Cerita Pengguna Mobil yang Transmisi CVT Honda-nya Rontok, dan Berhasil Servis di DOMO Transmisi

Cerita Pengguna Mobil Honda yang Transmisi CVT-nya Rontok dan Berhasil Servis di DOMO Transmisi

Transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) telah menjadi pilihan populer bagi banyak produsen mobil, termasuk Honda, berkat kemampuannya memberikan akselerasi yang halus tanpa hentakan shift gear tradisional.

Namun, teknologi ini tidak tanpa masalah.

DOMO Transmisi mengangkat masalah yang sering terjadi pada transmisi CVT Honda, khususnya pada model Mobilio, HRV, BRV, dan Brio CVT.

Beberapa waktu lalu, DOMO Transmisi kedatangan mobil Honda Mobilio yang transmisi CVT-nya rusak dan akan banyak membahas penyebab dan solusi dari masalah tersebut, serta juga menyediakan wawasan mendalam mengenai pemeliharaan dan perawatan CVT.

Penyebab Kerusakan CVT Honda

Kerusakan pada CVT sering dikaitkan dengan putusnya belt transmisi.

Belt ini merupakan komponen kritikal yang memungkinkan CVT beroperasi dengan mengalihkan tenaga dari mesin ke roda.

Sebuah kasus yang dibahas adalah mobil Honda Mobilio yang tidak bisa bergerak maju atau mundur sama sekali, sebuah indikasi belt CVT yang putus.

“CVT itu memang cocoknya di jalanan perkotaan, jadi tidak cocok jika sering dibawa ke tempat yang banyak tanjakan curam terus membawa beban yang berat,” ungkap Ko Freddy dari DOMO Transmisi.

Ini menunjukkan bahwa lingkungan berkendara yang ekstrem dan beban berat bisa memperpendek umur belt CVT.

Pentingnya Memilih Komponen Berkualitas

Ko Freddy juga menekankan pentingnya menggunakan komponen berkualitas tinggi.

Ko Freddy membedakan antara tiga jenis belt CVT untuk Honda, masing-masing dengan kode kualitas yang berbeda.

Belt dengan kode “5to” dianggap memiliki kualitas terbaik, sedangkan belt tanpa kode sering kali berkualitas lebih rendah dan memiliki umur pakai yang lebih singkat.

“Teman-teman hati-hati nih kalau pakai belt ini biasanya penggunaannya tidak akan lama. Jadi lebih baik pakai belt yang kualitasnya yang bagus,” sarannya.

Selain belt, filter transmisi juga perlu diperhatikan.

Penggunaan filter berkualitas rendah bisa berakibat fatal, seperti pecahnya housing filter meskipun filter itu sendiri masih dalam kondisi baik.

Teknisi tersebut menambahkan, “Ini bahaya, ya teman-teman. Teman-teman tidak usah khawatir juga, kalau setiap pengerjaan overhaul di DOMO Transmisi itu kita garansi 6 bulan atau sampai 20.000 KM mana yang dicapai lebih dulu.”

Ini menunjukkan komitmen DOMO Transmisi dalam menyediakan layanan berkualitas tinggi.

Proses Overhaul Transmisi CVT

Overhaul transmisi adalah proses demontase dan pemeriksaan komponen transmisi untuk identifikasi dan perbaikan masalah.

DOMO Transmisi mengambil pendekatan teliti dalam overhaul, mulai dari diagnosa awal hingga pemilihan komponen pengganti.

Ko Freddy dari DOMO Transmisi menjelaskan bahwa selama proses overhaul, ia menemukan belt yang telah mulai rontok dan pin yang telah copot, menandakan kerusakan serius yang memerlukan perhatian segera.

Konsultasi dan Pemeriksaan Mendetail

DOMO Transmisi mengundang pemilik mobil Honda dengan transmisi CVT yang mengalami masalah untuk berkonsultasi.

Mereka menawarkan pemeriksaan mendetail untuk mengidentifikasi masalah spesifik dan memberikan solusi yang tepat.

Ini mencakup pengecekan komprehensif dari kondisi fisik transmisi hingga analisis performa kendaraan.

Melalui pendekatan ini, DOMO Transmisi bertujuan untuk memastikan bahwa setiap mobil yang datang ke bengkelnya mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Salah satu aspek penting yang diangkat oleh DOMO Transmisi adalah pentingnya edukasi pelanggan.

Mereka berusaha untuk tidak hanya memperbaiki masalah yang ada tetapi juga untuk menginformasikan pemilik mobil tentang cara terbaik merawat transmisi CVT mereka.

Ini termasuk tips tentang jenis berkendara yang sesuai, pemilihan komponen yang tepat, dan frekuensi perawatan yang dianjurkan untuk menghindari masalah serupa di masa depan.

Tertarik untuk coba? Anda bisa langsung konsultasi via WhatsApp di 0882-1244-0591 (atau klik di sini) atau langsung kunjungi bengkel DOMO Transmisi di:

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.