Begini 5 Cara Dongkrak Mobil yang Benar dan Aman

cara dongkrak mobil yang benar

Dongkrak mobil adalah salah satu peralatan penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik mobil. Dalam situasi darurat seperti ban bocor atau perlu melakukan perawatan di bawah mobil, dongkrak menjadi alat yang sangat berguna.

Lantas, bagaimana cara dongkrak mobil yang benar?

Di bawah ini, Domo Transmisi telah menyiapkan sejumlah cara mendongkrak mobil yang benar dan aman, supaya mobil dapat terangkat secara presisi.

Cara Dongkrak Mobil

Berikut adalah 5 (lima) cara mendongkrak mobil yang benar:

1. Parkir Mobil di Tempat Aman

Langkah pertama sebelum menggunakan dongkrak adalah memastikan mobil terparkir di tempat yang aman dan datar. Hindari memarkir mobil di jalan yang miring atau di bahu jalan yang ramai.

Pastikan area sekitar mobil bersih dari batu atau benda-benda keras lainnya yang dapat mengganggu proses pengangkatan mobil.

Selain itu, pastikan juga rem tangan mobil telah ditarik dengan kuat untuk mencegah mobil bergeser ketika diangkat.

2. Pastikan Dongkrak dalam Kondisi Baik

Sebelum memulai proses pengangkatan mobil, cara dongkrak mobil yang benar untuk Anda terapkan adalah pastikan dongkrak dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.

Pastikan dongkrak tidak berkarat, bengkok, atau rusak. Jika dongkrak dalam kondisi buruk, sebaiknya jangan digunakan. Gunakan dongkrak yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

Pastikan juga bahwa dongkrak telah teruji dan memenuhi standar keamanan.

3. Sesuaikan Titik Tumpu dengan Tipe Mobil

Setiap mobil memiliki titik tumpu yang berbeda untuk penggunaan dongkrak. Sebelum mengangkat mobil, pastikan Anda menemukan titik tumpu yang tepat sesuai dengan tipe mobil Anda.

Untuk mobil dengan jenis sasis monocoque atau monokok, titik tumpu berada di bagian bawah pintu mobil depan dan belakang.

Sementara untuk mobil dengan jenis sasis ladder frame, titik tumpu berada di bagian besi yang melintang di bawah mobil.

Umumnya, titik tumpu bagian depan mobil berada di bagian sasis belakang roda depan dan celah di antara fender roda depan dan pintu depan.

Sedangkan untuk titik tumpu bagian belakang mobil berada di bagian sasis depan roda belakang atau di antara fender roda belakang dan pintu belakang.

4. Kendurkan Baut Ban

Sebelum mengangkat mobil, cara dongkrak mobil yang benar adalah mengendurkan baut ban dengan menggunakan kunci roda.

Ini akan memudahkan Anda dalam melepas ban saat mengangkat mobil dan mencegah ban berguling saat diangkat.

Gunakan kunci roda untuk mengendurkan baut ban yang akan dilepas. Jangan lepaskan baut sepenuhnya. Cukup kendurkan baut hingga beberapa putaran.

5. Hindari Mengangkat Mobil Terlalu Tinggi

Cara dongkrak mobil yang benar adalah pastikan Anda tidak mengangkat mobil terlalu tinggi dari tanah.

Angkatlah mobil hanya sejauh yang diperlukan untuk melakukan perbaikan atau perawatan yang diperlukan.

Mengangkat mobil terlalu tinggi dapat menyebabkan instabilitas dan bahaya bagi keselamatan.

Baca Juga: Biaya Perawatan Mobil Matic vs Manual Mana Lebih Mahal?

Mau Perawatan dan Peremajaan Mobil Matic? Di Domo Transmisi Aja!

Buat Anda yang memiliki mobil dengan transmisi otomatis alias mobil matic, pastikan memilih bengkel yang tepat dan terpercaya untuk perawatan dan peremajaan.

Domo Transmisi adalah pilihan bengkel spesialis mobil matic yang sudah dilengkapi sertifikasi internasional.

Jadi, buat Anda yang sedang mencari bengkel mobil matic yang terpercaya, Domo Transmisi adalah jawabannya!

Dengan sertifikasi ISO 9001:2015, kami menyediakan beragam layanan perawatan mobil matic, mulai dari pengecekan transmisi, matic jet clean, ganti oli, hingga cleaning valve body dan selenoid, yang seluruh SOP-nya sudah terstandarisasi internasional.

So, jangan tunggu mobil matic Anda rusak! Perbaikan akibat kerusakan parah bisa mencapai puluhan juta! Lebih baik cegah bersama Domo Transmisi sekarang!

Hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 0882-1244-0591 atau klik link berikut ini.

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itulah dia beberapa cara dongkrak mobil yang benar dan aman. Menggunakan dongkrak mobil dengan benar adalah kunci untuk menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan.

Pastikan untuk memperhatikan setiap langkah dengan cermat dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan.

Dengan demikian, Anda dapat melakukan perbaikan atau perawatan mobil dengan percaya diri dan tanpa risiko yang tidak perlu.

Ingatlah, cara dongkrak mobil yang benar adalah langkah penting untuk memastikan keselamatan Anda dan mobil Anda.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.