Mengetahui Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Mobil

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Mobil

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Mobil – Oli transmisi dan oli persneling mobil memang memiliki fungsi yang hampir mirip. Kedua oli ini memiliki fungsi sama yaitu melindungi berbagai komponen persneling seperti drive pinion, side gear, dan juga beberapa komponen lainnya. Tetapi meskipun sama, keduanya memiliki sebuah peran yang berbeda satu sama lainnya. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengerti akan perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil, tetapi beberapa orang lainnya juga belum.

Perbedaan peran dari kedua oli ini juga mempengaruhi dari formula dan juga spesifikasi dari oli mobil tersebut. Ada sebuah zat aditif tertentu di setiap oli, yang mungkin saja bisa membuat sebuah komponen mobil rusak jika tidak digunakan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, mengetahui tentang perbedaan dari kedua oli ini sangat penting. Tentunya agar Anda tidak tertukar saat menggunakannya.

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Mobil Berdasarkan Cara Kerja

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Mobil Berdasarkan Cara Kerja

Perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil yang pertama adalah dari segi cara kerjanya pada mesin mobil. Pada sebuah transmisi mobil, komponen ini berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin ke bagian roda mobil. Selain itu, transmisi juga berperan melalui perpindahan posisi gigi transmisi untuk mengatur kecepatan dari sebuah mobil. Dengan fungsi dari Transmisi yang sangat penting ini, tentunya oli transmisi pada mobil juga memiliki sebuah peran penting.

Meskipun oli transmisi dan juga olid persneling memiliki fungsi yang mirip, tetapi inilah perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil dari segi cara kerja dan juga fungsi kedua oli tersebut. Pada oli transmisi, ia digunakan untuk melumasi komponen pada sistem transmisi. Dimana oli ini akan mengubah dari gear ratio dan juga menambah kecepatan. Oli transmisi inilah yang berperan agar pergantian dari gigi dapat berjalan dengan lancar dan juga mengurangi adanya gesekan.

Sebuah oli transmisi juga berperan untuk menghubungkan sebuah transmisi ke bagian gardan atau persneling. Sementara itu, pada sebuah oli gardan, komponen tersebut berfungsi untuk mengatur kecepatan roda pada saat berbelok sehingga kendaraan ini akan tetap bisa stabil saat melaju. Perbedaan ini tentunya juga cukup jelas untuk setiap oli tersebut. Dikarenakan perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil yang demikian, Anda tentunya disarankan untuk tidak menukar kedua oli ini karena bisa mengakibatkan gangguan pada kendaraan.

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Mobil Berdasarkan Takaran Oli

Setelah mengetahui tentang perbedaan pertama dari kedua oli yaitu berdasarkan cara kerjanya. Selanjutnya adalah perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil berdasarkan dari takarannya. Pada perbedaan yang kedua ini, kita akan membahas tentang takaran dari oli yang digunakan oleh mobil untuk tiap jenisnya. Kebutuhan oli pada sebuah kendaraan seperti mobil memang berbeda di setiap unitnya.

Hal ini tergantung dengan jenis dan juga tipe mobil apa yang digunakan. Bukan hanya perbedaan jenis atau tipe dari mobil saja, perbedaan dari komponen yang dilumasi juga akan membuat kebutuhan oli pada mobil juga berbeda. Tetapi biasanya, pada sebuah mobil mereka akan membutuhkan sebuah oli untuk bagian transmisi hanya sekitar 1 sampai dengan 1,2 liter.

Sedangkan pada sebuah oli gardan atau personel, mobil akan butuh oli sekitar 2 liter, dan jumlah kebutuhan oli inilah yang menjadi perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil. Tetapi jumlah untuk setiap oli ini juga akan berbeda lagi jika Anda melakukan kuras oli. Jika Anda melakukan kuras oli untuk pembersihan, tentunya Anda juga akan akan membutuhkan lebih banyak lagi oli. Sehingga, Anda juga harus bisa menyesuaikan kebutuhan oli mobil ini berdasarkan kegiatannya.

Baca Juga: Perbedaan Oli Tranmisi dan Oli Persneling Mobil

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Berdasarkan Mobil Ganti dan Kuras Oli

Perbedaan antara mengganti sebuah oli mobil dan juga menguras oli ini sebenarnya cukup mudah saja. Jika Anda adalah tipe orang yang rajin untuk mengganti oli transmisi dalam waktu jangka waktu pendek. Hal ini artinya Anda tidak perlu lagi melakukan kuras oli untuk jangka waktu yang dekat. Hal ini disebabkan karena oli yang ada pada sistem tidak akan selalu sampai kotor bahkan sebelum diganti.

