Cara Memegang Setir Mobil Matic yang Tepat, Bagi Pemula

Cara Memegang Setir Mobil Matic yang Tepat

Mungkin saat ini anda baru memiliki atau baru belajar mengemudi mobil matic? Kebanyakan orang memilih mobil matic karena kemudahannya dibandingkan mobil manual.

Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu bagaimana cara memegang mobil matic yang tepat? Nah kali ini kita akan membahasnya.

Kenapa Cara Memegang Setir itu Penting? Karena ini sebagai keselamatan anda hal ini menjadi prioritas utama dalam mengemudi.

Cara Anda memegang setir bisa sangat mempengaruhi sejauh mana Anda bisa mengontrol mobil. Selain itu Memegang setir dengan benar tidak hanya membuat Anda lebih aman tetapi juga memberi Anda kontrol yang lebih baik atas mobil.

Dengan kontrol yang baik, Anda bisa lebih mudah melakukan manuver seperti belokan tajam atau pengereman mendadak.

Kemudian juga memberikan kenyamanan saat mengemudi, Memegang setir dengan benar akan membantu Anda merasa lebih nyaman, terutama dalam perjalanan jarak jauh.

Cara Memegang Setir Mobil Matic yang Tepat

Nah tiba masuk ke pembahasan kita, bagaimana Cara Memegang Setir Mobil Matic yang Tepat, kita akan mengulasnya.

  1. Teknik 9 dan 3

Teknik ini paling banyak disarankan oleh para ahli mengemudi dan instruktur. Bayangkan setir sebagai jam analog, di mana tangan Anda akan berada pada posisi jam 9 dan jam 3.

Teknik ini memberikan keuntungan berupa distribusi berat yang seimbang antara kedua tangan Anda, sehingga memberikan kontrol yang lebih baik atas mobil.

Selain itu, posisi ini juga meminimalkan risiko cedera jika airbag tiba-tiba keluar dari stir mobil.

Teknik ini memberikan kemudahan untuk mengakses tombol-tombol dan fitur lainnya di setir tanpa harus melepaskan genggaman Anda.

Ini sangat berguna saat Anda perlu mengubah volume radio, menjawab telepon melalui Bluetooth, atau bahkan menggunakan fitur cruise control.

Teknik 9 dan 3 merupakan salah satu Cara Memegang Setir Mobil Matic yang Tepat.

Baca Juga: 5 Cara Melewati Tanjakan dengan Mobil Transmisi Matic

  1. Teknik 10 dan 2

Teknik 10 dan 2 adalah teknik yang sering diajarkan saat pertama kali belajar mengemudi. Meskipun teknik ini memberikan kontrol yang cukup baik, ada beberapa risiko yang terkait, terutama jika airbag meledak.

Posisi tangan Anda bisa terdorong dengan kekuatan yang cukup besar, yang bisa menyebabkan tangan anda mengalami cedera dan cepat capek.

Ini karena posisi ini memerlukan lebih banyak tenaga dari otot-otot Anda dibandingkan dengan teknik 9 dan 3.

Jadi, meskipun ini adalah teknik yang umum, ada baiknya untuk mempertimbangkan alternatif lain yang lebih aman dan nyaman.

  1. Posisi Tangan yang Ideal

Memegang setir dengan jari-jari yang terbuka lebar memberikan Anda kontrol yang lebih baik atas mobil.

Ini karena Anda bisa merasakan lebih banyak getaran dan gerakan dari setir, yang bisa menjadi indikator penting dari kondisi jalan atau mobil itu sendiri.

Jari-jari yang terbuka lebar juga memungkinkan Anda untuk merespons lebih cepat dalam situasi darurat.

Selain itu, memegang setir dengan jari-jari yang terbuka lebar juga lebih nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Ini akan membantu mencegah kelelahan dan kram pada tangan Anda, yang bisa menjadi masalah serius dalam perjalanan yang lama.

Memegang setir terlalu kencang bisa membuat tangan Anda cepat lelah dan bahkan bisa menyebabkan stres pada pergelangan tangan dan lengan Anda.  Ini tentu saja akan mengurangi konsentrasi Anda dalam mengemudi.

Penting untuk tetap fokus selama anda mengemudi agar menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi pada kendaraan anda.

Saat ini kalian sudah mengetahui cara memegang mobil matic yang tepat, Apakah saat ini Mobil Matic kalian mengalami permasalahan?

Tapi masih bingung untuk memilih bengkel spesialis mobil matic? Tetap tenang anda bisa mencari bengkel spesialis transmisi yaitu Domo Transmisi.

Dengan teknisi yang berpengalaman, masalah yang terjadi pada mobil matic anda bisa beres dengan tepat dan cepat.

Kami menggunakan peralatan canggih untuk scanner, jadi permasalahan pada mobil matic anda bisa dapat dideteksi secara tepat.

Jadi tunggu apalagi, reservasi kedatangan kalian sekarang juga melalui WhatsApp pada nomor 0882_1244_0591.

R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.
R Rizaldy

R Rizaldy

Saya penulis yang tertarik pada bidang otomotif, tulisan ini bukan hanya sebagai informasi, tetapi juga agar pembaca lebih paham mengenai masalah yang terjadi pada mobil anda.