Kenali Penyebab Sensor Parkir Tidak Bunyi pada Mobil

Kenali Penyebab Sensor Parkir Tidak Bunyi pada Mobil

Mobil-mobil keluaran terbaru memang selalu dilengkapi teknologi canggih dan modern. Hampir semua merek mobil akan saling mengungguli dalam memberikan fitur canggih baik untuk mempermudah berkendara, memberikan kenyamanan, atau justru sebagai perlindungan keamanan tambahan, yang dapat berupa alarm mobil, fitur interior, bahkan model ekstreior mobil yang didesan sangat unik. Namun salah satu fitur canggih yang kini banyak digunakan mobil-mobil keluaran terbaru adalah sensor parkir mobil, yang memudahkan mobil ketika hendak memarkirkan kendaraan.

Fitur ini hadir dalam beberapa tahun terakhir dan hampir digunakan mobil-mobil keluaran terbaru. Jika mobil Anda masuk dalam deretan mobil keluaran terbaru maka tidak menutup kemungkinan memiliki fitur keamanan canggih berupa parkir mobil otomatis ini. Melalui fitur parkir ini membuat semuanya menjadi lebih mudah dan aman karena parkir mundur akan ada sensor yang akan berbunyi sehingga menghindari adanya senggol atau bahkan tabrakan pada mobil, tembok, atau barang lain dibelakang mobil.

Namun beberapa hal membuat sensor parkir ini tidak bisa bekerja atau mati secara tiba-tiba. Untuk itu simak artikel ini untuk melihat penyebab dari sensor parkir mobil tidak bunyi atau mati.

Fitur Sensor Parkir Tidak Bunyi

Sebelum benar-benar mengetahui sensor mobil dengan baik, penting untuk mengenali lebih dahulu fungsi dari pada sensor otomatis pada mobil ini. Sensor parkir berfungsi sebagai pendeteksi area belakang mobil yang hanya bisa menghindari kejadian penabrakan, benturan, bahkan goresan yang pada benda di belakang mobil. Penggunaan daripada fitur ini memang menjadi hal yang penting untuk dimiliki mobil.

Fungsi yang baik ini memang sangat penting mengingat bagian belakang mobil memang tidak terlihat meskipun dari spion tengah. Sayangnya terdapat pemilik mobil yang mengalami kejadian yang membuat sensor ini bermasalah hingga tidak lagi mengeluarkan suara sebagaimana mestinya. Namun masalah ini sebenarnya menjadi hal yang wajar, untuk itu sejumlah penyebab sensor ini parkir mati adalah

Penyebab Sensor Mobil Mati

Penyebab Sensor Mobil Mati

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai sensor parkir tidak bunyi, penting untuk Anda ketahui permasalahan dan penyebab masalah pada sensor parkir mobil Anda tidak berbunyi sebagaimana mestinya. Anda memang harus melakukan beberapa pengecekan apa yang menyebabkan sensor parkir tidak bunyi. Pengecekan ini penting dalam melihat penyebab masalah yang memicu sensor parkir tidak bunyi tiba-tiba.

Terputusnya Instalasi Kabel Sensor

Penyebab sensor parkir tidak bunyi yang pertama adalah ketika terputusnya instalasi kabel yang menyambungkan sensor. Sebelum melakukan penggantian sensor baru ini penting untuk pemilik mobil melakukan pengecekan komponen-komponen yang terhubung dengan sonsor ini. Karena beberapa pengiriman sensor masih mengunakan perantara kabel, mungkin penyebab dari sensor yang tidak bekerja sebagaimana mestinya atau sensor parkir tidak bunyi adalah pada kabel penyambungnya.

Kabel juga menjadi poin penting dalam sensor diterjemahkan dengan baik. Pengiriman informasi dari sonsor ke dalam bentuk bunyi pastinya akan terganggu jika kabel ini bermasalah. Jadi pemeriksaan pada kabel penyalurnya atau mobil pengirim sinyal penting untuk terus diperhatikan oleh pemilik mobil.

Kerusakan pada Sensor Mobil

Tidak hanya pada kerusakan pada kabel yang menjadi perangkat penyambung antara sensor dengan bunyi yang ditimbulkan, permasalahan pada sensor parkir tidak bunyi juga dapat terjadi karena masalah pada internal sensor mobil. Sensor yang mengalami kerusakan pasti akan mengganggu fungsi aslinya. Sensor tidak bisa menerjemahkan benda-benda yang ada dibelakan mobil sebagaimana pada semestinya. Sehingga penting juga melihat sensor mobil dan membuka beberapa perangkat didalamnya.

Tegangan Listrik Tidak Mengalir

Dalam permasalahan sensor parkir tidak bunyi ini selanjutnya dapat terjadi karena pada sensor tidak adanya tegangan listrik yang berjalan didalamnya. Tenaga listrik memang menjadi komponen utama dalam sensor menerjemahkan benda dibelakangnya serta memberikan beberapa pertada dalam bentuk bunyi pada pengemudi. Jika tegangan listrik ini tidak mengalir maka dapat dipastikan untuk penyaluran informasi sensor.

