Ini Dia 5 Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan

5 tips merawat mobil saat musim hujan

tips merawat mobil saat hujan – Musim hujan identik dengan jalanan yang basah dan berlumpur. Hal ini dapat membawa dampak negatif bagi mobil. Air hujan yang mengandung asam dan kotoran dapat menyebabkan kerusakan pada bodi, mesin, dan interior mobil.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan ekstra pada mobil saat musim hujan.

Kali ini, Domo Transmisi akan membagikan sejumlah tips merawat mobil saat hujan supaya Anda dapat memastikan mobil tetap prima meski dalam kondisi hujan.

Tips Merawat Mobil saat Musim Hujan

Berikut adalah 5 (lima) tips untuk merawat mobil selama musim hujan:

1. Lap Mobil Segera Setelah Terkena Hujan

Air hujan yang dibiarkan mengering pada bodi mobil dapat meninggalkan noda dan kerak yang sulit dihilangkan.

Hal ini dapat merusak cat dan menyebabkan karat. Oleh karena itu, segera lap mobil Anda setelah terkena hujan dengan kain microfiber yang bersih dan halus.

Pastikan seluruh permukaan bodi mobil kering, termasuk pada bagian bawah mobil, kaca, dan lampu.

2. Gunakan Karpet Tambahan untuk Mencegah Jamur

Tips merawat mobil saat musim hujan berikutnya adalah gunakan karpet tambahan untuk mencegah karpet utama mobil berjamur.

Karpet mobil yang basah dapat menjadi tempat berkembangnya jamur dan bakteri. Hal ini dapat menyebabkan bau tidak sedap dan merusak interior mobil.

Untuk mencegah karpet mobil bau, gunakan karpet tambahan yang terbuat dari bahan karet atau plastik. Karpet dengan bahan ini akan lebih mudah dibersihkan dan tidak mudah menyerap air.

3. Pastikan Tidak Ada Air yang Masuk ke Dalam Kabin

Air yang masuk ke dalam kabin dapat menyebabkan kerusakan pada interior mobil, seperti korsleting pada sistem kelistrikan dan kerusakan pada jok.

Saat musim hujan tiba, pastikan pintu, jendela, dan sunroof mobil tertutup rapat saat diparkir. Periksa juga kondisi karet seal pada pintu dan jendela agar tidak ada air yang merembes ke dalam kabin.

4. Periksa Seluruh Komponen Mobil

Berikutnya, tips merawat mobil saat musim hujan yang penting untuk Anda lakukan adalah memeriksa seluruh komponen mobil.

Musim hujan dapat menyebabkan beberapa komponen mobil, seperti rem, ban, dan wiper mudah rusak.

Lakukan pemeriksaan rutin pada seluruh komponen mobil untuk memastikan kondisinya masih baik. Selain itu, periksa juga tekanan angin ban, kondisi rem, dan karet wiper. Lakukan penggantian jika diperlukan.

5. Panaskan Mobil Secara Rutin

Tips terakhir untuk merawat mobil saat musim hujan adalah panaskan mobil secara rutin.

Memanaskan mobil secara rutin dapat membantu menjaga kondisi mesin tetap prima. Air hujan yang masuk ke dalam mesin dapat menyebabkan karat dan kerusakan pada komponen mesin.

Panaskan mobil selama 10-15 menit setiap hari, terutama setelah mobil terkena hujan.

Baca Juga: 6 Tips Berkendara saat Mudik ala Domo Transmisi

Ada Kendala pada Mobil Matic? Bawa ke Domo Transmisi Sekarang, Pasti Beres!

Mobil matic kian populer di Indonesia karena kemudahan dan kenyamanannya saat berkendara. Namun, sama seperti mobil manual, mobil matic juga memerlukan perawatan dan servis rutin agar performanya tetap optimal.

Jika Anda mengalami kendala pada mobil matic Anda, jangan ragu untuk membawanya ke Domo Transmisi.

Domo Transmisi adalah bengkel spesialis mobil matic yang sudah bersertifikasi ISO 9001:2015. Kami menyediakan beragam layanan perawatan mobil matic, mulai dari pengecekan transmisi, ganti oli, matic jet clean, overhaul dan masih banyak lagi.

Untuk info lengkap dan reservasi silahkan hubungi Customer Service kami via WhatsApp di nomor 0882-1244-0591 atau klik link berikut ini!

Bengkel Domo Transmisi berlokasi di Jl. Pegangsaan Dua No.88d, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itulah dia beberapa tips merawat mobil saat musim hujan yang bisa Anda ikuti. Dengan melakukan tips-tips di atas, mobil Anda akan tetap terjaga performanya selama di musim hujan.

Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.
Eky Muhammad

Eky Muhammad

Penulis yang hobi menuangkan ide dan opini seputar politik dan olahraga. Kini aktif menulis konten mengenai dunia otomotif.