serius yang akan Anda temui dalam waktu dekat. Mesin akan terasa lebih berat dan daya tanggapnya berkurang.

Hal ini terjadi karena mesin harus bekerja lebih keras untuk mengimbangi kualitas bensin yang lebih buruk. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga merasakan getaran atau suara mesin yang lebih keras dari biasanya.

Baca Juga: Inilah Waktu Yang Tepat Melakukan Pengecekan Transmisi Mobil

2. Konsumsi bahan bakar yang tidak perlu

Selain itu, konsumsi bahan bakar pun akan terasa semakin boros.

Sebab, efisiensi mesin menurun sehingga dibutuhkan lebih banyak bensin untuk menghasilkan tenaga yang sama.

Ironisnya, meskipun Anda memilih bahan bakar yang lebih murah, Anda akan menghabiskan lebih banyak uang untuk membeli bahan bakar.

3. Kerusakan mesin

Salah satu dampak yang paling serius adalah kerusakan pada komponen mesin.

Misalnya busi cepat aus atau karbon menumpuk di ruang bakar.

Penumpukan karbon ini dapat menyebabkan “kesemutan” pada mesin, yang dapat menyebabkan kerusakan mesin dalam jangka panjang.

Selain itu, biaya perawatan kendaraan Anda akan meningkat secara signifikan.

Anda akan lebih sering ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, memilih bensin dengan indeks RON yang sesuai merupakan investasi yang membantu menghemat biaya perawatan di masa depan.

4. Intervensi sistem elektronik

Transmisi otomatis pada mobil modern seringkali dilengkapi dengan sistem kendali elektronik yang kompleks.

Kelistrikan pada transmisi sangat berpengaruh rentan mengalami kerusakan terhadap kualitas bahan bakar yang digunakan.

Jika Anda menggunakan bensin dengan RON yang tidak sesuai, sistem kontrol ini mungkin tidak berfungsi.

Misalnya, transmisi mungkin lebih lambat dalam berpindah gigi atau bahkan terjadi “slip” sehingga menyebabkan kendaraan tampak salah berpindah gigi saat berakselerasi.

5. Kerusakan komponen

Kerusakan pada komponen mekanis transmisi juga bisa terjadi jika berulang kali menggunakan bensin dengan RON yang salah.

Misalnya pelumasan yang kurang optimal dapat menimbulkan gesekan antar komponen yang pada akhirnya dapat merusak transmisi.

Biaya untuk memperbaiki atau mengganti komponen transmisi ini bisa jadi mahal.

Jika anda sering menggunakan RON bensin yang tidak sesuai dan telah mengalami kerusakan pada mobil matic anda, silahkan datang ke bengkel spesialis matic.

Kami menyarankan kepada anda untuk datang ke Bengkel kami yang berada di Jalan Pegangsaan Dua No.88D, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jakarta Utara.

Domo Transmisi ahlinya mobil matic sejak 2015, anda bisa melakukan perbaikan pada komponen transmisi mobil matic bersama kami.

Kami memberikan garansi 6 bulan atau setara 20.000 km bagi anda yang melakukan overhaul bersama kami, jadi tunggu apalagi datanglah ke Domo Transmisi.

Reservasi kedatangan anda melalui Customer Service Domo Transmisi di Aplikasi WA pada nomor 0882.1244.0591.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.