Anda dapat memeriksan tegangan listrik yang tersalurkan dari bagian sensor. Pastikan dalam setiap pemeriksaan ini semua kabel telah mengandung aliran listrik didalamnya. Umumnya memang aliran listrik akan mengalir, jika memang aliran listrik dalam sensor terhenti ditengah maka akan sama halnya dengan penyebab listrik yang tidak tersalurkan. Tanpa listrik sensor juga tidak akan berjalan ataupun sensor parkir tidak bunyi.

Baca Juga: Lampu Indikator Transmisi Matic Mati

ECU Mobil Mengalami Kerusakan

Memang beragam penyebab sensor parkir tidak bunyi baik kerusakan yang ada dari dalam sensor maupun dari luar sensor berupa komponen yang menyambungkan. Beberapa kerusakan sensor parkir tidak bunyi dapat dikarenakan komponen yang mengalami kerusakan seperti halnya ECU atau Electronic Control Unit. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui komponen ini dan beberapa hal yang membuat kerusakan didalamnya.

Komponen ECU atau Electronic Control Unit ini berupa komponen penyambung yang masih berhubungan dengan daya listrik. Anda ketika mengalami sensor parkir tidak bunyi penting untuk juga melakukan pengecekan pada bagian modul ini masih berfungsi atau tidak. Untuk itu penting jika mengalami kerusakan segera dilakukan perbaikan atau diganti dengan yang baru.

Switch Sensor Mengalami Kerusakan

Sebagaimana pada penyebab sensor parkir tidak bunyi sebelumnya, pada penyebab ini juga diberikan karena adanya komponen yang tidak berfungsi. Untuk poin ini penyebab daripada sensor parkir tidak bunyi adalah ketika peranan komponen penting switch sensor ini mengalami kerusakan dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Biasanya memang komponen ini sering mengalami masalah seperti switch yang terputus atau rusak sehingga sensor tidak bisa mengeluarkan bunyinya.

Buzzer Speaker yang Sudah Tidak Berfungsi

Penyebab dari sensor parkir tidak bunyi memang tidak harus berkisar pada sensor ataupun komponen yang membantu sensor dalam menerjemahkan informasinya. Namun kerusakan pada sensor parkir tidak bunyi juga dapat disebabkan oleh masalah pada speaker buzzer yang sudah tidak bisa berfungsi kembali. Speaker berfungsi untuk menghasilkan suara dan memperkeras suara agar pengemudi dapat mendengarnya.

Jika Anda sudah melihat dan meneliti pada sensor ataupun beberapa komponen yang memang pendukung dari sensor, penting juga untuk melihat pada speaker yang mengeraskan suara. Karena tidak menutup kemungkinan kerusakan berasal dari buzzer Speaker ini.

Fuse Lampu yang Tidak Berfungsi

Tidak hanya pada kerusakan sensor dan speaker sebagai pengeras bunyinya, tetapi dengan kerusakan pada sensor parkir tidak bunyi ini juga dapat dikarenakan pada lampu fuse lamp yang tidak berfungsi dengan baik. Pengecekan pada lampu penunjang sensor ini penting dalam melihat sensor dan menandakan aliran listrik yang tidak lancar.

Jika fuse lampu tidak berfungsi dengan baik, maka aliran listrik ini bisa masuk untuk menyuplai sensornya. Sehingga jika memang lampu atau fuse lamp ini tidak berfungsi akan berpengaruh pada pendeteksian area dibelakang mobil yang terganggu. Ini akan membuat benda-benda yang ada dibelakang mobil tidak dapat terlihat jelas dan pendeteksian sulit dilakukan.

Demikian beberapa penyebab sensor parkir tidak bunyi, Anda dapat mengunjungi bengkel segera jika mengalami sensor parkir tidak bunyi. Karena jika dibiarkan akan membuat kerusakan yang lebih parah pada sensor mobil Anda. Kerusakan sensor parkir mobil memang harus segera diatasi, jika berbagai cara atas tidak dapat mengatasi masalah di sensor parkir ini.

Pastikan untuk melakukan perawatan mobil Anda di bengkel terpercaya, seperti DOMO TRANSMISI. DOMO TRANSMISI adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOMO TRANSMISI semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal, berpengalaman. Secara umum, servis dan pengecekan sangatlah penting untuk menjamin agar pengalaman berkendara Anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Karena itu, Anda dapat membawa kendaraan Anda untuk melakukan servis dan pengecekan rutin di bengkel terpercaya seperti DOMO TRANSMISI untuk hasil terbaik.

Reservasi layanan DOMO TRANSMISI sekarang 088212440591 atau melalui link berikut. Reservasi lebih mudah karena bisa dari rumah, Anda akan diarahkan langsung untuk mendatangi cabang Dokter Mobil terdekat untuk melakukan perawatan transmisi triptonic mobil Anda tanpa harus mengantre layaknya bengkel biasa.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.