Tetapi apabila Anda tipe orang yang jarang sekali melakukan ganti oli, maka Anda mungkin juga perlu melakukan kuras oli. Hal ini dilakukan, tentunya jika Anda sudah lama tidak melakukan ganti oli. Maka, oli pada mobil Anda akan perlu di kuras karena ada kemungkinan oli mobil Anda kotor. Melakukan kuras oli ini biasanya akan bisa membutuhkan banyak oli yang mencapai 12 liter. Hal ini tentunya juga akan membutuhkan sebuah biaya yang lebih banyak dan mahal.

Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Persneling Mobil Menurut Spesifikasi Oli

Setelah mengetahui tentang dua perbedaan di atas, perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil yang selanjutnya adalah dari sisi spesifikasi oli. Setiap oli tentunya memiliki sebuah spesifikasinya tersendiri. Hal inilah yang kemudian menjadi pembeda di antara oli tersebut. Sama halnya dengan itu, pada oli transmisi dan juga oli persneling ini juga terdapat sebuah perbedaan spesifikasi.

Pada sebuah pelumas transmisi atau yang disebut oli transmisi, umumnya mereka akan menggunakan sebuah oli dengan tingkat kekentalan SAE antara 40 atau 90. Sedangkan pada sebuah oli gardan, biasanya mereka akan menggunakan sebuah oli dengan tingkat SAE antara 90 sampai dengan 140. Tetapi jika oli yang digunakan menggunakan standar API, maka oli tersebut akan menggunakan API GL 5. Tingkat dari kekentalan inilah yang menjadi perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil menurut dari spesifikasinya.

Oli Transmisi Matic Menggunakan Oli Khusus

Selain dengan perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil menurut Spesifikasinya itu, khusus untuk sebuah oli transmisi matik. Mereka juga akan menggunakan sebuah oli ATF atau yang disebut automatic transmission fluid. Karena jenis oli yang berbeda ini, maka pada sebuah transmisi matic mereka tidak bisa menggunakan oli dengan jenis lain. Terlebih lagi oli yang digunakan untuk gardan atau persneling.

Apabila dilihat dari segi tampilannya, oli untuk transmisi juga berwarna kemerahan. Oli Transmisi ini juga akan menjadi lebih cair jika sudah terlalu lama digunakan. Hal ini juga bisa menjadi sebuah indikator apabila oli transmisi harus diganti. Formula untuk oli transmisi ini juga menggunakan sebuah tambahan zat aditif.

Selain dengan itu, oli ini juga memiliki tambahan sebuah deterjen. Hal ini di karenakan untuk menghindari adanya risiko keausan pada transmisi mobil. Ini juga menjadi sebuah perbedaan jelas dari perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil. Selain itu, salah satu tips untuk memilih sebuah pelumas transmisi adalah dengan memilih yang memiliki kandungan antioksidan dan juga antikarat.

Lakukan Ganti Oli Transmisi Rutin di Bengkel Transmisi Terpercaya

Setelah mengetahui tentang perbedaan oli transmisi dan oli persneling mobil, selanjutnya Anda juga harus tahu tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian kedua oli tersebut. Untuk waktu dari pengganti kedua oli ini, yaitu sekitar 40.000 km perjalanan. Tetapi, mobil dengan jenis transmisi matic, maka penggantian oli sekitar 80.000 km sekali. Untuk melakukan penggantian oli ini, Anda bisa melakukannya di bengkel dokter mobil dan sekaligus melakukan servis agar mobil Anda tetap prima.

Dengan layanan perawatan transmisi terbarunya, DOMO Transmisi, seluruh layanan di sini menggunakan peralatan berteknologi tinggi dan ditangani langsung teknisi yang ahli. Selain itu, telah teruji riset dan pengembangannya, sehingga kualitas layanan DOMO Transmisi memang sangat terjamin.

Reservasi layanan DOMO Transmisi sekarang melalui WhatsApp pada nomor 0882-1244-0591 atau hubungi disini untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan DOMO Transmisi. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi kediaman Anda untuk nikmayti langsung layanan DOMO Transmisi.

Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Syahrial Maulana S

Syahrial Maulana S

Menggemari isu-isu seputar konten, media, dan kreatif, Syahrial telah berkecimpung dalam bidang penulisan di beberapa media daring di Indonesia. Saat ini sedang fokus mendalami konten-konten dan penulisan seputar otomotif sebagai Copywriter.
Scroll to Top