Apa Itu Tilt Telescopic pada Setir Mobil? Yuk Kenali Lebih Dalam

Apa Itu Tilt Telescopic

Mungkin anda pernah mendengar salah satu jenis setir mobil yaitu Tilt Telescopic, namun Apa itu Tilt Telescopic pada setir Mobil?

Teknologi pada setir berkembang sangatlah pesat, penting untuk mengetahui salah satu teknologi kemudi pada mobil ini.

Apa Itu Tilt Telescopic pada Setir Mobil?

Secara sederhana Tilt Teletscopiic merupakan teknologi pada seitr mobil yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur kemiringan (tilt) dan ketinggian (telescopic, jadi anda bisa mengatur setir sesuai dengan preferensi dan kenyamanan masing-masing.

Tilt Telescopic memberikan Anda kebebasan yang menyesuasikan sudut setir, hal ini tentunya membuat pengemudi dengan postur tubuh yang berbeda bisa menikmati kenyamanaan saat berkendaraa tanga harus kaku di kursi pengemudi.

Jika pengemudi suka duduk agak jauh atau lebih mendekati setir, tilt Telescopic dapat mempermudah anda untuk menyesuaikan setir agar tetap ergonomis dan sesuai yang diinginkan oleh anda.

Tilt Telescopic merupakan salah satu elemen yang mendefinisikan kenyamanan saat berkendara, posisi setir yang nyaman dapat membuat perjalanan anda terasa lebih santai dan menyenangkan.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, bagaimana ini semua bisa terjadi? Bagaimana setir bisa menjadi begitu pintar dan adaptif? Nah, di sinilah teknologi modern turun tangan.

Tilt Telescopic pada umumnya menggunakan mekanisme elektrik atau hidrolik yang dikendalikan oleh tombol atau tuas yang ditempatkan di sekitar setir atau kolom setir.

Kerusakan pada Tilt Telescopic

Tahukah kalian bahwa Telescopic bisa mengalami kerusakan? Apa saja kerusakan yang biasa dialami oleh Telescopic, simak disini.

  • Masalah pada Penyesuaian Ketinggian, Salah satu masalah yang mungkin timbul adalah terkait dengan sistem penyesuaian ketinggian atau fitur telescopic. Beberapa pengemudi mungkin mengalami kesulitan dalam mengatur jarak setir dari tubuh mereka atau bahkan menemui situasi di mana setir tidak bisa bergerak sama sekali.
  • Permasalahan Elektronik dan Kelistrikan, Saat ini tilt telescopic telah dilengkapi sistem eletronik, jika ada masalah dengan sensor, kabel, atau bagian elektronik lainnya, ini bisa menyebabkan setir tidak merespons atau bergerak secara tidak terduga.
  • Penguci Setir Rusak, Sistem pengunci otomatis pada Tilt Telescopic dirancang untuk menjaga setir tetap aman dan tidak bergerak selama berkendara. Namun, terkadang, mekanisme ini bisa mengalami masalah sehingga setir menjadi terkunci atau sulit untuk diatur.

Baca Juga: Cara Memegang Setir Mobil Matic yang Tepat

Cara Mencegah Masalah pada Tilt Telescopic

Inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah masalah pada tilt telescopic, apa saja?

  • Lakukan Pembersihan Rutin, Satu langkah sederhana namun efektif adalah melakukan pembersihan rutin pada area sekitar setir dan mekanisme Tilt Telescopic. Kotoran, debu, atau kerikil kecil yang masuk ke dalam mekanisme bisa menyebabkan gesekan berlebih dan merusak komponen.
  • Jangan abaikan tanda kerusakan, Jika anda mengalami suara aneh atau gesekan yang tidak biasa saat menyesuaikan setir, jangan abaikan tanda-tanda tersebut bisa jadi ada masalah pada tilt telescopic.
  • Hindari Benturan berlebihan, hindari benturan yang berlebihan pada setir sangatlah penting, jika mobil mengalami benturan atau kecelakaan langsung periksa tilt telescopic.
  • Periksa Pengunci dan tombol setir, Jika Tilt Telescopic dilengkapi dengan tombol atau kunci elektronik, pastikan untuk menggunakan fungsi tersebut dengan hati-hati. Hindari menekan tombol atau mengunci setir dengan terlalu banyak tekanan.

Nah itulah beberapa Tanda Kerusakan dan Cara mencegah kerusakan pada tilt Telescopic, Apakah mobil anda tidak bisa bergerak atau mengalami bunyi saat mundur?

Bisa jadi Transmisinya bermasalah! Yakin tidak mau melakukan pengecekan transmisi? Anda bisa melakukan pengecekan transmisi hanya 99rb, tunggu apalagi datanglah ke bengkel kami.

Reservasi kedatangan sekarang juga untuk kedatangan anda melalui nomor 0882.1244.0591 , Domo Transmisi siap melakukan pengecekan dan memperbaiki kendaraan anda, langsung datang ke bengkel kami.

Dapatkan penawaran menarik saat datang ke Domo Transmisi, Kami menghadirkan paket layanan untuk mobil matic yaitu Jet Clean, Pembersihan Selenoid dan Body Valve pada mobil matic.

Tertarik untuk mencobanya? Silahkan reservasi via WA agar performa pada mobil matic kamu kembali prima, Tentu saja harga pelayanan ini sangat terjangkau dan membuat mobil anda bebas kendala.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.